Sen31Des201809:36

Penyebab Kutil Kelamin Pada Pria

Penyebab kutil kelamin baik pada pria maupun wanita yang utama adalah human papillomavirus (HPV). HPV umumnya memiliki lebih dari 120 jenis, namun hanya 30 hingga 40 jenis yang menular melalui kontak seksual. Dari beberapa jenis ini, kasus kutil kelamin biasanya disebabkan oleh virus HPV tipe 6 dan tipe11.

penyebab kutil kelamin
penyebab kutil kelamin


Virus penyebab kutil kelamin ini menular melalui kontak antar kulit maupun ketika berhubungan seksual. Seseorang akan rentan menderita kutil kelamin karena ditunjang oleh beberapa faktor, seperti aktif secara seksual sejak remaja, melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan, dan pernah memiliki riwayat seksual sebelumnya.

Apa Faktor Risiko Munculnya Kutil Kelamin?

Kutil kelamin merupakan salah satu indikasi adanya penyakit menular seksual dalam tubuh, seperti gonore dan klamidia. Munculnya kutil kelamin pada bagian tubuh biasanya berbentuk benjolan kecil yang berwarna sedikit gelap dari kulit asli. Penyebab kutil kelamin yang menyebar kepada orang lain adalah karena melakukan hubungan, baik secara vaginal, oral, maupun anal dengan penderitanya.
 
Tak hanya itu, penularan virus penyebab kutil kelamin bisa terjadi karena menggunakan alat bantu seks secara bergantian. Selain itu, dalam beberapa kasus seperti seorang ibu hamil yang menderita kutil kelamin dapat menurunkan penyakitnya ke bayi dalam kandungan. Namun tak perlu khawatir, karena virus ini tidak dapat menular melalui ciuman, berbagi handuk, dan penggunaan toilet duduk yang sama. Faktor risiko yang dapat menjadi penyebab kutil kelamin, antara lain:

• Kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Berhubungan seksual dengan sembarangan orang.
• Pernah mengalami kekerasan seksual saat kecil.

Penyebab kutil kelamin mudah menyerang seorang individu yang aktif secara seksual dan sering melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda. Risiko munculnya kutil kelamin akan lebih besar terjadi jika hubungan seks yang dilakukan tanpa pelindung atau kondom. Untuk itu, guna mengurangi penularan maka sebaiknya periksakan kondisi riwayat kesehatan seksual Anda dan pasangan.

Pencegahan Tepat Pada Masalah Kutil Kelamin

Pencegahan terbaik pada penyakit kutil kelamin adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual bersama orang yang tidak diketahui pasti riwayat seksualnya. Langkah pencegahan lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan pengaman atau kondom ketika berhubungan seksual. Meskipun tidak secara pasti efektif dalam mencegah munculnya kutil kelamin, pengaman atau kondom bisa mengurangi risiko penyebaran infeksi virus penyebab kutil kelamin.
 
Mencegah kutil kelamin bisa dengan rutin melakukan imunisasi vaksin HPV. Pemberian vaksin harus yang dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sebelum melakukan hubungan seksual. Vaksinasi pada pria maupun wanita biasanya dilakukan saat berusia 10 sampai 18 tahun. Pada usia ini, pemberian vaksinasi sangat dianjurkan karena dapat mengurangi risiko kutil kelamin hingga lebih dari 50 persen.

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Jika pencegahan sudah dilakukan namun tidak berpengaruh dan tetap mengakibatkan munculnya gejala kutil kelamin. Maka, penanganan yang tepat adalah berkonsultasi dengan dokter ahli. Anda dapat melakukan konsultasi di Klinik Utama Sentosa yang sudah menjadi klinik terpercaya di daerah Jakarta. Klinik ini merupakan salah satu klinik kesehatan terbaik yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin.

Melakukan perawatan penyakit di Klinik Utama Sentosa sangat menguntungkan karena layanan medis diberikan secara maksimal. Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Informasi mengenai penyakit kelamin lainnya juga bisa Anda tanyakan selama melakukan penanganan.