Kam28Mar201915:25

3 Cara Menghilangkan Kutu Kemaluan

Cara menghilangkan kutu kemaluan bisa dilakukan dengan menggunakan obat topikal. Kutu kemaluan merupakan serangga berbentuk parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia. Parasit akan menghisap darah melalui kulit manusia yang dihinggapinya hingga menimbulkan rasa gatal. Kutu biasanya berada pada rambut kemaluan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata, bulu dada, atau bulu punggung.
menghilangkan kutu kemaluan
menghilangkan kutu kemaluan

Bagaimana Gejala Penyakit Kutu Kemaluan?

Untuk mengetahui cara menghilangkan kutu kemaluan, penyebab penyakit harus diketahui terlebih dahulu. Penularan kutu kemaluan paling mudah terjadi akibat melakukan hubungan seksual. Selain itu, seseorang juga bisa tertular kutu kemaluan karena menggunakan selimut, handuk, atau pakaian yang sama dengan penderitanya. Beberapa gejala yang akan dirasakan penderita penyakit kutu kemaluan, antara lain:


• Rasa gatal pada kulit akibat reaksi dengan air liur kutu.
• Adanya bintik kecil berwarna kemerahan di kulit bekas gigitan.
• Bintik cokelat pada pakaian dalam yang merupakan kotoran kutu.
• Terdapat kutu rambut beserta telornya pada rambut-rambut manusia.
• Mengalami peradangan atau iritasi karena sering menggaruk.
• Terjadi peradangan pada mata akibat kutu menginfeksi alis atau bulu mata.

Munculnya gejala kutu kemaluan disebabkan oleh berbagai faktor risiko, di antaranya memiliki lebih dari satu pasangan seksual, melakukan kontak seksual dengan organ yang terinfeksi, berada di satu seprai yang sama, serta menggunakan pakaian secara bergantian dengan penderita kutu kemaluan.
 
Dokter akan melakukan diagnosis penyakit melalui gejala yang dirasakan penderita serta pemeriksaan fisik guna mengetahui cara menghilangkan kutu kemaluan. Keberadaan kutu kemaluan secara pasti dapat menggunakan kaca pembesar atau mikroskop. Pemeriksaan juga diperlukan pada orang yang melakukan kontak fisik dengan penderita kutil kelamin selama 3 bulan terakhir.


Beberapa Cara Menghilangkan Kutu dengan Tepat

Dokter biasanya menyarankan penderita penyakit kutu kemaluan untuk tidak berhubungan seks selama masa perawatan. Pilihan perawatan untuk menghilangkan kutu kemaluan bisa dilakukan dengan dekontaminasi diri, pakaian, dan juga seprai yang digunakan. Beberapa cara menghilangkan kutu kemaluan paling mudah dan tepat, adalah sebagai berikut:


• Gunakan pelembap atau sampo khusus

Pelembap serta sampo khusus dapat membantu membasmi kutu dari tubuh. Penggunaannya juga harus diawasi oleh dokter, terutama jika penderita kutu kemaluan sedang dalam kondisi mengandung atau menyusui.


• Lakukan pemeriksaan secara bersamaan

Jika beberapa orang di rumah terinfeksi kutu kelamin, maka pemeriksaan seluruh anggota harus dilakukan secara bersamaan. Pemeriksaan yang dilakukan ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit lebih lanjut.


• Bersihkan seluruh ruangan di rumah

Cara menghilangkan kutu kemaluan bisa Anda lakukan dengan membersihkan seluruh ruangan di rumah. Sedot dan bersihkan kamar mandi dengan larutan pemutih. Selain itu, cuci pula semua handuk, seprai dan pakaian dengan air panas guna membunuh kutu.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Menghilangkan kutu kemaluan secara tuntas bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit yang Anda derita akan sembuh dengan cepat karena dilengkapi peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Selain itu, Klinik Utama Sentosa juga memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda akan mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.