Sel15Jan201915:09

Penyebab Kutil Kelamin

 

Potensi berbahaya akan selalu mengintai perilaku seks bebas atau tidak aman. Sederet penyakit menular seksual akan menanti dibelakangnya. Selama ini mungkin Anda sudah familiar dengan kutil, yakni kutil dengan benjolan kutil yang dapat tumbuh pada beberapa bagian tubuh. Namun, apakah Anda tahu ada jenis kutil yang biasa disebut dengan kutil kelamin (genital warts)?

penyebab kutil kelamin
penyebab kutil kelamin

Sama seperti kutil pada umumnya, kutil kelamin merupakan benjolan kecil, namun kutil kelamin tumbuh berada di sekitar area kelamin, terjadi pada pria maupun wanita. Pada wanita, kutil kelamin bisa tumbuh di area luar kelamin, dinding vagina, atau bahkan di mulut rahim atau serviks. Sedangkan pada pria, kutil kelamin tumbuh pada area penis, buah zakar, dan di dalam atau luar anus. Keberadaan kutil kelamin ini sangat menganggu meski pada beberapa kasus penderita kutil kelamin tidak dapat melihat kutil yang tumbuh.

Terdapat beberapa gejala yang menjadi tanda bahwa memiliki kutil kelamin. Diantara gejala yang muncul misalnya keputihan, sensasi terbakar, rasa gatal pada sekitar kemaluan, atau bahkan pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.

 
<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA, KLIK DISINI>>

Lalu, apa penyebab kutil kelamin muncul?

Kutil kelamin adalah penyakit yang ditularkan melalui aktivitas seksual. Penyebab utama munculnya kutil kelamin adalah infeksi virus bernama Human Papilloma Virus (HPV). Ada 100 tipe HPV berbeda yang bisa menginfeksi bagian tubuh yang juga berbeda, hampir 30 jenis HPV dapat hidup pada sekitar area kemaluan serta anus, akan tetapi kebanyakan kutil kelamin hanya disebabkan dua jenis HPV saja, yaitu tipe 6 dan 11. Virus HPV dengan mudah menular dari seorang kepada orang lain dengan melakukan hubungan kontak seksual.

Beberapa penyebab kutil kelamin, antara lain:

  • Berhubungan seksual tanpa pengaman.
  • Bergonta-ganti pasangan.
  • Melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidak doketahui riwayat seksual.
  • Stres serta mnderita infeksi virus, seperti HIV atau juga herpes di waktu yang sama.


<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA, KLIK DISINI>>

Tanda-tanda penyakit kelamin

Berikut ciri-ciri kutil kelamin yang terjadi pada pria dan wanita (Kondiloma Akuminta) atau disebut juga jengger ayam. Tidak hanya wanita saja yang harus waspada pada penyakit ini, pria juga harus mewasapdai munculnya kutil kelamin. Tanda-tanda atau ciri-ciri munculnya kutil kelamin yang patus diwaspadai, antara lain:

  • Muncul benjolan pada kelamin baik satuan atau bergerombol.
  • Benjolan yang berisi daging.
  • Pada wanita muncul pada bagian bibir vagina, serviks serta vagina.
  • Warna kutil kelamin yang muncul hitam agak kemerahan, abu-abu, serta cokelat agak kemerahan.
  • Muncul seperti jengger ayam, atau menyerupai kembang kol.
  • Bentuk benjolan kecil.

Gejala awal kutil kelamin

Kutil kelamin sering muncul pada permukaan tubuh yang lembab dan hangat. Pada pria, area yang umum terkena kutil adalah pada batang penis dan dibawah kulit depan (jika tidak sunat). Sedangkan pada wanita kutil timbul pada vulva, dinding vagina, serviks (leher rahim) serta kulit sekeliling vagina.

Gejala kutil kelamin antara lain:

  • Gatal pada bagian kelamin serta mengalami pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.
  • Adanya bintik-bintik kutil pada bagian kelamin.
  • Genital membengkak serta berwarna keabu-abuan.

