Kam16Mei201914:44

Gatal Berlebih Apakah Gejala Kutu Kelamin?


Gejala kutu kelamin biasanya berupa gatal yang diakibatkan oleh reaksi kulit terhadap liur kutu. Kutu kelamin merupakan kondisi dimana kulit Anda memiliki serangga berukuran sangat kecil yang tinggal di organ kelamin. Kutu bertahan hidup dengan cara menghisap darah manusia dan akan semakin aktif ketika malam hari. Tak hanya pada organ kelamin, kutu juga bisa berada di bulu mata, bulu ketiak, hingga rambut pada wajah.
gejala kutu kelamin
gejala kutu kelamin

Apa Saja Gejala Umum Penyakit Kutu Kelamin?

Penderita penyakit kutu kelamin kerap kali merasakan gejala di area kelamin atau anus setelah 5 hari sejak awal terinfeksi. Rasa gatal yang merupakan gejala kutu kelamin ini akan menjadi lebih intens pada malam hari. Gejala kutu kelamin yang ditandai dengan gatal berlebih ini bertahan selama 1 hingga 3 minggu. Selain gatal, gejala kutu kelamin yang mungkin dirasakan penderitanya, antara lain:


• Adanya bintik cokelat pada celana dalam yang merupakan kotoran kutu.
• Terdapat bintik kecil berwarna merah kebiruan pada kulit bekas gigitan.
• Terlihat kutu beserta telornya pada rambut-rambut yang dihinggapi.
• Kulit mengalami peradangan serta iritasi akibat sering menggaruk.
• Peradangan pada mata akibat adanya kutu pada bulu mata dan alis.

Gejala kutu kelamin dapat menyebar dengan mudah melalui kontak seksual, termasuk seks oral. Namun, biasanya kutu juga akan menular akibat menggunakan pakaian, seprai, atau handuk secara bergantian. Bagi anak-anak penderita penyakit kutu kelamin, biasanya berpindahnya kutu terjadi ketika berada di atas kasur yang sudah terpapar. Selain itu, infeksi kutu kelamin pada anak-anak juga memungkinkan adanya pelecehan seksual.
 

Penanganan yang Cocok Untuk Gatal Akibat Kutu

Sebelum penanganan terhadap gejala kutu kelamin dilakukan, dokter akan mengawali pemeriksaan dengan diagnosis. Dokter akan mendianosis melalui gejala yang dirasakan dan pemeriksaan fisik pada area yang terinfeksi. Diagnosis dengan menggunakan kaca pembesar juga dilakukan guna mengetahui keberadaan kutu kelamin. Jika hasil diagnosis sudah diketahui, pengobatan bisa segera dimulai.
 
Pengobatan gejala kutu kelamin paling tepat adalah memberikan obat antiparasit. Penggunaan obat ini memerlukan pengulangan setelah 9 hingga 10 hari. Memeriksa area yang terinfeksi selama dan setelah masa pengobatan dilakukan selesai sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan keberadaan kutu ataupun telor yang mungkin masih tertinggal. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksima, Anda perlu melakukan beberapa tindak pencegahan, seperti:

• Hindari penggunaan pakaian, seprai, atau handuk secara bergantian dengan orang yang telah terinfeksi kutu kelamin.
• Jika terdiagnosis kutu kelamin, ajak pasangan dan seluruh anggota keluarga untuk memeriksakan diri secara berbarengan.
• Hindari hubungan seksual selama masa perawatan agar penyebaran kutu kepada orang lain dapat diminimalisir.
• Selalu gunakan pelindung atau kondom jika melakukan hubungan seksual selain dengan pasangan seksual Anda.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan penyakit kutu kelamin dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya yang berada di wilayah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh tim dokter berpengalaman dan berkompeten dengan menggunakan peralatan medis yang telah canggih serta berteknologi modern.
 
Melakukan perawatan medis di Klinik Utama Sentosa, Anda akan merasakan kepuasaan karena pelayanan kesehatan diberikan secara maksimal. Tak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan karena klinik ini menawarkan keringanan biaya pada pasiennya. Karena itu, segera periksakan kesehatan sebelum penyakit bertambah parah. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.