Sab15Jun201915:02

Kelamin Gatal Adalah Gejala Kutu Kemaluan, Benarkah?

 

Salah satu tanda atau gejala kutu kemaluan adalah adanya rasa gatal di sekitar bagian kemaluan akibat terinfeksi oleh kutu. Kutu kemaluan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan kutu kepala. Tak hanya hidup di bagian kemaluan, kutu ini juga dapat tumbuh di bagian rambut pada organ tubuh lain terutama yang memiliki tekstur kasar seperti ketiak, alis, bulu mata, bulu kaki, dada, maupun punggung. Kutu kelamin dapat menyebar dengan cara berpindah kepada orang disekitar penderita.

gejala kutu kemaluan
gejala kutu kemaluan


Gejala kutu kemaluan yang paling mudah disadari adalah adanya rasa gatal pada bagian yang ditinggalinya. Pada pria, kutu kemaluan bahkan dapat mendiami bagian kumis maupun janggut yang memang memiliki rambut yang lebih tebal serta kasar jika dibandingkan dengan rambut kepala.

Apa Saja Gejala Kutu kemaluan?


Untuk mengetahui adanya kutu kemaluan atau kutu kelamin pada bagian-bagian tubuh yang telah disebutkan di atas, mari kita kenali dulu apa saja tanda maupun gejala yang dirasakan.

• Rasa gatal pada kulit dimana gatalnya bertambah ketika malam hari akibat aktivitas menghisap darah oleh kutu yang dilakukan pada malam hari.
• Bekas gigitan kutu yang berupa bintik kecil berwarna merah kebiruan.
• Bintik kecoklatan pada celana dalam akibat kotoran kutu kemaluan.
• Terdapat kutu maupun telur kutu pada rambut.
• Peradangan akibat garukan.
• Jika kutu terdapat di alis maupun bulu mata, maka dapat terjadi peradangan pada mata.
• Demam.

Tidak semua penderita kutu kemaluan mengalami gejala kutu kemaluan seperti yang telah disebutkan di atas, tak sedikit yang tidak mengalaminya sehingga tanpa sadar telah menularkan kutu kemaluan pada orang disekitarnya. Untuk mencegah penularannya, tentu saja dapat dilakukan dengan mengobatinya. Pasalnya jika tidak segera diobati, kutu kemaluan dapat menyebabkan berbagai bahaya seperti peradangan pada mata misalnya.


Bahaya Akibat Komplikasi Kutu Kemaluan


Jika saat kutu kemaluan menyerang namun tidak ada tindakan sama sekali untuk mengatasinya, maka kutu kemaluan akan terus berkembang dan menular kepada orang disekitar penderita. Tak hanya itu bahaya yang dapat dialami oleh penderita akibat komplikasi kutu kemaluan diantaranya sebagai berikut:

• Peradangan pada mata

Hal ini terjadi jika kutu kemaluan terdapat pada bagian alis maupun bulu mata. Pada bulu mata, kutu kelamin dapat mengakibatkan blefaritis ataupun konjungtivitis yaitu peradangan pada kelopak mata.

• Impetigo atau bisul

Bakteri yang dibawa oleh kutu kemaluan dapat menyebabkan adanya komplikasi berupa bisul pada daerah dimana kutu kemaluan terdapat.

gejala kutu kemaluan
gejala kutu kemaluan

Cara Mencegah Penularan Kutu Kelamin


Sama halnya dengan kutu yang terdapat di rambut kepala, kutu kemaluan juga dapat menular dengan berpindah dari penderita ke orang disekitarnya. Biasanya kutu kelamin dapat menular pada anggota keluarga dari penderita karena intensitas menghabiskan waktu bersama yang lebih banyak. Untuk mencegah adanya penularan, maka perlu dilakukan pengobatan kepada penderita untuk mengatasi gejala kutu kemaluan. Pemeriksaan pada orang disekelilingnya juga diperlukan terutama yang berada di sekeliling penderita dalam kurun waktu minimal 3 bulan.

Langkah pencegah yang dapat dilakukan selain mengobati penderita adalah dengan menghindari penggunaan barang yanga sama dengan penderita. Handuk, sprei, maupun pakaian biasanya menjadi media bagi kutu untuk berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Saat seseorang dinyatakan menderita kutu kemaluan, sebaiknya jangan berhubungan seksual terlebih dahulu dengan pasangan. Pasalnya kutu kemaluan biasa hidup di bagian kemaluan dan akan dengan mudah menular melalui hubungan seksual.


Bagaimana Cara Menyembuhkan Kutu Kemaluan?
Gejala kutu kemaluan ini cukup mengganggu, jadi untuk menghilangkan gejalanya perlu dilakukan pengobatan yang tepat. Pengobatan yang digunakan sebaiknya sesuai dengan saran dokter karena penggunaan obat yang kurang tepat hanya akan memberikan waktu lebih banyak pada kutu kemaluan untuk berkembang biak.
 
Untuk pengobatannya sebaiknya serahkan pada dokter karena untuk mengobatinya perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Datang langsung ke Klinik Utama Sentosa dan dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa pemeriksaan lain yang diperlukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai gejala kutu kemaluan silahkan berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan hotline gratis kami di nomor 081366657878.