 

Akibat kutil kelamin pada pria dan wanita

Kutil kelamin yang tidak mendapat penanganan akan menyebar dan bertambah banyak. Selain itu, berikut beberapa akibat kutil kelamin yang tidak segera diatasi, antara lain:

  • Menular pada orang lain. Kutil kelamin akan menular kepada orang lain melalui aktivitas hubungan seksual dan bersentuhan dengan organ reproduksi.
  • Membesar dan menyebabkan gatal. Kutil akan menyebabkan rasa gatal yang tentunya akan mengganggu aktivitas.
  • Mudah terinfeksi. Jika kutil kelamin telah membesar maka akan mudah terkena infeksi.
  • Tertular penyakit HIV. Penderita kutil kelamin akan rentan terkena penyakit HIV. Selain penyakit HIV, orang dengan kutil kelamin akan lebih mudah terinfeksi penyakit.

 
<<CARA UNTUK MENGATASI KUTIL KELAMIN, KLIK DAN KONSULTASI DENGAN DOKTER>>

Cara menghilangkan kutil kelamin

Penting untuk diketahui adalah mendeteksi kutil kelamin sejak dini, sehingga penderita dapat segera untuk menjalani tindakan perawatan pada tahap awal dan untuk mencegah masalah kesehatan lainnya yang akan muncul menjadi komplikasi penyakit ini.

Untuk mengastasi kutil kelamin harus berdasarkan gejala dan penyebab kutil kelamin itu sendiri, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, agar dokter mengetahui penyebab kutil kelamin Anda serta gejala yang dirasakan, dengan begitu dokter akan lebih mudah untuk mendiagnosis serta melakukan tindakan dan metode pengobatan untuk merontokkan kutil kelamin tersebut.

Kutil yang terdapat pada alat kelamin biasanya akan diangkat menggunakan laser, proses krioterapi (pembekuan) atau dapat dilakukan dengan pembedahan bius lokal. Pada pria yang tidak disunat, kekambuhan penyakit kutil kelamin dapat diatasi dengan melakukan tindakan sunat. Obat ampuh serta efektif untuk mengatasi kutil kelamin adalah dengan menjalani proses perawatan yang intensif dengan dokter ahli yang sudah berpengalaman.

Jangan menunda pemeriksaan serta penanganan apabila gejala sudah muncul dan Anda rasakan. Pengobatan yang dilakukan sejak dini akan membantu Anda menghindari berbagai masalah kesehatan, sebaliknya jika kutil kelamin sudah banyak dan bertumbuh pada area kelamin dan semakin parah, proses penyembuhan akan semakin lama dan tentu dengan biaya pengobatan yang akan semakin mahal juga.

 
SIMAK BAHAYA AKIBAT KUTIL KELAMIN* KLIK DISINI

Konsultasikan pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kulit kelamin terbaik di Jakarta, Indonesia. Memiliki dokter ahli profesional serta berpengalaman dibidang penyakit kulit kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi. Dokter di Klinik Utama Sentosa sudah banyak mengatasi penyakit kelamin dan berhasil disembuhkan, dengan langkah dan metode pengobatan terbaru serta modern, di dukung peralatan medis yang juga canggih, dengan biaya pengobatan yang relatif terjangkau, akan membantu Anda dengan cepat untuk terbebas dari kutil kelamin.

Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan dan perawatan medis intensif untuk mengatasi penyakit kelamin Anda. Anda dapat konsultasi terlebih dahulu dan dengan leluasa menyampaikan keluhan Anda. Anda tidak perlu malu untuk menyampaikan keadaan yang Anda alami. Klinik Utama Sentosa dengan lokasi yang strategis sehingga mudah di akses bagi Anda yang berada di dalam dan luar kota Jakarta. Mengutamakan kenyamanan selama menjalani proses pengobatan, kesehatan dan kesembuhan penyakit setiap pasien adalah prioritas bagi kami.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penyebab kutil kelamin dan cara untuk merontokkan kutil kelamin yang terjadi pada Anda, silahkan lakukan konsultasi langsung dengan dokter Klinik Utama Sentosa terlebih dahulu dengan menghubungi hotline kami di Nomor 0813 6665 7878.