Rab20Feb201916:16

Bagaimana Cara Mencegah Kutu Kelamin?

Mengalami kutu kelamin merupakan suatu hal yang akan menyiksa penderitanya. Maka penting untuk mengetahui cara mecegah kutu kelamin sebelum hal ini terjadi. Namun jika terlanjur terinfeksi kutu kelamin, hal yang harus dilakukan adalah mengatasinya hingga tuntas agar tidak terjadi infeksi pada kelamin.
Bagaimana Cara Mencegah Kutu Kelamin?
Bagaimana Cara Mencegah Kutu Kelamin?
Kutu kemaluan adalah jenis parasit yang terdapat di rambut kemaluan. Kutu yang bentuknya meyerupai kepiting tersebut hidup dengan mengkonsumsi darah dari penderitanya. Maka, penting untuk mengetahui cara mencegah kutu kelamin agar terhindar dari masalah ini.

Kutu kelamin dapat bertahan 1 hingga 2 hari diluar tubuh tanpa pasokan makanan. Meski umumnya kutu hidup di rambut kemaluan, kutu kelamin juga dapat menyebar pada area tubuh lain yang memiliki rambut. Yaitu ketiak, kumis, atau mungkin kepala melalui kontak hubungan seksual.

Kutu kelamin dapat dialami oleh siapa saja. Namun demikian, risiko akan meningkat pada orang yang menderita penyakit menular seksual (PMS). Maka jika kutu kemaluan ditemukan pada seseorang, sebaiknya juga ikut melakukan pemeriksaan untuk mengetahui ada atau tidak infeksi menular seksual (IMS). Cara mencegah kutu kelamin yang tepat adalah sebaiknya untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi kutu kelamin.


Penyebab dan gejala kutu kelamin

Kutu kelamin disebabkan infeksi parasit yang pada umumnya hidup pada rambut kemaluan. Jika tidak ditangani, kutu tersebut dapat menyebar pada area tubuh lain yang berambut. Untuk cara mencegah kutu kelamin sebaiknya untuk menghindari faktor penyebab kutu kelamin agar tidak tertular. Penyebaran kutu kelamin pada umumnya terjadi melalui kontak seksual.

Dalam siklus hidupnya, kutu kelamin memiliki tiga bentuk, antara lain:

1. Telur. Kutu kelamin berada di dalam fase telur selama 6 hingga 10 hari, kemudian akan menetas menjadi larva.

2. Larva (Nimph). Larva adalah kutu yang baru menetas, kemudian membutuhkan waktu 2-3 minggu untuk tumbuh menjadi kutu dewasa.

3. Kutu dewasa. Berukuran yang kurang lebih 2 mm, kutu hidup dengan mengkonsumsi darah inangnya.

Gejala utama yang dapat menunjukkan adanya kutu pada kemaluan adanya rasa gatal. Jika dilihat terdapat adanya telur atau kutu dewasa melekat pada rambut. Kondisi seperti ini harus segera diatasi. Jika tidak diatasi, kutu akan dapat menyebabkan infeksi ataupun iritasi pada kulit.

Setelah mengetahui penyebab dan gejala kutu kelamin, cara mencegah kutu kelamin untuk tidak tertular adalah dengan menghindari faktor penyebabnya. Namun, jika telah terinfeksi, sebaiknya untuk segera mengatasi sebelum infeksi kelamin terjadi.

Diagnosis dan pengobatan kutu kelamin

Untuk menentukan diagnosis kutu kelamin dapat ditetapkan jika telur ditemukan atau kutu dewasa melekat pada rambut di area kemaluan. Telur kutu benbentuk bulat kecokelatan. Sedangkan kutu dewasa berwarna keabu-abuan.

Pengobatan dilakukan berdasarkan penyebab munculnya kutu kelamin. konsultasikan ke dokter untuk menemukan cara yang tepat untuk membasmi kutu kelamin. sebaiknya untuk tidak sembarangan mengoleskan atau mengobati infeksi akibat kutu kelamin tanpa anjuran dokter. Dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping pada kelamin.




Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami kutu kelamin? tidak perlu khawatir, kami hadir untuk mengatasi masalah kutu kelamin Anda hingga tuntas. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin yang sudah banyak mengatasi masalah penyakit kelamin, baik pada pria maupun wanita. Anda tidak perlu merasa malu, sebab disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin profesional yang telah berpengalaman dibidangnya.

Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru, memberikan perawatan medis prima yang aman tanpa efek samping pada kelamin, cepat, tepat, dan akurat hingga tuntas yang di dukung peralatan medis modern canggih, dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait cara pencegahan kutu kelamin, dan untuk mengatasinya hingga tuntas, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878 .