Rab16Jan201916:31

Simak, Beberapa Ciri Kutil yang Berbahaya

Ciri kutil yang berbahaya bagi wanita dan pria adalah kutil yang tumbuh di sekitar organ kelamin. Kutil merupakan pertumbuhan kulit berlebih yang terjadi akibat infeksi oleh virus. Kulit berlebih ini akan muncul dengan bentuk benjolan dan tergolong ke dalam jenis tumor jinak. Kutil dapat tumbuh secara tunggal atau berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Munculnya kutil kelamin biasanya disebabkan oleh human papillomavirus atau virus HPV.

ciri kutil yang berbahaya
ciri kutil yang berbahaya

>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Apa Saja Ciri Kutil yang Berbahaya Pada Tubuh?

Kutil sebenarnya dapat menginfeksi bagian tubuh manapun, terutama lapisan atas permukaan kulit. Tangan, lengan, atau kaki dapat terinfeksi jika bersentuhan langsung dengan seseorang yang menderita penyakit kutil ini. Namun, kutil akibat infeksi virus HPV merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Kelamin kelamin adalah penyakit yang mengakibatkan adanya pertumbuhan benjolan di sekitar organ kelamnin.
 
Penyakit ini akan menimbulkan gejala, berupa rasa sakit atau perih, tidak nyaman, dan gatal-gatal di sekitar organ kelamin. Kutil yang tumbuh di sekitar kelamin wanita sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan masalah serius lain pada tubuh, seperti kanker serviks dan vulva. Beberapa ciri kutil yang berbahaya bagi tubuh yang perlu Anda ketahui, adalah sebagai berikut.

• Pembengkakan kecil di sekitar organ kelamin.
• Menyebabkan pendarahan saat berhubungan seksual.
• Pertumbuhan kutil yang bergerombol menyerupai kembang kol.
• Rasa gatal berlebih pada daerah sekitar kemaluan.

Kutil dapat tumbuh dengan baik karena organ kelamin menjadi tempat yang aman dan nyaman. Tempat ini cukup sulit djangkau sehingga terkadang diabaikan dan menyebabkan kutil mengumpul dan semakin besar. Karena itu, cara terbaik untuk mengetahui ciri kutil yang berbahaya adalah dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli.

PENANGANAN AKIBAT INFEKSI VIRUS KUTIL KELAMIN*

Penyebab Utama Penyakit Kutil Kelamin

Kondiloma akuminata atau kutil pada kelamin terjadi akibat adanya infeksi virus HPV tipe 6 dan tipe 11. Virus ini disebarkan pada orang lain melalui hubungan seksual, baik secara oral, anal, maupun vaginal. Tak hanya wanita dan pria, kutil kelamin juga bisa dialami oleh bayi baru lahir akibat tertular sang ibu selama proses persalinan. Ciri kutil yang berbahaya biasanya menyebabkan terjadi komplikasi penyakit lain, seperti:
 

• Penyakit kanker

Kutil kelamin akibat infeksi virus HPV umumnya berkaitan erat dengan penyakit kanker seviks. Jenis kanker lainnya yang berhubungan dengan virus penyebab kutil adalah kanker vulva, kanker anus, kanker mulut dan tenggorokan.


• Infeksi saat kehamilan

Ciri kutil yang berbahaya ditandai dengan terjadinya masalah pada masa kehamilan. Ibu hamil yang memiliki kutil berukuran besar akan mengalami kesulitan saat buang air kecil. Selain itu, kutil yang tumbuh di dinding organ kelamin akan mengurangi kemampuan jaringan untuk meregang saat proses melahirkan.
 
Infeksi yang mengakibatkan penyakit kutil kelamin akan menyebar ke orang lain jika dikorek atau digaruk terlalu sering. Karena itu, beberapa faktor pemicu lain penyebab adanya ciri kutil yang berbahaya, yakni:
 
• Berhubungan seksual tanpa menggunakan pelindung atau kondom.
• Memiliki riwayat penyakit infeksi menular seksual lainnya.
• Melakukan seks dengan orang yang tidak diketahui sejarah seksualnya.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.


Penanganan yang Dapat Dilakukan Pada Kutil Kelamin

Cara menangani penyakit kutil kelamin bergantung pada tingkat keparahan penyakitnya. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik dalam bentuk krim atau gel guna membantu meringankan gejala. Namun, jika kutil tidak dapat hilang, maka tindak operasi perlu dilakukan. Beberapa tindak operasi yang dapat dilakukan adalah krioterapi dengan membekukan kutil, elektrokauter dengan arus listrik, metode eksisi dengan memotong kutil, dan laser dengan membakar kutil.
 
Untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, Anda bisa segera melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa termasuk salah satu klinik kesehatan khusus menangani penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual terbaik di daerah Jakarta. Pelayanan medis secara maksimal akan Anda dapatkan karena klinik ini dilengkapi dengan peralatan yang canggih dan didukung oleh tim dokter berpengalaman. Karena itu, segera lakukan konsultasi atu hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.