Rab06Mar201911:51

Penyebab Muncul Kutil di Kemaluan Wanita

Penyebab utama munculnya kutil di kemaluan wanita adalah human papillomavirus atau HPV. Virus HPV yang menjadi penyebab seseorang menderita kutil kelamin bisa ditularkan melalui hubungan seks, baik secara anal, oral, maupun vaginal. Dalam beberapa kasus, kutil tumbuh secara lembut sehingga sulit dideteksi secara kasat mata. Namun, penyakit ini akan memunculkan gejala umum, seperti rasa perih serta sakit, gatal di sekitar kutil, serta ketidaknyamanan pada area yang terinfeksi.
kutil di kemaluan
kutil di kemaluan

Bagaimana Kutil Kelamin Dapat Terjadi?

Selain virus HPV, kutil di kemaluan dapat pula disebabkan oleh sejumlah faktor risiko lain. Kutil kelamin lebih mudah menyerang seseorang yang aktif secara seksual. Risiko terinfeksi kutil kelamin akan semakin besar jika melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan seks tanpa menggunakan pelindung atau kondom. Beberapa faktor penyebab lain yang meningkatkan risiko seseorang menderita kutil kelamin, adalah sebagai berikut:
 

• Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Wanita yang sedang dalam keadaan hamil.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Pernah menderita infeksi menular seksual lainnya.
• Memiliki riwayat kekerasan seksual saat muda.
• Berhubungan seks dengan sembarang orang.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang muda.

Selain itu, beberapa kondisi fisik yang memicu munculnya kutil kelamin, yakni karena menderita penyakit kencing manis atau diabetes mellitus, mengalami stres yang menyebabkan keringat keluar terus menerus, dan seorang penderita HIV/AIDS karena sistem imun yang dimiliki lemah .

Cara Tepat Menangani Penyakit Kutil Kelamin

Kutil di kemaluan pada dasarnya tidak perlu ditangani jika tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Namun, jika penderitanya sudah merasakan gatal, nyeri, dan sensasi terbakar, maka biasanya dokter akan meresepkan obat dalam bentuk salep atau krim. Obat ini bekerja dengan cara membakar kutil yang tumbuh dan bisa pula digunakan jika gejala muncul di bagian dalam kelamin.
 
Penanganan terhadap kutil kelamin jika tidak bisa dihilangkan dengan obat adalah melalui tindak bedah. Beberapa tindak bedah yang biasa dilakukan, yakni eksisi, elektrokauter, krioterapi, dan bedah laser. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, tindak pencegahan juga perlu dilakukan dengan tidak berhubungan sekual selama masa perawatan. Beberapa pencegahan lainnya yang bisa dilakukan, adalah sebagai berikut:
 

• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Rutin berendam di dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit.
• Jaga organ kelamin tetap kering agar terhindar dari virus kutil kelamin.

Selain itu, langkah pencegahan terhadap kutil kelamin adalah imunisasi HPV. Vaksin HPV biasanya diberikan 2 hingga 3 kali sebelum seseorang mulai aktif secara seksual, yakni antara 10 sampai 18 tahun. Pemberian vaksin pada usia yang disarankan terebut diketahui dapat mengurangi risiko kutil kelamin hingga lebih dari 50 persen.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penyebab kutil di kemaluan wanita bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan medis di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum penanganan, Anda dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok diberikan. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.