Sel26Feb201914:37

Kutu Bulu Kemaluan dan Pencegahannya

Kutu bulu kemaluan atau crabs merupakan kondisi dimana terdapat serangga berukuran kecil pada rambut organ kelamin. Kutu bulu kemaluan dapat diderita oleh pria maupun wanita yang memiliki riwayat penyakit menular seksual. Serangga yang menyebabkan penyakit kutu kemaluan ini hidup dengan cara menghisap darah penderitanya sehingga timbul rasa gatal di area tertentu.
kutu bulu kemaluan
kutu bulu kemaluan

Bagaimana Penularan Kutu Pada Bulu Kemaluan?

Penyebaran kutu bulu kemaluan paling banyak terjadi karena melakukan kontak seksual, termasuk seks oral. Kutu bulu kemaluan dapat merayap dari rambut ke rambut, meski tidak bisa berpindah dengan cara melompat atau terbang. Untuk bertahan hidup, kutu bulu kemaluan biasanya akan menghisap darah dari kulit manusia. Rasa gatal yang menjadi pertanda penyakit ini bukan dikarenakan gigitan, namun akibat reaksi antara kulit dengan air liur kutu.
 


Pada anak-anak, penularan kutu bulu kemaluan dapat terjadi akibat berada di atas kasur yang sama penderitanya. Selain itu, infeksi kutu kelamin pada anak menandakan adanya kemungkinan pelecehan seksual sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya, kutu kelamin yang menyerang anak-anak terdapat pada bulu mata dan alis. Untuk mencegah terjadinya penularan, diagnosis dan perawatan harus dilakukan sejak dini.

Pencegahan Tepat Terhadap Penyakit Kutu Kemaluan

Penyakit kutu kelamin yang tidak segera mendapatkan penanganan dapat mengakibatkan munculnya beberapa komplikasi. Bahaya akibat kutu pada kelamin adalah iritasi karena terlalu sering menggaruk area yang terasa gatal. Jika dibiarkan, iritasi ini berisiko menimbulkan impetigo atau bisul dari paparan bakteri. Tak hanya itu, peradangan pada kelopak mata atau konjungtiva juga dapat terjadi jika kutu mendiami bulu mata penderitanya.
 
Pengobatan kutu di organ kelamin dapat dilakukan dengan menggunakan obat topikal dalam bentuk losion, krim, ataupun gel. Obat ini dipergunakan hanya pada area yang terinfeksi serta tubuh bagian luar saja. Untuk mendapatkan kesembuhan, pengobatan kutu kemaluan memerlukan pengulangan setelah 9 hingga 10 hari. Keberadaan kutu juga perlu diamati dengan memeriksa area yang terinfeksi selama dan setelah pengobatan kedua selesai dilakukan. Pilihan perawatan lainnya bisa Anda lakukan dengan disertai tindak pencegahan, antara lain:
 

• Hindari berbagi peralatan pribadi

Kutu kelamin dapat dihindari dengan selalu menjaga kebersihan organ genital secara rutin. Selain itu, untuk mengurangi risiko penularan maka Anda disarankan untuk tidak menggunakan handuk, pakaian, atau seprai dengan orang terinfeksi kutu.


• Periksakan seluruh anggota keluarga

Infeksi akibat kutu pada rambut kemaluan harus segera ditangani sebelum menyebar pada orang lain. Cara terbaik untuk menghindari penyebaran virus adalah mengajak seluruh anggota keluarga untuk memeriksakan diri dengan dokter.


• Tidak melakukan hubungan seksual

Selama masa perawatan, penderita kutu kelamin dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan orang lain. Hal ini dilakukan guna menghindari penularan kutu melalui kontak langsung, seperti hubungan seksual.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Kutu bulu kemaluan dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan perawatan penyakit lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.