Rab06Mar201911:38

Penyakit Jengger Ayam Wanita dan Penanganannya

Penyakit jengger ayam wanita atau kutil kelamin merupakan salah satu bentuk infeksi virus HPV. Human papillomavirus atau HPV menyebabkan tumbuhnya kutil secara tunggal maupun berkelompok hingga menyerupai kembang kol. Sebagian besar kutil kelamin muncul dengan gejala yang kurang jelas sehingga penderitanya tidak menyadari jika telah terinfeksi. Virus penyebab penyakit jengger ayam wanita dapat ditularkan melalui kontak langsung saat berhubungan seksual.
penyakit jengger ayam
penyakit jengger ayam

Gejala Umum dari Penyakit Jengger Ayam

Gejala yang akan muncul dari penyakit jengger ayam adalah berbentuk benjolan daging kecil berwarna merah yang tumbuh secara bergerombol. Kutil ini berukuran kecil dan kadang sulit terlihat dengan kasat mata. Gejala lain yang akan dirasakan penderitanya, yakni berupa gatal serta rasa tidak nyaman di area kelamin, sensasi seperti terbakar, dan nyeri hingga pendarahan ketika berhubungan seksual.
 


Gejala penyakit jengger ayam akan muncul di tempat yang berbeda antara pria dan wanita. Pada pria, kutil kelamin akan muncul di sejumlah area, seperti batang atau ujung kemaluan, kantung buang zakar, area selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau di dalam anus. Sementara, gejala penyakit jengger ayam pada wanita akan tumbuh di dinding organ kelamin, vulva, daerah antara organ kelamin dan anus, di dalam kemaluan atau dalam anus, dan leher rahim.
 
Wanita yang terkena penyakit jengger ayam dapat menyebabkan masalah serius, terutama jika terjadi saat masa kehamilan. Kutil yang semakin membesar akan mempersulit wanita hamil untuk buang air kecil. Selain itu, kutil pada dinding organ kelamin juga dapat mengurangi kemampuan jaringan untuk meregang ketika persalinan dilakukan. Kutil yang tumbuh pada vulva atau di organ kelamin akan mengakibatkan pendarahan saat proses mengejan.


Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan

Gejala jengger ayam atau kutil kelamin membutuhkan penanganan segera sebelum menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Penanganan terhadap penyakit kutil kelamin akan bergantung pada tingkat keparahan penyakit. Jika penderita merasakan gatal, nyeri, dan sensasi terbakar maka dokter dapat meresepkan obat dalam bentuk krim atau salep. Beberapa tindak perawatan lain yang dilakukan untuk mengatasi kutil kelamin, antara lain:
• Eksisi
 
Metode eksisi dilakukan untuk menghilangkan kutil dengan memotongnya menggunakan pisau bedah. Prosedur ini umumnya menimbulkan efek samping, berupa nyeri yang timbul saat bedah.


• Elektrokauter

Elektrokauter atau bedah listrik merupakan metode bedah untuk membuang jaringan abnormal, seperti kutil kelamin. Metode ini dilakukan dengan menggunakan listrik dan bisa juga menghentikan pendarahan setelah operasi.


• Krioterapi

Kutil pada kelamin dapat dihilangkan dengan menggunakan metode krioterapi. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat Celsius. Metode kerioterapi cukup efektif untuk menghilangkan kutil yang berukuran kecil.


• Bedah laser

Bedah laser umumnya digunakan sebagai cara terakhir untuk mengangkat kutil kelamin jika sulit dihilangkan dengan metode lain. Laser berguna untuk menghancurkan pembuluh darah di dalam kutil sehingga mudah diangkat.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyakit jengger ayam wanita bisa ditangani dengan melakukan perawatan medis di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik serta maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan dan kenyamanan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.