Jum04Jan201914:22

Kutu Kemaluan dan Cara Mengatasinya

 

Phthirus pubis atau kutu kemaluan alias kutu kelamin merupakan serangga parasit kecil hidup pada rambut kasar manusia, termasuk pada rambut kemaluan. Meski kutu ini sering ditemukan pada daerah kemaluan, namun juga dapat ditemukan pada bulu ketiak, rambut dada, janggut, kumis, dan alis. Tidak seperti kutu biasa, kutu kelamin ini tidak tinggal di kulit rambut. Kutu kelamin menyebar melalui kontak fisik yang berdekatan, pada umumnya menular melalui kontak seksual.

kutu kelamin dan cara mengatasinya
kutu kelamin dan cara mengatasinya

Gejala utama kutu kelamin adalah rasa gatal yang sangat parah. Pada umumnya akan memburuk pada saat malam hari, sebab kutu akan aktif dan memakan darah manusia. Rasa gatal tidak disebabkan oleh gigitan kutu, akan tetapi reaksi alergi atau hipersensitivitas kulit terhadap air liur kutu terkena kulit sebelum gigitan. Garukan pada daerah yang terkena akan mengalami iritasi serta peradangan, dan kemerahan. Kulit yang terlepas dari garukan dapat rusak serta mungkin saja kulit telah mengalami infeksi bakteri sekunder pada kulit disebabkan perlindungan yang kurang pada kulit di area tersebut.

Jika Anda memiliki ciri-ciri tersebut, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan dengan tepat untuk mendapatkan perawatan sebelum infeksi akibat kutu kelamin semakin parah pada organ genital Anda.

Faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang terinfeksi kutu kelamin adalah:

  • Memiliki banyak pasangan seksual.
  • Kontak seksual dengan orang yang telah terinfeksi kutu kelamin.
  • Menggunakan seprai atau pakaian yang telah digunakan orang yang yang telah terinfeksi kutu kelamin.

 

Perawatan dan obat untuk kutu kemaluan

Jika obat, lotion atau shampo yang dijual tidak dapat membasmi kutu kelamin, dokter akan meresepkan pengobatan yang lebih kuat. Sebaiknya konsultasikan dahulu dan pastikan Anda mengikuti saran dan anjuran dari dokter. Pengobatan kutu kelamin yang dilakukan sendiri hanyan akan mengurangi gejala dan kurang efektif untuk membasmi kutu kelamin secara menyeluruh. Maka hal atau langkah sebaiknya yang harus dilakukan adalah dengan melalui perawatan medis intensif.

Jangan tunda untuk konsultasi agar kutu kelamin secepatnya dapat diatasi dan akan meminimalisir infeksi pada organ genital. Membasmi kutu kelamin secara alami dibarengi dengan pengobatan medis merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan kutu kelamin serta agar terbebas dari kutu kelamin dan infeksi yang diakibatkannya.

 

Mencegah kutu kelamin

Untuk mencegah infeksi kutu kelamin, sebaiknya hindari kontak seksual atau berbagi pakaian dengan seseorang yang telah terinfeksi kutu kelamin. Jika saat ini Anda sedang melakukan pengobatan untuk mengatasi kutu kelamin, sebaiknya pasangan juga perlu untuk di beri tahu dan melakukan pemeriksaan.

 

Efek infeksi kutu kelamin

Bahaya atau efek yang ditimbulkan infeksi kutu kelamin, antara lain:

  1. Depresi gangguan jantung. Orang yang terinfeksi penyakit ini umumnya akan merasa stres serta takut ketahuan pada orang lain, maka hal ini akan menimbulkan depresi apabila kondisinya parah akan muncul gejala schzophrenia serta perasaan tidak dapat mengontrol diri.
  2. Kutu kelamin merupakan jenis penyakit. Bakteri parasit dari kutu menular ketubuh manusia, penularan lewat kontak langsung atau tidak langsung, jika hal ini tidak segera mendapatkan penanganan akan ditularkan pada keluarga.
  3. Menular pada bagian lain. Kutu kelamin merupakan penyakit parasit yang dapat menyebar pada bagian tubuh dibagian rambut. Kutu kemaluan terjangkit pada bagian tubuh yang akan memperburuk kondisi serta gejala.
  4. Infeksi sekunder dan penyakit lain. Pasca terinfeksi kutu kelamin akan diserta gatal, jika kondisi telah parah menyebabkan gatalnya akan semakin hebat, setelah digaruk akan terasa sedikit nyaman, akan tetapi setelah itu akan memicu kerusakan pada kulit yang parah bahkan terjadinya peradangan ensim, folliculitas dan impertigo.

 

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik yang berada di Jakarta, Indonesia. Membantu mengatasi penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi, termasuk penyakit kelamin kutu kemaluan yang saat ini Anda alami. Jika saat ini Anda sedang mencari cara untuk mengatasi infeksi kutu kemaluan, kunjungi Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan pengobatan yang tepat agar Anda terbebas dari kutu kemaluan. Klinik Utama Sentosa memiliki dokter ahli profesional yang sudah berpengalaman bidang penyakit kelamin yang sudah banyak menyembuhkan penyakit kelamin yang sama seperti yang Anda alami.

Selain dokter ahli profesional berpengalaman, lokasi klinik yang strategis sehingga mudah dijangkau, Klnik Utama Sentosa dengan langkah dan metode pengobatan terbaru, di dukung peralatan medis modern yang canggih, dengan biaya yang relatif terjangkau, yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan dan perawatan medis intensih hingga penyakit benar-benar sembuh dan Anda terbebas dari infeksi akibat kutu kemaluan. Kenyamanan selama tindakan dan proses pengobatan, kesehatan dan kesembuhan penyakit pasien yang mempercayakan pengobatan penyakit kelamin pada Klinik Utama Sentosa merupakan prioritas bagi kami.

Untuk informasi lebih lanjut terkait cara untuk mengatasi kutu kelamin Anda, Anda dapat konsultasi online gratis langsung dengan dokter Klinik Utama Sentosa dengan klik website kami, atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.