Rab30Jan201913:45

Cara Menangani Gatal Karena Kutu Kelamin

Gatal karena kutu pada kemaluan terjadi akibat reaksi alergi atau hipersensitivtas kulit terhadap air liur kutu sebelum digigit. Kutu kemaluan atau phtirus pubis merupakan kondisi dimana Anda memiliki serangga yang berukuran sangat kecil dan menyerang daerah sekitar kelamin. Kutu kelamin biasanya hidup dengan baik di rambut kemaluan serta dapat menyebar melalui kontak seksual.

gatal karena kutu
gatal karena kutu

Gejala Umum Akibat Adanya Kutu Kemaluan

Kutu yang hidup pada kelamin baru akan memunculkan gejala setelah 1 hingga 3 minggu ketika menempati area tubuh. Selain rasa gatal karena kutu ini, penderita yang telah terinfeksi juga akan merasakan gejala lain yang lebih umum. Beberapa gejala umum akibat adanya kutu pada organ kelamin, adalah sebagai berikut:
 


• Muncul bintil kecil berwarna merah kebiruan pada kulit yang digigit kutu.
• Adanya bintik kecokelatan di pakaian dalam yang merupakan kotoran kutu.
• Terjadi peradangan serta iritasi akibat menggaruk daerah yang gatal karena kutu.
• Terlihat kutu beserta telornya pada rambut-rambut tersebut.
• Mengalami peradangan pada mata karena kutu telah menginfeksi bulu mata.

Kutu kelamin dapat menular dari orang yang terinfeksi kepada orang lain melalui kontak tubuh. Penularan sangat mudah terjadi karena kutu dapat merayap dari rambut ke rambut meski tidak dapat melompat atau terbang. Selain itu, dalam beberapa kasus kutu bisa menular karena menggunakan pakaian dan handuk secara bergantian serta berada di satu seprai yang sama dengan penderitanya.


Diagnosis Serta Pencegahan Penularan Kutu Kelamin

Untuk mengetahui apa penyebab rasa gatal karena kutu atau tidak, Anda bisa melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli. Dokter biasanya akan melakukan diagnosis dengan menanyakan gejala yang dirasakan. Setelah itu, pemeriksaan fisik baru akan dilakukan guna memastikan keberadaan kutu dengan menggunakan kaca pembesar atau mikroskop. Jika hasil diagnosis telah diketahui, penanganan bersama dokter dapat segera dilakukan.
 
Penanganan pada gatal karena kutu diawali dengan menggunakan obat topikal, seperti losion, krim, dan juga sampo antiparasit. Beberapa obat ini digunakan hanya pada area yang terinfeksi kutu atau seluruh tubuh bagian luar. Perawatan dengan menggunakan obat resep dokter ini memerlukan pengulangan setelah 9 sampai 10 hari. Hal ini dilakukan guna memeriksa dan memastikan keberadaan kutu atau telor yang mungkin masih tertinggal. Untuk membantu mempercepat penyembuhan, Anda bisa melakukan tindak pencegahan, sebagai berikut:

• Tidak menggunakan handuk, pakaian, serta seprai yang sama dengan penderita.
• Hindari melakukan hubungan seksual jika belum dinyatakan sembuh oleh dokter.
• Jika terdiagnosis, periksakan anggota keluarga lain guna mencegah penularan.

Selain itu, Anda juga tidak boleh menggaruk area yang gatal karena kutu terlalu sering. Area yang digaruk bisa berisiko menimbulkan impetigo atau bisul akibat paparan bakteri. Penderitanya juga akan mengalami peradangan pada kelopak mata atau bleferitis dan konjungtiva atau konjungtivitis jika kutu sudah menginfeksi bulu mata. Karena itulah, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli sebelum penyakit bertambah parah.



Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Rasa gatal karena kutu pada kelamin dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih yang berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan kemudahan pada pasien yang ingin melakukan penanganan penyakit dengan memberikan layanan konsultasi secara online dan gratis. Melalui konsultasi ini, Anda akan mengetahui apa saja penyebab penyakit, bahaya atau komplikasi jika tidak segera ditangani, dan jenis pengobatan yang cocok untuk dilakukan. Karena itu, tak perlu ragu dan segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.