Min07Jul201911:51

Belajar Cara Mengobati Kutu Yang Aman

 

Sedang mencari informasi mengenai cara mengobati kutu? Sebaiknya kenali dulu apa saja gejala yang muncul akibat adanya kutu pada kemaluan. Kutu kemaluan sendiri merupakan salah satu jenis serangga atau parasit yang tumbuh di organ tubuh yang ditumbuhi rambut kasar seperti kemaluan, kumis, jenggot, alis, bulu mata, bahkan bulu kaki. Sama halnya dengan kutu yang tumbuh di rambut kepala, kutu kemaluan juga dapat menular dengan cara berpindah dari rambut ke rambut.

cara mengobati kutu
cara mengobati kutu


Untuk kutu kemaluan karena seringkali terdapat di bulu kemaluan, maka penularannya dapat terjadi melalui aktivitas berhubungan seksual. Kutu kemaluan ini dapat tumbuh pada tubuh anak-anak maupun orang dewasa. Jika kutu telah menyebar, maka gejala yang bisa muncul di antaranya adalah rasa gatal pada kemaluan atau di sekitar bekas gigitan kutu ketika menghisap darah. Kutu kemaluan dapat bertahan hidup dengan cara menghisap darah pada kulit dimana ia hidup. Jika bekas gigitannya digaruk dan iritasi, maka dapat menyebabkan berbagai bahaya dan perlu dilakukan cara mengobati kutu yang benar agar tidak menyebabkan iritasi.

Apa Itu Kutu Kemaluan?


Dikenal juga dengan nama kutu kelamin, kutu yang terdapat di sekitar bulu kasar seperti kumis, ketiak, jenggot, alis, maupun bulu mata adalah kutu yang tidak boleh diremehkan. Pasalnya kutu yang satu ini dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu. Jika tidak segera dilakukan cara mengobati kutu, maka gejalanya dapat bertambah parah dan dapat menyebabkan peradangan ataupun iritasi pada kutil yang ditinggalinya.



Kutu kemaluan berkembang biak dengan cara bertelur dan menetas dalam kurun waktu 6-10 hari. Telur kutu melekat pada bulu kemaluan dan tidak dapat bertahan hidup jika jatuh dari rambut. Sebelum telur kutu berubah menjadi kutu kelamin, maka telur memiliki bentuk nimfa yang untuk berubah menjadi kutu membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 minggu. Kutu kelamin ini tidak dapat bertahan hidup terlalu lama di luar rambut karena kutu kemaluan hidup di rambut. Untuk cara mengobati kutu dapat dilakukan dengan memeriksakannya ke dokter.

cara mengobati kutu
cara mengobati kutu

Dapatkah Kutu Menular?


Kutu kemaluan memang tidak dapat melompat, namun serangga parasit yang satu ini dapat menular dengan berjalan dari rambut ke rambut. Pasalnya kutu ini hanya bisa bertahan paling lama dua hari ketika jatuh dari rambut. Berikut ini ada beberapa cara yang memungkinkan kutu kemaluan menular.

• Melalui kontak seksual.
• Melalui pemakaian pakaian, sprei, maupun handuk yang sama dengan penderita.
• Berdekatan dengan penderita kutu kelamin.

Setelah penularan terjadi, maka kutu akan mulai menimbulkan gejala terutama gejala gatal pada kulit. Biasanya rasa gatalnya akan terasa semakin parah ketika malam hari karena kutu kemaluan menghisap darah pada malam hari. Selain gejala gatal, biasanya kutu kemaluan juga menyebabkan gejala lain yang menyebabkan ketidaknyamanan.


Gejala dan Bahaya Kutu Kemaluan


Untuk mengetahui adanya kutu serta cara mengobati kutu kemaluan, berikut beberapa gejala atau tanda kutu kelamin telah menjangkiti tubuh kita.

• Peradangan kulit akibat digaruk.
• Rasa gatal pada bagian bulu ataupun kulit yang dijangkiti.
• Konjungtivitis, jika kutu terdapat di bagian mata.
• Demam.
• Terdapat telur kutu di sekitar rambut.



Biasanya gejala tersebut mulai dirasakan setelah 1-3 minggu sejak kutunya muncul pada kemaluan. Kutu yang tumbuh di sekitar mata dapat menyebabkan berbagai gangguan yang mengganggu kenyamanan pada mata. Salah satu gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh kutu kemaluan ini adalah blepharitis. Gangguan ini biasanya ditandai mata yang selalu berair , gatal-gatal, dan bahkan kekeringan.

Gejala yang mengganggu tersebut dapat disembuhkan dengan cara memeriksakannya ke dokter. Untuk mengetahui secara pasti penyebab gejala yang Anda alami, dapat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Sejauh mana kutu telah menyebabkan gangguan juga dapat diketahui setelah dilakukan diagnosis. Untuk diagnosis dan informasi tentang cara mengobati kutu kemaluan, silahkan kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik kami juga memiliki layanan konsultasi secara online di nomor 081366657878.