Sen01Jul201910:07

Penyebab dan Gejala Kutil Kelamin

Penyebab kutil kelamin adalah infeksi Human papilloma virus (HPV) yang ditularkan melalui kontak seksual dan risiko infeksi akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah pasangan seksual.
Penyebab Dan Gejala Kutil Kelamin
Penyebab Dan Gejala Kutil Kelamin
Ada lebih dari 100 jenis HPV yang secara spesifik dapat mempengaruhi alat kelamin. dari jumlah ini, lebih dari 40 jenis dapat menginfeksi saluran genital dan anus pria dan wanita yang menyebabkan lesi genital yang dikenal sebagai kutil kelamin atau Condyloma acuminata.

Subkelompok HPV yang menginfeksi saluran anogenital dapat menyebabkan perubahan prakanker pada serviks uterus dan kanker serviks. Infeksi HPV juga dikaitkan dengan perkembangan kanker anogenital yang lainnya.

HPV-6 dan HPV-11 adalah virus yang paling sering dikaitkan dengan penyebab kutil kelamin, lesi lunak. Sebaliknya, HPV-16 dan HPV-18 adalah jenis umum ditemukan pada kanker serviks. Jenis HPV lain menginfeksi kulit dan menyebabkan kutil pada tubuh.

Virus penyebab kutil kelamin dapat dikontrak oleh siapa saja yang aktif secara seksual, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko kutil kelamin seperti, sek vaginal tanpa pelindung, pasangan seksual lebih dari satu, dan penyakit menular seksual (PMS) sebelumnya.



Gejala dan diagnosis kutil kelamin

Kutil kelamin mempengaruhi jaringan yang lembab area genital. Mereka muncul sebagai benjolan kecil berwarna sama dengan daging atau sekelompok benjolan di area alat kelamin. kutil kelamin dapat muncul bervariasi dalam ukuran yang berbeda dan terkadang muncul berbentuk menyerupai kembang kol.

Pada wanita, kutil kelamin paling umum terjadi pada labia dan dekat dengan pembukaan vagina. Sementara pada pria, paling umum tumbuh pada ujung penis namun dapat tumbuh disepanjang batang penis. Baik pria maupun wanita dapat mengembangkan kutil sekitar anus. Seks anal tidak diperlukan untuk terjadi. Pria dan wanita juga dapat mengembangkan kutil pada mulut atau tenggorokan yang berhubungan dengan seks oral.

Gejala kutil kelamin lainnya berhubungan dengan gatal, terbakar, keputihan, pendarahan, atau nyeri tekan. Jika kutil kelamin membesar, kutil kelamin bisa sangat tidak nyaman, dan bahkan terasa sangat menyakitkan. Jika Anda melihat pertumbuhan berdaging yang tidak biasa pada alat kelamin, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Baca Juga: Efek Kutil Kelamin Jika Tidak Segera Ditangani!

Ada beberapa opsi yang tersedia untuk perawatan kutil kelamin, dan pada sebagian orang memerlukan lebih dari satu jenis perawatan untuk menghilangkannya. Bicara dengan dokter tentang apa yang terbaik untuk mengatasi kutil kelamin adalah langkah pertama yang paling tepat untuk Anda lakukan.

Jenis perawatan dan tindakan untuk mengatasi kutil kelamin yang direkomendasikan tergantung pada beberapa kondisi, seperti ukuran kutil, berapa banyak kutil, dan dimana letak pertumbuhan kutil. Dan perawatan bagi wanita hamil yang terinfeksi memerlukan tindakan yang berbeda.

Jika kutil kelamin dibiarkan tanpa pengobatan, virus penyebab kutil kelamin akan terus berkembang dalam tubuh. Kutil kelamin berkembang dengan cepat dan dapat bertambah banyak. Menutupi lubang alat kelamin atau anus. Kutil kelamin yang dibiarkan tanpa perawatan akan semakin sulit dihilangkan, selain menyebabkan efek juga akan mempengaruhi waktu dan biaya pengobatan yang semakin mahal.



Kutil kelamin? Kunjungi Klinik Utama Sentosa sekarang juga

Penyebab kutil kelamin adalah infeksi virus yang terus berkembang dan semakin sulit diatasi jika Anda tidak mengatasinya sejak dini. Kami, Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit kelamin, termasuk kutil kelamin. kami hadir dengan metode perawatan terbaru yang Anda butuhkan. Memberikan perawatan medis prima yang berkualitas dimana Anda ditangani langsung oleh ahlinya yang sudah banyak mengatasi kutil kelamin.

Di dukung peralatan medis canggih dengan laboratorium steril yang mendukung berjalannya proses perawatan, pelayanan medis berkualitas hingga tuntas dengan biaya terjangkau. Kami juga menyediakan layanan konsultasi online gratis 24 gratis, konsultasilah dengan dokter mengenai penyebab kutil kelamin, dan pertanyaan lainnya mengenai penyakit kelamin silahkan klik website kami, atau hubungi kami di 081366657878.