Sab06Jul201916:37

Gejala Adanya Kutu Kemaluan Lelaki

 

Jika merasakan adanya gejala gatal di sekitar bulu kemaluan bisa jadi karena kutu kemaluan lelaki yang juga bisa muncul pada alis, bulu mata, kumis, jenggot, maupun bulu kaki. Kutu kemaluan merupakan kutu berukuran kecil yang dapat hidup di bagian tubuh yang telah disebutkan di atas. Menghisap darah penderitanya lalu berkembang biak dengan cara bertelur merupakan cara hidup kutu kemaluan.

kutu kemaluan lelaki
kutu kemaluan lelaki


Saat kutu kemaluan menghisap darah kita, maka tubuh kita akan memberikan respon dan muncullah gejala luka benjol merah kebiruan karena bekas gigitan. Selain itu muncul juga gejala rasa gatal akibat gigitan kutu kemaluan yang jika digaruk maka dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada alat kelamin pria. Untuk mengatasinya diperlukan adanya pengobatan yang tepat agar gejalanya hilang, dan kutunya juga mati. Karena kutu Kemaluan bukanlah hal yang boleh Anda remehkan, pasalnya kutu kemaluan lelaki dapat memicu berbagai bahaya, salah satunya adalah penyakit menular seksual.

Tanda Adanya Kutu Kemaluan


Disebut juga dengan nama kutu kelamin, kutu kemaluan (phthirus pubis) adalah serangga parasit berukuran kecil yang suka hidup di bagian rambut manusia yang memiliki permukaan kasar. Bulu kemaluan, bulu kaki, kumis, jenggot, alis, bulu mata, hingga pada ketiak dan punggung merupakan bagian yang memiliki rambut kasar. Serangga ini dapat hidup pada tubuh anak-anak maupun dewasa, dimana pada anak-anak biasanya kutu ini hidup di bagian alis maupun bulu mata. Untuk mengetahui apakah ada kutu kemaluan di tubuh Anda, biasanya dapat dilihat dari beberapa tanda berikut ini:



• Rasa gatal yang bertambah parah ketika malam hari.
• Adanya telur kutu di sekitar rambut dimana kutunya berada.
• Bekas gigitan berwarna kebiruan.
• Kutu di bagian rambut yang gatal.

Kutu kemaluan lelaki ukurannya kecil, jadi tidak selalu bisa kita temukan. Kutu ini juga tidak dapat melompat, namun bisa berpindah dari rambut ke rambut. Cara penularan kutu kemaluan ini di antaranya adalah melalui kontak seksual. Melakukan seks dengan orang yang terkena kutu kemaluan dapat menyebabkan penularan kutu pada kemaluan.

kutu kemaluan lelaki
kutu kemaluan lelaki

Bahaya Kutu Kemaluan Pada Bulu Mata


Kutu kemaluan tidak hanya bisa hidup di kemaluan saja, namun juga pada organ tubuh yang memiliki rambut dengan permukaan kasar seperti alis, bulu mata, dan bulu kaki. Pada anak-anak, kutu kemaluan sering terdapat pada bagian alis dan dan bulu mata. Jika kutu kemaluan lelaki terdapat di sekitar mata, maka dapat menyebabkan berbagai bahaya kutu kemaluan, di antaranya:

• Blepharitis

Pembengkakan pada kelopak mata ini biasanya disertai dengan rasa terbakar pada mata. Seorang lelaki yang mengalami blepharitis ini akan merasakan gejala seperti fotophobia, gatal-gatal, hingga air mata yang keluar secara berlebihan.

• Konjungtivitis

Adalah kondisi mata merah akibat kutu kemaluan menyebabkan peradangan pada konjungtiva. Konjungtiva adalah membran pada mata yang terletak diantara bagian putih mata dan permukaan dalam kelopak mata.

Gangguan yang paling sering dialami adalah adanya rasa gatal yang muncul pada kulit dimana kutu kemaluan tersebut hidup. Seperti di bagian mata ini misalnya. Jika kutu kelamin lelaki terdapat di sekitar kemaluan, maka rasa gatalnya akan dirasakan hingga ke paha. Namun gejala kutu kemaluan yang dialami oleh setiap orang bisa saja berbeda-beda.


Cara Mengatasi Kutu Kemaluan

Gejala kutu kemaluan ini dapat diatasi dengan obat untuk mengobati iritasi maupun rasa gatal. Sayangnya gejalanya tidak akan berhenti muncul jika kutu kemaluannya tidak diatasi dengan cara yang tepat. Untuk mengatasi kutu kemaluan lelaki, sebaiknya gunakan cara medis dengan bantuan dokter. Klinik dimana Anda bisa memeriksakan masalah kutu kemaluan sekaligus cara mengobatinya adalah Klinik Utama Sentosa.
 
Dengan perawatan terhadap gejala kutu kemaluan dan pengobatan yang tepat, bahaya akibat kutu kelamin lelaki dapat Anda hindari. Terutama bahaya penyakit menular seksual yang dapat menular pada pasangan melalui hubungan seksual dan juga membahayakan kesehatan. Konsultasikan segala keluhan Anda terkait masalah pada alat kelamin dengan dokter kami secara gratis di 081366657878 .