Kam14Mar201909:07

Simak, Gejala Awal Kondiloma Akuminata

Gejala awal kondiloma akuminata atau yang lebih dikenal dengan kutil kelamin seringkali tidak dikenali pada awal kemunculannya. Infeksi genital bermanifestasi sebagai lesi berkutil pada area kelamin atau anal.
Simak, Gejala Awal Kondiloma Akuminata
Simak, Gejala Awal Kondiloma Akuminata
Penyebab kondiloma akuminata adalah infeksi Human papilloma virus (HPV). HPV sendiri memiliki lebih dari 100 jenis yang berbeda. Tipe 6 dan 11 yang menyebabkan 90 persen kutil kelamin dan dianggap berisiko rendah sebab sangat jarang menyebabkan kanker genital ataupun anal.

Disisi lain, tipe 16 dan 18 misalnya, adalah berisiko tinggi sebab meskipun jarang menyebabkan kutil kelamin, tipe ini dapat meningkatkan risiko kanker serviks atau kanker dubur.

Virus penyebab kutil kelamin yakni HPV menyebar melalui kontak kulit dengan kulit selama aktivitas seksual, tidak perlu melakukan hubungan seksual vaginal atau anal untuk dapat menyebarkan infeksi. Gejala awal kondiloma akuminata kebanyakan orang tidak akan memiliki gejala.

Siapa yang berisiko terinfeksi kutil kelamin?
Kutil kelamin adalah salah satu dari jenis infeksi menular seksual yang umum dan menyerang jutaan orang. Diperkirakan 70 hingga 80 persen pria dan wanita yang aktif secara seksual berisiko akan terinfeksi HPV.

Risiko terinfeksi HPV lebih tinggi pada orang yang memiliki pasangan seksual lebih dari satu, aktif secara seksual sejak usia yang masih relatif muda, dan berganti-ganti pasangan seksual. Seseorang dapat terinfeksi tanpa adanya gejala awal kondiloma akuminata, dan oleh karena itu dapat menularkan infeksi kepada pasangan tanpa menyadarinya.




Mengenal tanda dan gejala kondiloma akuminata

Gejala awal kondiloma akuminata yang umum dapat diketahui berupa munculnya benjolan bulat berwarna daging dengan ukuran yang bervariasi atau berbeda-beda. Kutil yang muncul bisa halus dan rata atau menyerupai kembang kol dengan tangkai yang kecil.

Kutil kelamin dapat tumbuh pada labia, vagina, skrotum, anus, dan uretra. Namun, pada umumnya kutil tidak menimbulkan gejala apapun, walau kutil ini dapat berdarah dan menjadi terasa sakit ketika melakukan hubungan seksual jika kutil tumbuh pada vagina.

Anda dapat mengurangi risiko terinfeksi penyakit kelamin dengan melakukan hubungan seksual yang aman, menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual. Untuk menghindari risiko penyebaran infeksi kutil kelamin dan komplikasi terjadi, segera konsultasikan diri Anda jika gejala awal kondiloma akuminata atau kutil kelamin muncul.

Simak: Cara Agar Kutil Kelamin Tidak Kambuh Kembali* Klik Disini

Perawatan untuk kutil kelamin

Tujuan pengobatan kutil kelamin adalah untuk menghilangkan virus penyebab dan kutil yang terlihat dan mengurangi risiko terjadinya penyebaran virus. Ada banyak perawatan berbeda yang disarankan untuk mengatasi kutil kelamin. diantaranya adalah:

Chrotherapy. Dengan menggunakan nitrogen cair membekukan kutil kelamin, hal ini harus dilakukan seorang ahli medis profesional dengan anestesi lokal, umumnya untuk kutil kelamin dalam jumlah yang besar.

Perawatan laser. Perawatan laser dengan menggunakan laser karbondioksida yang bermanfaat untuk sejumlah besar kutil pada area uretra atau vagina.




Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Sebaiknya tidak mengabaikan untuk apa saja dengan sesuatu yang aneh muncul pada area kelamin Anda, terlebih jika Anda aktif secara seksual dan jika Anda merasakan munculnya penyakit kelamin.

Untuk mendapatkan pengobatan yang efektif dan hasil yang maksimal sebaiknya memilih pengobatan yang ditangani langsung tenaga medis profesional dan tidak melakukan pengobatan sembarangan.

Ya, kutil kelamin bukanlah penyakit yang dapat dibiarkan begitu saja, sebab jika dibiarkan akan berkembang bertambah banyak bahkan ukuran yang semakin besar sehingga sulit untuk diatasi.

Untuk mengatasi kutil kelamin, silahkan kunjungi Klinik Utama Sentosa. Kami adalah klinik kulit kelamin hadir dengan metode pengobatan untuk menuntaskan kutil kelamin Anda.

Untuk informasi lebih lanjut terkait gejala awal kondiloma akuminata yang Anda alami, silahkan klik website yang telah tersedia untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878 .