Min20Jan201912:43

Penyebab Penyakit Jengger Ayam

Penyebab penyakit jengger ayam secara umum adalah human papillomavirus atau HPV. Jengger ayam atau kutil kelamin termasuk salah satu penyakit menular seksual yang terjadi akibat melakukan hubungan seks tanpa pelindung atau kondom. Hubungan seksual yang dimaksud dapat secara anal, oral, dan vaginal. Tak hanya itu, penyakit ini juga dapat menular karena bersentuhan langsung dengan daerah yang terinfeksi.

penyebab penyakit jengger ayam
penyebab penyakit jengger ayam

>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Beberapa Penyebab Penyakit Jengger Ayam

Penyakit jengger ayam muncul dengan gejala, seperti tumbuhnya kutil dalam jumlah banyak dan berukuran lebih besar dari kutil pada umumnya. Kutil dapat tumbuh secara tunggal maupun berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Virus penyebab jengger ayam hanya akan menyerang permukaan kulit saja sehingga penanganan dapat dilakukan bersama dokter ahli dengan menggunakan beberapa metode penyembuhan.
 
Penyebab penyakit jengger ayam bisa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor endogen dan eksogen. Faktor endogen adalah faktor bawaan yang terjadi akibat memiliki kelenjar keringat lebih banyak pada daerah organ kelamin. Hal ini mengakibatkan area sekitar kemaluan menjadi basah dan lembab sehingga memicu pertumbuhan virus atau bakteri. Sementara faktor eksogen dipicu oleh obesitas dan penyakit metabolik, seperti kencing manis.
 
Selain kedua faktor tersebut, penyebab penyakit jengger ayam adalah mengalami gangguan psikologis seperti stres dan kurang tidur. Hal tersebut akan memicu menurunnya daya tahan tubuh sehingga badan mudah merasa lelah. Menurunnya daya tahan tubuh akan mengakibatkan seseorang mudah terinfeksi berbagai virus berbahaya, termasuk virus penyebab penyakit jengger ayam.

Pencegahan serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Penyakit jengger ayam dapat ditangani dengan melakukan beberapa tindak pencegahan. Pencegahan terhadap infeksi penyebab penyakit jengger ayam dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah. Cara mencegah penyakit jengger ayam bisa diawali dengan menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, beberapa bentuk pencegahan penyakit jengger ayam lainnya, antara lain:

• Hindari faktor yang dapat memicu stres.
• Terapkan pola hidup sehat dan berimbang.
• Konsumsi makanan yang bergizi.
• Cukup istirahat dan rajin berolahraga.
• Hindari tubuh dari paparan polusi.
• Lakukan hubungan seksual yang aman.

Jika tindak pencegahan belum bisa mengurangi gejala yang muncul, maka penanganan bersama dokter ahli harus segera dilakukan. Pengobatan penyakit jengger ayam bisa dilakukan dengan memberikan vaksinasi. Penyuntikan vaksin diberikan sebanyak tiga kali guna melidungi tubuh dari serangan virus penyebab kanker serta jengger ayam. Vaksinasi dilakukan pada pria maupun wanita yang berusia 10 sampai 18 tahun. Pada usia ini, pemberian vaksinasi sangat dianjurkan karena bisa mengurangi risiko penularan kutil kelamin hingga lebih dari 50 persen.
 
Penyakit jengger ayam berisiko tinggi dialami oleh pria atau wanita yang telah aktif secara seksual. Meski sudah melakukan vaksinasi, para wanita diharuskan untuk menjalani pemeriksaan rutin, seperti pap smear. Permeriksaan rutin ini sangat efektif dalam mendeteksi adanya sel abnormal akibat HPV, seperti penyakit kanker yang berada di stadium awal. Selain itu, pengobatan jengger ayam bisa menggunakan metode elektrokauter atau prosedur bedah.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap penyakit jengger ayam dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual terpercaya di daerah Jakarta. Anda dapat melakukan pemeriksaan rutin hingga perawatan karena klinik ini didukung oleh dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Lakukan konsultasi segera dengan menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya bisa Anda dapatkan ketika berkonsultasi. Reservasi atau pendaftaran bisa Anda lakukan secara online sehingga memudahkan dan menghemat waktu. Segera lakukan perawatan bersama Klinik Utama Sentosa sebelum infeksi menyebar dan memperparah kondisi penyakit.