Jum26Jul201916:32

Akibat Gatal Pada Kemaluan Yang Tak Kunjung Sembuh

 

Akibat Gatal pada kemaluan dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab dimana salah satunya adalah kutu kemaluan. Pernah mengalami gejala kutu pada rambut kepala? Gejala gatal yang disebabkan memang hampir sama, namun bahaya yang disebabkan bisa saja lebih berbahaya. Untuk itu jangan pernah meremehkan keberadaan kutu pada area kemaluan Anda. Pasalnya kutu ini dapat memicu adanya gangguan kesehatan lain, contohnya saja iritasi pada kulit.

akibat gatal pada kemaluan
akibat gatal pada kemaluan


Gatal pada kemaluan dapat menyebabkan berbagai bahaya, salah satunya yaitu iritasi pada kulit karena menggaruk bagian yang gatal. Luka iritasi akibat gatal ini dapat memicu adanya infeksi bakteri maupun virus. Alat kelamin merupakan tempat dimana virus dan bakteri dapat masuk dengan mudah jika kebersihannya tidak dijaga dengan baik. Akibat gatal kemaluan tidak hanya kita merasa malu karena mengganggu ketika gatalnya muncul saat kita berada di tempat umum. Namun juga karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bagian kemaluan.

Penyebab Kemaluan Gatal


Yang menyebabkan akibat gatal pada kemaluan tidak selalu karena kutu kemaluan, namun juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi jamur maupun bakteri dan yang paling parah adalah penyakit menular seksual. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan adanya gatal pada kemaluan.

•Infeksi akibat penyakit menular seksual

Infeksi yang disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti herpes, sipilis, gonore, maupun klamidia. Penyakit menular seksual tersebut biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal pada kemaluan. Jika infeksi ini tidak segera diobati, maka gejala dan akibat gatal pada kemaluan juga akan terus dirasakan.




•Infeksi jamur

Adanya infeksi jamur pada kulit kelamin juga dapat menyebabkan gatal pada kemaluan. Gatal akibat infeksi jamur ini sering dialami oleh wanita. Gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur ini jika dibiarkan dapat menyebabkan pembengkakkan pada vagina.

•Kutu Kemaluan

Beda halnya dengan gatal akibat kutu kemaluan, kutu yang dapat hidup di berbagai bagian tubuh yang ditumbuhi oleh rambut dengan permukaan kasar. Kutu ini dapat hidup di sekitar vagina, ketiak, alis, bulu mata, maupun bulu kaki. Ukurannya yang kecil membuat kutu kemaluan ini seringkali tidak terlihat. Dan yang perlu diingat, bahwa kutu ini dapat menular dengan cara berjalan dari rambut ke rambut.


akibat gatal pada kemaluan
akibat gatal pada kemaluan

Gejala Kutu Kemaluan


Gejala yang biasanya dialami oleh penderita akibat gatal pada kemaluan ini biasanya dibarengi dengan gejala lain. Gejalanya juga tergantung pada penyebab gatal pada kemaluan yang dialami. Jika gatalnya disebabkan oleh penyakit menular seksual gonore, maka gejala lainnya yang mungkin muncul adalah keluarnya cairan dari alat kelamin. Ketika Anda mengalami gejala tersebut, maka segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika gatal pada kemaluan disebabkan oleh balanitis pada pria, maka gatalnya dapat disertai dengan pembengkakan pada penis.

Kutu kemaluan dapat menyebabkan akibat gatal pada kemaluan. Kutu yang dapat hidup di rambut pria, wanita, maupun anak-anak ini dapat menular. Meskipun tidak dapat terbang, kutu kemaluan ini dapat menular melalui pemakaian sprei, handuk, dan pakaian yang sama dengan penderita. Kutu kemaluan ini tidak dapat dihilangkan dengan mudah karena menempel dengan erat di rambut kemaluan.


Mengobati Gatal Pada Kemaluan

Kutu kemaluan yang hidup di rambut kemaluan ini bertahan hidup dan berkembang biak dengan cara menghisap darah pada rambut kemaluan. Ketika kutu ini menghisap darah, maka bekas gigitan kutu ini dapat menyebabkan gatal pada bagian kulit maupun bulu kemaluan. Jika bekas gigitan ini digaruk, maka dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Dan untuk mengatasi akibat gatal pada kemaluan ini dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Untuk konsultasi mengenai gatal pada kemaluan dapat hubungi dokter kami di nomor 081366657878 .