Jum19Jul201913:13

Gatal Pada Kemaluan Lelaki, Apakah Bahaya?

 

Rasa gatal pada kemaluan lelaki memang menjengkelkan, apalagi jika gatalnya muncul ketika kita sedang berada di tempat umum. Dorongan ingin menggaruk bagian yang gatal pun harus Anda urungkan karena akan memalukan jika orang lain melihat Anda menggaruk bagian kemaluan. Dan rasa gatal yang tak digaruk tentu akan sangat mengganggu kenyamanan Anda. Salah satu solusinya agar tidak gatal lagi adalah mengatasi penyebabnya.

gatal pada kemaluan lelaki
gatal pada kemaluan lelaki

Kenapa tidak langsung mengobati rasa gatalnya saja? Hal ini karena tidak semua gatal pada kemaluan disebabkan oleh hal yang sama. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mendiagnosis apa penyebab gatal pada kemaluan yang Anda alami. Ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi penyebab gatal pada kemaluan, salah satunya adalah gejala kutu kemaluan. Namun, agar tidak salah mendiagnosis, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja penyebab gatal di kemaluan lelaki.

Penyebab Gatal Pada Kemaluan


Penyebab gatal pada kemaluan lelaki ada beberapa macam, di antaranya adalah:

• Balanitis

Balanitis merupakan sebuah kondisi dimana penis mengalami pembengkakan akibat iritasi kulit. Biasanya selain penis membengkak, gejala yang dialami adalah rasa nyeri maupun gatal pada kemaluan.

• Infeksi jamur

Penyebab lainnya yaitu infeksi jamur, dimana salah satu contohnya adalah jamur penyebab kurap.


• Kutu kemaluan

Serangga parasit ini dapat hidup di berbagai bagian tubuh yang ditumbuhi oleh rambut dengan permukaan kasar, salah satunya yaitu kemaluan. Gigitannya menyebabkan rasa gatal pada kemaluan.

• Alergi dan iritasi

Gatal di sekitar kemaluan lelaki juga bisa muncul sebagai reaksi dari iritasi maupun alergi.

• Memakai pakaian yang ketat

Pakaian ketat akan membuat kulit kita sulit bernapas dan menjadi lebih lembab. Jadi, kemaluan cenderung tertekan dan hal tersebut dapat memicu munculnya rasa gatal.
Selain penyebab di tas, gatal pada selangkangan juga dapat terjadi akibat infeksi penyakit menular seksual. Ketika gatal pada kemaluan lelaki disebabkan oleh penyakit menular seksual, maka Anda tidak boleh mendiamkannya. Pasalnya jika didiamkan gejala gatal ini dapat bertambah parah dan dapat menular.

gatal pada kemaluan lelaki
gatal pada kemaluan lelaki

Mencegah Gatal Pada Kemaluan Lelaki


Untuk mencegah adanya gangguan gatal pada kemaluan lelaki, maka Anda harus segera menemukan penyebabnya. Untuk mengetahui penyebab gatal pada kemaluan dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan lanjutan jika diperlukan. Pemeriksaannya dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa.

Selain mengatasi penyebabnya, dapat juga dilakukan dengan menggunakan obat pereda gatal. Namun, untuk mengatasi gatalnya agar tidak muncul lagi, maka perlu diobati sumber atau penyebabnya. Selain itu perlu dilakukan perawatan yang tepat agar gatalnya tidak menyebabkan iritasi ketika digaruk. Jauhi juga hal-hal yang dapat memicu adanya penyebab gatal pada kemaluan. Menjaga kebersihan alat kelamin juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghindari masalah pada kemaluan, salah satunya yaitu gatal pada kemaluan.


Mengobati Gatal Pada Kemaluan

Gatal pada kemaluan lelaki dapat dilakukan dengan cara mengobati penyebab gatal kemaluan. Jika penyebabnya adalah kutu kemaluan, maka menghilangkan kutu kemaluan merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi gejala gatal yang Anda alami. Beda halnya jika gatal pada kemaluan disebabkan oleh penyakit menular seksual. Tentunya dibutuhkan obat antibiotik maupun antivirus untuk mengatasi penyakit menular seksual. Selain itu, untuk mengatasi gejala gatalnya dapat digunakan obat pereda gatal baik yang dikonsumsi maupun yang dioleskan seperti yang berbentuk salep ataupun sejenisnya. Untuk informasi pengobatan gatal pada kemaluan lelaki lebih lanjut dapat Anda konsultasikan dengan dokter kami di nomor 081366657878.