Sen27Mei201915:46

Penyebab Kondiloma Akuminata Adalah

Human papilloma virus (HPV) adalah penyebab kondiloma akuminata atau yang dikenal dengan kutil kelamin. ada lebih dari 40 jenis HPV yang berbeda yang secara spesifik mempengaruhi area genital. HPV genital menyebar melalui kontak seksual.
Penyebab Kondiloma Akuminata Adalah
Penyebab Kondiloma Akuminata Adalah
Faktor risiko yang mempengaruhi seseorang terinfeksi virus penyebab kondiloma akuminata dalah hampir semua orang yang aktif secara seksual akan terinfeksi setidaknya satu jenis HPV di beberapa titik selama hidupnya. Faktor lain yang akan meningkatkan risiko, antara lain:

1. Melakukan hubungan seksual tanpa kondom.
2. Hubungan seksual yang tidak sehat.
3. Memiliki pasangan seksual lebih dari satu.
4. Melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.
5. Menjadi aktif secara seksual pada usia muda.



Apa itu kondiloma akuminata dan apa saja gejalanya?

Kondiloma akuminata atau kutil kelamin adalah jenis infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Kutil kelamin mempengaruhi jaringan yang lembab area genital. Kutil kelamin terlihat seperti benjolan kecil berwarna daging atau memiliki penampilan seperti kembang kol. Dalam beberapa kasus, kutil terlalu kecil untuk dapat dilihat.

Penyebab kondiloma akuminata adalah infeksi virus Human papilloma virus (HPV), beberapa jenis HPV genital dapat menyebabkan kutil kelamin, sementara yang lain dapat menyebabkan kanker. Vaksin dapat mencegah dan membantu melindungi terhadap jenis HPV genital tertentu, termasuk melindungi dari virus penyebab kondiloma akuminata atau kutil kelamin.

Pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada vulva, dinding vagina, area antara organ kelamin eksternal dan anus, saluran anal, dan leher rahim. Sementara pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh pada ujung atau batang penis, skrotum, atau anus. Kutil kelamin juga dapat berkembang di mulut atau tenggorokan jika melakukan kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi.

Tanda-tanda dan gejala munculnya kutil kelamin, yaitu:

• Pembengkakan kecil berwarna daging atau abu-abu di area alat kelamin.
• Beberapa kutil saling berdekatan sehingga berbentuk seperti kembang kol.
• Terasa gatal atau tidak nyaman di alat kelamin.
• Pendarahan ketika berhubungan intim.

Kutil kelamin mungkin sangat kecil dan datar sehingga tidak dapat terlihat dengan kasat mata. Namun terkadang, kutil kelamin dapat berkembang menjadi kelompok besar. Sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan jika Anda atau pasangan mengalami benjolan yang tidak biasa pada alat kelamin.

Baca Juga: Apa Kondiloma akuminata adalah infeksi kelamin?

Pengobatan kondiloma yang aman

Jangan mencoba untuk mengobati kutil kelamin dengan penghilang kutil kelamin yang dijual bebas, sebab obat-obatan ini tidak dimaksudkan untuk digunakan pada area lembab di area alat kelamin. Penting untuk Anda ketahui bahwa menggunakan obat-obatan yang dijual bebas justru dapat menyebabkan kutil lebih sulit untuk diatasi, rasa sakit dan iritasi.

Sebaiknya untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan metode pengobatan kutil kelamin yang tepat bagi Anda. Dokter dapat membantu membersihkan wabah dengan obat-obatan atau pembedahan.



Kutil kelamin? konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan perawatan intensif menyembuhkan penyakit kelamin, pastikan Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin terlatih profesional. Konsumsi obat yang dijual bebas tidak akan menyelesaikan masalah Anda.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dengan berfokus pada virus penyebab kondiloma akuminata dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab kondiloma akuminata, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.