Sen04Mar201914:07

Penyakit Kelamin Wanita Jengger Ayam, Apa Penyebabnya?

Penyakit kelamin wanita jengger ayam atau biasa disebut kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Penyakit ini sangat mudah menular pada orang lain melalui kontak seksual. Penyakit kelamin wanita jengger ayam dapat muncul secara tunggal maupun berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Gejala yang akan dirasakan, dapat berupa gatal dan perih di sekitar jengger ayam atau kutil kelamin.
penyakit kelamin wanita jengger ayam
penyakit kelamin wanita jengger ayam

Apa Faktor Pemicu Munculnya Penyakit Jengger Ayam?

Sebagian besar kasus penyakit kelamin wanita jengger ayam terjadi karena adanya infeksi virus HPV tipe 6 dan tipe 11. Kutil kelamin dapat menyebar melalui kontak fisik pada hubungan seksual. Selain itu, penyakit kelamin wanita jengger ayam juga bisa menular kepada orang lain karena melakukan kontak kulit ke kulit. Berbagai akvitas seksual yang mengakibatkan penyebaran kutil kelamin, seperti seks vaginal, anal, dan juga oral.



Dalam beberapa kasus, penyakit juga bisa menular karena tangan menyentuh langsung area genital yang terinfeksi. Pada wanita hamil, penyakit kutil kelamin mudah menular pada bayi dalam kandungan ketika proses persalinan normal dilakukan. Beberapa faktor risiko lain yang memicu infeksi penyakit kelamin wanita jengger ayam, adalah sebagai berikut:

• Sedang menderita penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.
• Mengalami stres sehingga menyebabkan keluarnya keringat berlebih.
• Memiliki sistem imun yang lemah, seperti penderita penyakit HIV/AIDS.
• Melakukan hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom.
• Memiliki riwayat infeksi menular seksual sebelumnya.
• Berhubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksnya.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.


Bagaimana Penanganan Terhadap Penyakit Jengger Ayam?

Penyakit kelamin wanita jengger ayam ditangani dengan perawatan yang berbeda-beda tergantung tingkat keparahannya. Penanganan penyakit kutil kelamin atau jengger ayam ini hanya dapat dilakukan setelah berkonsultasi serta memeriksakan kondisi kesehatan bersama dokter. Jika pemeriksaan sudah dilakukan, beberapa pilihan pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit kutil kelamin, antara lain:


• Obat oles

Obat kutil kelamin terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti krim, gel, hingga cairan. Obat ini biasanya dapat dioleskan sendiri di rumah tanpa butuh bantuan tenaga medis. Krim yang digunakan mampu meningkatkan kemampuan sistem imun, menghancurkan jaringan kutil, dan membekukan kutil dengan protein secara kimia.


• Tindak operasi

Penanganan kutil kelamin dengan tindak operasi biasanya dilakukan jika penderita tidak merespon obat yang diberikan. Operasi ini juga dianjurkan bagi wanita hamil yang menghindari penggunaan obat karena dapat mempengaruhi janin. Beberapa pilihan tindak operasi yang disarankan dokter adalah krioterapi, elektrokauter, eksisi bedah, dan juga bedah laser.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap penyakit kelamin wanita jengger ayam dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Anda dapat melakukan pemeriksaan rutin hingga perawatan karena klinik ini didukung oleh dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis yang canggih serta modern.

Lakukan konsultasi segera dengan menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya bisa Anda dapatkan ketika berkonsultasi. Konsultasi juga berguna untuk mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Segera lakukan perawatan bersama Klinik Utama Sentosa sebelum infeksi menyebar dan memperparah kondisi kesehatan tubuh.