Rab03Jul201910:44

Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria

Kutil kelamin pada pria adalah pertumbuhan berdaging kecil, benjolan atau perubahan kulit yang muncul pada atau sekitar organ kelamin atau anal. Kutil kelamin sangat umum, dan ini adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) kedua setelah klamidia.
Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria
Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria
Kutil kelamin mempengaruhi pria dan wanita yang aktif secara seksual hasil dari infeksi virus yang disebabkan Human papilloma virus (HPV). Kutil kelamin umumnya tidak sakit, namun dapat menyebabkan gatal, tidak menyenangkan untuk dilihat dan menyebabkan tekanan psikologis.

Kutil kelamin dapat menyebar selama hubungan seksual vaginal atau anal, dan dengan berbagi mainan seks. Namun Anda tidak perlu melakukan hubungan seksual penetrasi untuk menularkan infeksi karena virus penyebab kutil kelamin dapat menyebar melalui kontak kulit ke kulit.

Kebanyakan orang dengan infeksi HPV tidak mengembangkan kutil yang terlihat. Jika kutil kelamin muncul, mungkin beberapa minggu, atau bulan setelah paparan pertama kali bersentuhan dengan virus. Kutil dapat tumbuh besar atau kecil, dan tunggal atau berkelompok multipel yang tumbuh bersama membentuk semacam penampilan kembang kol.



Gejala dan diagnosis kutil kelamin pada pria

Meskipun kutil kelamin pada umumnya tidak menyakitkan, kutil kelamin dapat menjadi meradang atau gatal dan mungkin berdarah. Anda mungkin melihat darah di urin jika memiliki kutil di urethra yang mulai berdarah. Kutil kelamin pada pria pada umumnya tumbuh pada penis (dibawah kulit khatan atau di poros), skrotum, uretra, dan di dalam atau luar anus.

Jika Anda melihat pertumbuhan berdaging yang tidak biasa pada area kelamin, atau Anda merasa memiliki kutil kelamin, segera lakukan pemeriksaan ke dokter ahli kelamin untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan seksual Anda.

Kutil kelamin umumnya didiagnosis dengan memeriksa secara internal, melihat pertumbuhan kutil kelamin. Terkadang, dengan mengambil sampel kecil jaringan (biopsi) dari kutil kelamin untuk mengkonfirmasi diagnosis.

baca juga: bahaya kutil kelamin pada pria!

Ada banyak cara untuk mengatasi kutil kelamin, jenis dan opsi perawatan tergantung pada ukuran kutil, letak pertumbuhan kutil dan berapa banyak kutil yang tumbuh. Dan preferensi pribadi Anda dari jenis perawatan yang Anda sukai, tentu saja. Kemungkinan Anda memerlukan lebih dari satu perawatan untuk menghilangkan kutil kelamin karena bisa saja sulit untuk dihilangkan, atau mungkin kutil yang berulang.

Penting bagi Anda untuk tidak melakukan perawatan apapun untuk menghilangkan kutil kelamin dengan obat bebas. Ini tidak cocok untuk mengobati kutil kelamin, dan dapat menyebabkan atau merusak jaringan sensitif pada alat kelamin, juga menyebakan iritasi yang menyebabkan kutil kelamin semakin sulit diatasi.

Perawatan dini terhadap kutil kelamin pada pria dapat membantu mempercepat proses penyembuhan, mencegah perkembangan virus serta mencegah pertumbuhan kutil kelamin. Konsultasilah dengan dokter untuk menentukan metode pengobatan yang tepat dan aman.



Kutil kelamin? konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekolgi, termasuk kutil kelamin pada pria dan wanita. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk mengatasi penyakit kelamin, dan hingga kini sudah banyak yang puas dengan pelayanan yang kami berikan, dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli terlatih yang sudah lama berpengalaman bidang penyakit kelamin.

Klinik Utama Sentosa memberikan perawatan medis prima yang akurat dan berkualitas dan terarah, didukung peralatan medis canggih, laboratorium yang steril, dengan biaya terjangkau hingga tuntas. Kami juga menyediakan layanan konsultasi online gratis 24 jam untuk memudahkan Anda konsultasi, untuk informasi dan pertanyaan mengenai kutil kelamin pada pria atau wanita atau penyakit kelamin lainnya, silahkan klik websiet kami, atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878 sekarang juga!