Sab04Mei201915:36

Perawatan Penyakit Kondiloma Akuminata Pria

Penyakit kondiloma akuminata atau biasa disebut kutil kelamin terjadi karena infeksi Human papillomavirus. Biasanya, risiko penularan virus lebih besar dialami oleh wanita dibandingkan pria. Gejala yang akan dirasakan penderitanya ditandai dengan benjolan daging kecil berwarna merah. Benjolan dapat tumbuh secara tunggal maupun berkelompok sehingga menyerupai kembang kol.
kondiloma akuminata
kondiloma akuminata


Tanda Akibat Terinfeksi Virus Kutil Kelamin

Gejala penyakit kondiloma akuminata yang akan muncul, dapat berupa pembengkakan kecil pada daerah kemaluan, muncul kutil yang berdekatan, adanya rasa gatal serta tidak nyaman di sekitar organ kelamin, dan pendarahan ketika melakukan hubungan seksual. Kutil kelamin menyukai area lembap dan mudah basah sehingga organ kelamin menjadi tempat yang paling aman serta nyaman.
 


Pada wanita, bagian tubuh yang terkena infeksi penyakit kondiloma akuminata adalah paha bagian atas, vulva, dinding kemaluan, daerah antara organ kelamin eksternal dan anus, saluran anus, serta leher rahim. Sementara penyakit kutil kelamin yang diderita pria menyerang beberapa area di tubuh, seperti ujung atau batang kemaluan, selangkangan, paha bagian atas, sekitar atau dalam anus, di dalam saluran kemih, dan skrotum atau testis. Kemunculan gejala penyakit kondiloma akuminata ini disebabkan oleh faktor risiko lainnya, yakni:
 
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.
• Sering bergonta ganti pasangan ketika berhubungan seksual.
• Pernah menderita penyakit menular seksual sebelumnya.
• Memiliki penyakit diabetes mellitus atau kencing manis.
• Mengalami stres sehingga keringat keluar tanpa kendali.
• Sistem imun lemah akibat menderita penyakit HIV/AIDS.

Diagnosis Penyakit Kutil Kelamin dan Penanganannya

Sebelum perawatan penyakit kondiloma akuminata dilakukan, dokter akan mendiagnosis penyakit terlebih dahulu. Dokter biasanya mengawali diagnosis dengan memeriksa tubuh secara langsung. Prosedur pengangkatan bagian kecil dari kutil juga akan disertai guna mengetahui status penyakit, jenis obat yang cocok, cara penanganan, dan mencegah kemungkinan terjadinya pertumbuhan kutil lainnya.
 
Perawatan penyakit kondiloma akuminta atau kutil kelamin bisa dilakukan dengan mengoleskan obat topikal pada kulit yang terinfeksi. Obat ini berfungsi untuk meningkatkan imunitas, mengatasi infeksi, dan mencegah tumbuhnya sel kutil. Jika obat tidak mampu menghilangkan kutil kelamin, pengangkatan penyakit dengan prosedur operasi pembedahan bisa dilakukan. Beberapa tindak operasi yang bisa Anda lakukan, adalah sebagai berikut:


• Bedah laser

Biasanya, laser digunakan sebagai perawatan penyakit kondiloma yang mengalami kekambuhan, seperti muncul dan kembali secara terus menerus. Sebelum melakukan pengobatan laser, dokter akan memberikan krim mati rasa guna menghindari munculnya rasa ketidaknyaman ketika pembedahan.


• Krioterapi

Salah satu perawatan penyakit kondiloma akuminata adalah menggunakan nitrogen cair atau cryoprobe yang bekerja dengan cara membekukan kutil. Prosedur ini memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi dan minim efek samping.


• Elektrokauter

Elektrokauter merupakan metode perawatan penyakit kondiloma dengan menghancurkannya menggunakan arus listrik. Obat bius lokal akan diberikan dokter karena prosedur pembedahan ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit.


• Bedah eksisi

Kutil kelamin dapat dihilangkan melalui prosedur bedah eksisi. Tindakan yang dilakukan adalah mengangkat kutil dengan memotongnya menggunakan pisau bedah. Cara ini cukup efektif karena kutil tidak akan tumbuh atau muncul dalam waktu yang cukup lama.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan penyakit kondiloma akuminata pada pria dapat ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Melakukan penanganan penyakit kulit dan kelamin terutama kutil kelamin, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik. Penanganan di Klinik Utama Sentosa langsung dilakukan oleh dokter ahli serta telah dilengkapi dengan peralatan medis canggih dan mengikuti kemajuan teknologi.

Klinik ini juga didukung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya sehingga proses penyembuhan berlangsung cepat. Dengan biaya perawatan dan lokasi yang strategis menjadikan Klinik Utama Sentosa sebagai pilihan banyak orang dalam mengatasi berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin. Segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.