Sab27Apr201911:47

Teknik Pengobatan HPV Mudah Dan Tepat


Pengobatan HPV atau kutil kelamin bisa dilakukan setelah berkonsultasi bersama dokter. HPV atau Human papillomavirus merupakan virus yang menyebabkan munculnya benjolan di beberapa bagian tubuh. Virus ini dapat menyebabkan kutil pada pria maupun wanita yang aktif secara seksual. HPV paling sering terjadi pada pria yang berusia 20 sampai 24 tahun dan wanita berumur 16 sampai 19 tahun.
pengobatan HPV
pengobatan HPV

Gejala Akibat Terkena Virus Penyebab Kutil Kelamin

Sebelum pengobatan HPV diketahui, penderita perlu mengenali gejala penyakit terlebih dahulu. Kutil kelamin berasal dari semacam luka kecil yang terbuka dan kemudian mengering hingga sembuh setelah beberapa hari. Sistem kekebalan tubuh biasanya akan memberantas infeksi sebelum menyebabkan gejala lebih lanjut. Namun, jika tidak berhasil diberantas maka berpotensi mengakibatkan kanker serviks. Beberapa jenis kutil kelamin berdasarkan kategorinya, antara lain:
 

• Kutil biasa, biasanya berupa benjolan bulat pada kulit dengan tekstur yang kasar.
• Kutil plantar, akan berbentuk rata dengan lubang yang terkadang disertai titik hitam.
• Kutil datar, umumnya memiliki bentuk seperti bekas cakar di kulit berwarna cokelat.
• Kutil filiform, biasanya berupa bintil daging yang tumbuh dengan warna serupa kulit.
• Kutil periungual, akan berbentuk pecah-pecah seperti kembang kol di lempeng kuku.

Munculnya kutil kelamin akibat infeksi HPV disebabkan oleh beberapa faktor lainnya, berupa sering bergonta ganti pasangan, berbagi pemakaian barang pribadi, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, kulit rusak seperti luka terbuka, faktor usia, dan tidak menjaga kebersihan dengan baik.

Penanganan Tepat Terhadap Infeksi HPV

Pengobatan HPV dengan menggunakan obat dokter biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk menghilangkan kutil. Beberapa kegunaan obat oles pada kulit yang terinfeksi HPV adalah mengikis lapisan kutil secara bertahap, membakar protein dalam sel-sel kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghancurkan jaringan pada kutil kelamin. Selain itu, pengobatan HPV biasanya dapat dilakukan dengan langkah operasi. Beberapa prosedur operasi kutil kelamin, adalah sebagai berikut:
 

• Eksisi

Eksisi merupakan salah satu metode pengobatan HPV dengan memotong dan membuang kutil menggunakan pisau bedah. Meski efektif, cara ini menimbulkan efek samping berupa nyeri setelah bedah dilakukan.
 

• Elektrokauter

Pengobatan HPV melalui prosedur operasi lainnya adalah menggunakan listrik. Bedah listrik dapat membantu membuang jaringan abnormal, termasuk kutil kelamin. Elektrokauter juga berguna untuk menghentikan pendarahan setelah operasi dan mencegah infeksi.


• Krioterapi

Krioterapi adalah prosedur operasi kutil kelamin yang dilakukan menggunakan nitrogen cairan dengan suhu minus 195 derajat Celsius. Metode ini cukup efektif dalam menghilangkan kutil yang berukuran kecil.


• Bedah laser

Metode pengobatan infeksi HPV lainnya adalah bedah laser yang bekerja dengan cara menghancurkan pembuluh darah dalam kutil. Kutil yang telah mati akan diangkat karena laser dapat membunuh virus penyebab penyakit.
 

Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Pengobatan HPV bisa segera Anda lakukan setelah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.