Min20Jan201913:02

Tanda Adanya Jengger Pada Kelamin Pria

Jengger pada kelamin pria dapat menandakan adanya penyakit berbahaya dalam tubuh. Jengger ayam atau kutil kelamin merupakan salah satu penyakit akibat infeksi menular seksual. Penyakit ini memiliki ciri khas, yakni munculnya benjolan daging di area sekitar organ kelamin. Jengger ayam dapat menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria yang aktif secara seksual. Seseorang dapat menderita penyakit jengger ayam akibat terinfeksi human papillomavirus atau HPV.

jengger pada kelamin pria
jengger pada kelamin pria

>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Gejala Serta Faktor Risiko Penyakit Jengger Ayam

Gejala awal penyakit jengger ayam mirip seperti kutil pada umumnya yang tumbuh di tangan ataupun wajah. Jengger ayam biasanya muncul di sekitar organ kelamin dan berwarna sedikit lebih gelap dari kulit asli penderitanya. Pertumbuhannya bisa terjadi secara tunggal maupun berkelompok sehingga menyerupai kembang kol.
 
Kemunculan kutil ini terkadang tidak disertai dengan rasa sakit sehingga penyakit tidak disadari telah menginfeksi. Pada wanita, penyakit jengger ayam bisa menyebabkan kanker pada mulut rahim atau serviks. Sementara pria, akan mengakibatkan munculnya masalah serius, seperti kanker organ kelamin.
 
Penularan virus terjadi ketika melakukan hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom. Selain hubungan seksual yang tidak aman, beberapa faktor risiko lain juga bisa memicu munculnya jengger ayam atau kutil pada kelamin. Faktor risiko yang memicu seseorang menderita penyakit jengger ayam, antara lain:
 
• Pernah memiliki infeksi menular seksual sebelumnya.
• Berhubungan seks dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih sangat muda.
• Memiliki riwayat penyakit serius, seperti penyakit diabetes mellitus.
• Mengalami stres sehingga mengeluarkan keringat secara berlebih.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemas, seperti penderita HIV/AIDS.

Bagaimana Penanganan Pada Masalah Ini?

Munculnya jengger pada kelamin pria yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan bahaya atau komplikasi lebih serius pada tubuh. Kemungkinan adanya komplikasi terbebut, dapat berupa penyakit kanker dan infeksi saat masa kehamilan pada penderita wanita. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai komplikasi akibat jengger pada kelamin pria dan wanita.


• Penyakit kanker

Kanker serviks berhubungan dengan infeksi HPV yang menjadi penyebab tumbuhnya jengger pada kelamin pria. Beberapa jenis virus HPV juga berkaitan dengan penyakit kanker pada vulva, kanker di anus, kanker pada organ kelamin pria, dan kanker mulut serta tenggorokan.


• Infeksi saat masa kehamilan

Jengger ayam atau kutil kelamin bisa menyebabkan masalah selama kehamilan jika diderita oleh wanita. Kutil yang telah membesar dapat mempersulit ibu hamil untuk buang air kecil. Selain itu, jika kutil telah tumbuh di dinding organ kelamin maka akan menyebabkan kemampuan jaringan organ kelamin menjadi berkurang sehingga peregangan saat proses kehamilan terganggu.
 
Untuk menghindari komplikasi akibat adanya jengger pada kelamin pria maupun wanita, penanganan harus segera dilakukan. Penanganan yang dilakukan bergantung pada tingkat keparahan penyakit. Karena itu, pengobatan penyakit jengger pada kelamin pria hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli. Beberapa pilihan pengobatan terhadap penyakit jengger ayam adalah pemberian obat oles hingga metode operasi.

Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik menangani munculnya jengger pada kelamin pria adalah dengan melakukan konsultasi bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Klinik ini akan memberikan layanan medis secara maksimal karena didukung oleh dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis berteknologi modern. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.