Kam02Mei201915:47

Penyebab dan Pengobatan Kutil Kelamin

Penyebab kutil kelamin adalah infeksi Human papilloma virus (HPV), sekelompok virus yang juga terkait dengan jenis kanker tertentu. Vaksin HPV saat ini tersedia yang dapat melindungi terhadapa beberapa jenis HPV, termasuk yang paling mungkin menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks.
Penyebab dan Pengobatan Kutil Kelamin
Penyebab dan Pengobatan Kutil Kelamin
Kutil kelamin ditularkan melalui kontak kulit dengan seseorang yang terinfeksi HPV. Paling umum terjadi melalui kontak seksual vaginal atau anal. Namun, penting untuk Anda ketahui tidak perlu melakukan seks penetrasi untuk menularkan infeksi.

Penggunaan kondom yang tepat, baik dan benar mampu mengurangi tertular virus penyebab kutil kelamin, namun tidak untuk menghilangkan risiko terkena atau menyebarkan HPV, sebab kontak kulit ke kulit dapat terjadi disekitar kondom.



Gejala kutil kelamin

Banyak infeksi Human papilloma virus tidak terlihat dan tidak memiliki gejala. Jika mengalami gejala, termasuk:

• Kutil atau benjolan di vagina, penis, skrotum, anus, uretra, dan paha.
• Kutil kelamin lunak saat disentuh dan mungkin gatal.
• Beberapa kutil menyakitkan dan beberapa tidak.
• Kutil dapat tumbuh tunggal atau menungkin berkelompok.
• Kutil dapat muncul pada tenggorokan (jarang terjadi).
• Jika kutil tidak diobati dapat tumbuh menyebabkan ketidaknyamanan.

Sebaiknya segera temui dokter jika Anda merasa mengalami gejala kutil kelamin terutama bagi Anda yang berisiko tinggi terinfeksi penyakit menular seksual, bahkan jika Anda tidak mengalami gejalanya untuk segera mendapatkan pengobatan sejak dini sehingga virus penyebab kutil kelamin atau penyakit menular seksualnya diatasi sebelum berkembang dalam tubuh.

Kutil kelamin yang terdeteksi sejak dini akan membantu mempercepat proses penyembuhan, mencegah kutil kelamin berkembang dan mencegah penyebaran kutil kelamin. Selain itu, akan membantu biaya pengobatan Anda.

Baca Juga: Gejala kutil kelamin secara umum! klik disini

Bagaimana cara mengobati kutil kelamin?

Perawatan kutil kelamin tergantung pada ukuran dan jumlah kutil serta dimana kutil tersebut tumbuh. Tujuan pengobatan adalah membasmi virus penyebab kutil kelamin, dan sebaiknya untuk tidak sembarangan melakukan pengobatan dan mengoleskan krim pada kutil di area alat kelamin tanpa anjuran dokter.

Jangan menggunakan obat kutil yang Anda beli sembarangan, bisa saja obat itu diformulasikan khusus untuk mengobati kutil yang ditemukan pada tangan atau bagian tubuh lain, bukan untuk kutil kelamin.

Bicaralah dengan dokter untuk diagnosis dan menentukan metode perawatan yang aman bagi Anda dan untuk membasmi virus penyebab kutil kelamin. Untuk mendukung pengobatan yang dilakukan oleh dokter, yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan menghindari penyebab kutil kelamin dan melakukan hubungan seksual yang aman.



Tumbuh kutil di alat kelamin? konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan metode pengobatan yang efektif mengatasi kutil kelamin, pastikan Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin. Dapatkan pengobatan yang aman hingga tuntas dengan mengunjungi Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang akan membantu mengatasi penyakit kelamin dan memberikan perawatan medis yang aman. Memiliki dokter ahli kelamin profesional yang khusus menangani penyakit menular seksual, Andrologi, dan Ginekologi. Sehingga Anda tidak perlu malu dengan kondisi Anda, sebab dokter sudah terbiasa mengatasi penyakit kelamin.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab kutil kelamin dan cara mengobatinya, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.