Kam10Jan201911:02

Ciri Ciri Terkena Kutu Kelamin

Ciri ciri terkena kutu kelamin yang paling umum adalah rasa gatal di daerah yang terjangkiti. Kutu kelamin merupakan sejenis serangga parasit berukuran kecil yang hidup dengan cara menghisap darah melalui kulit. Darah yang dihisap ini menyebabkan kulit menjadi terasa gatal karena adanya bekas luka gigitan. Kutu dapat menyebar saat melakukan hubungan seksual dan dapat ditemukan pada bulu mata, bulu ketiak, dan bulu di area wajah.
ciri ciri terkena kutu kelamin
ciri ciri terkena kutu kelamin

Beberapa Ciri Ciri Terkena Kutu Kelamin

Kutu kelamin dapat bertahan hidup pada rambut yang bertekstur kasar dan tebal. Karena itu, umumnya kutu bisa mendiami beberapa tempat berambut di tubuh Anda, meliputi bulu kaki, janggut, kumis, bulu dan, punggung. Salah satu ciri ciri terkena kutu kelamin, yakni merasakan gatal yang parah pada hari kelima setelah terinfeksi. Rasa gatal akan semakin menjadi ketika malam hari karena kutu lebih aktif untuk menghisap darah.
 


Untuk mengetahui apa Anda terkena infeksi kutu kelamin, beberapa ciri ciri tekena kutu kelamin yang perlu Anda ketahui, seperti mengalami demam ringan, tidak nyaman di sekitar organ kelamin, mudah merasa lelah, terdapat luka gigitan berwarna kebiruan, dan gatal berlebih akibat terlalu sering digaruk.
 
Keberadaan kutu kelamin biasanya baru akan diketahui setelah 1 hingga 3 minggu karena adanya gejala. Meskipun begitu, ciri ciri terkena kutu kelamin sering tidak jelas sehingga dapat menyebar pada orang lain tanpa disadari. Gejala atau ciri ciri terkena kutu kelamin secara umum, antara lain:


• Rasa gatal akibat reaksi kulit yang bersentuhan dengan liur kutu.
• Terdapat bintik kecokelatan atau kotoran kutu pada celana dalam.
• Adanya bekas gigitan berwarna merah kebiruan di kulit.
• Mengalami peradangan hingga iritasi akibat menggaruk rasa gatal.
• Terlihat kutu beserta telornya di rambut-rambut yang dihinggapi.

PENCEGAHAN PENYAKIT KUTU KELAMIN*

Komplikasi dan Penanganan Pada Kutu Kelamin

Kutu kelamin bisa mengakibatkan munculnya komplikasi yang lebih seirus akibat terlalu sering menggatuk area yang terinfeksi. Beberapa komplikasi yang akan terjadi adalah peradangan pada kelopak mata atau blefaritis dan konjungtiva atau konjungtivitis. Jika hal ini sudah terjadi, salah satu cara tepat untuk menanganinya adalah menggunakan obat-obatan pemberian dokter. Dokter biasanya memberikan berbagai obat topikal, seperti lotion, krim atau salep, dan sampo antiparasit.
 
Penanganan kutu kelamin dengan menggunakan obat memerlukan waktu selama 9 sampai 10 hari. Obat antiparasit efektif menghilangkan kutu yang menyebabkan rasa gatal di kulit. Namun, penggunaan obat ini bisa mengakibatkan efek samping, seperti timbulnya rasa gatal, kemerahan pada kulit dan terasa panas. Karena itu, selalu periksa area yang terinfeksi selama masa perawatan dilakukan untuk mencegah adanya komplikasi lain akibat infeksi oleh telur kutu yang masih tertinggal.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui ciri ciri terkena kutu kelamin lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan khusus menangani masalah kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Klinik ini sudah terpercaya karena perawatan yang dilakukan didukung oleh dokter ahli berpengalaman. Selain itu, Klinik Utama Sentosa juga telah menggunakan peralatan medis canggih yang berteknologi modern.
 
Kutu kelamin dapat dihilangkan dengan melakukan beberapa pencegahan. Namun, jika tindak pencegahan belum mampu menghentikan pertumbuhan kutu pada kelamin maka penanganan tepat bisa dilakukan bersama dokter. Informasi lebih lanjut mengenai kutu kelamin atau penyakit kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.