Sen20Mei201913:52

Penyebab Kutil Kelamin dan Cara Mengobatinya

 

Mengetahui penyebab kutil kelamin dapat membantu kita mencegah agar bahayanya tidak menular kepada pasangan. Kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang penyebab utamanya adalah Human Papilloma Virus (HPV). Penyakit ini dapat ditularkan melalui aktivitas berhubungan seksual baik seks oral, anal, ataupun vaginal. Masa inkubasi virus penyebab kutil kelamin ini cukup panjang, sehingga setelah virusnya menginfeksi, gejalanya bisa saja setelah beberapa tahun kemudian.



Gejala khas dari kutil kelamin ini adalah muculnya kutil yang ukurannya kecil pada awalnya. Lama kelamaan kutil tersebut akan bertambah besar dan bertambah pula jumlahnya. Tempat kutilnya tumbuh adalah di sekitar alat kelamin. Pada pria, kutil ini bisa tumbuh di sekitar penis, kantong zakar, maupun anus. Sedangkan pada wanita tak hanya bisa tumbuh di bagian vulva saja, namun lubang anus, labia, maupun leher rahim.

Penyebab dan Faktor Risiko Kutil Kelamin


Penyakit kutil kelamin disebabkan oleh adanya infeksi virus yang penularannya dilakukan melalui hubungan seksual. Selain karena virus, risiko seseorang terkena penyakit kutil kelamin juga dapat didukung oleh faktor berikut :

• Sering berganti pasangan seksual.
• Merokok.
• Sistem kekebalan tubuh lemah.
• Aktif berhubungan seksual sejak masih muda.
• Memiliki riwayat penyakit menular seksual.
• Berhubungan seksual dengan penderita kutil kelamin.

Mereka yang suka bergonta-ganti pasangan seksual tanpa menggunakan alat pengaman atau kondom memiliki risiko terkena penyakit kelamin yang tinggi.


Gejala Pada Penderita Kutil Kelamin


Setelah terinfeksi virus penyebab kutil kelamin, meskipun tidak dalam waktu dekat, biasanya penderita akan mengelami gejala-gejala yang salah satunya adalah munculnya kutil. Munculnya kutil biasanya di sekitar alat kelamin. Bentuk kutilnya terbagi menjadi 3 bentuk ada yang moluskum dengan bentuknya yang kecil dan rata. Selain itu ada juga yang berbentuk seperti daging tumbuh. Jika yang bentuk seperti ini muncul lama kelamaan akan bertambah dan berkumpul hingga bentuk kutilnya menyerupai jengger ayam ataupun kembang kol.

Awalnya kutil ini tidak sakit dan tidak gatal, namun jika jumlahnya bertambah banyak maka dapat menyebabkan rasa gatal. Selain itu, jika tidak segera dilakukan penanganan, maka kutil yang berkumpul tersebut dapat menutupi penis dan hampir tidak terlihat. Hal ini dapat membuat penis jadi kurang nyaman. Jika telah lama, kutil tersebut dapat menghitam, dan dapat memicu adanya penyakit kanker serviks pada wanita, dan kanker penis pada pria. Saat kutilnya mengalami luka, bakteri lain juga akan lebih mudah menginfeksi.

Cara Diagnosis Penyakit Kutil Kelamin


Untuk mengetahui gejala yang Anda alami merupakan tanda penyakit kutil kelamin atau tidak, anda dapat memeriksakannya ke dokter untuk didiagnosis. Cara mendiagnosis kutil kelamin dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan fisik. Baru setelahnya dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengindentifikasi penyebab kutil kelaminnya. Baru setelah itu dapat diambil langkah penanganan yang tepat dan aman. Untuk mendiagnosis penyebab kutil kelamin, Anda dapat melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Sentosa.


Mengobati Penyebab Kutil Kelamin

Kutil kelamin ini jika tidak segera diatasi dapat membuat oragan lain mulai terganggu fungsinya, terutama alat kelamin. Terutama jika sudah parah, maka dapat muncul darah saat kencing. Belum lagi bisa menular ke pasangan Anda. Untuk mengatasi penyebab kutil kelamin ini dapat dilakukan dengan menggunakan obat antivirus.

Sayang obat antivirus tidak dapat mengatasi bentuk fisik kutilnya. Salah satu cara untuk menghilangkan kutilnya adalah dengan menggunakan teknologi laser. Jika Anda ingin melakukan pengobatan untuk kutil kelamin serta perawatannya, datang saja langsung ke klinik kami. Untuk berkonsultasi dapat dilakukan dengan melalui layanan hotline kami di 081366657878.