Sen01Apr201914:02

Penularan HPV dan Pengobatan Penyakitnya

Penularan HPV terjadi akibat bersentuhan langsung antara kulit ke kulit dengan penderitanya. HPV atau human papillomavirus merupakan virus yang umumnya menyebabkan penyakit kutil kelamin. Infeksi HPV cenderung ridak menimbulkan gejala sehingga penyakit telah diderita tanpa menyadarinya. Penyakit kutil kelamin yang sudah sampai tahap menimbukan gejala, maka berpotensi memunculkan komplikasi serius.
penularan HPV
penularan HPV

Penularan Penyakit Kutil Kelamin dan Penyebabnya

Umumnya, penularan HPV terjadi karena melakukan kontak seksual dengan penderitanya. Namun, terdapat beberapa cara penularan HPV, yakni kontak langsung dengan kulit kelamin yang terinfeksi, membran mukosa, pertukaran cairan tubuh, serta seks oral atau anal dengan orang yang terkena infeksi. Meski penularan HPV terjadi dengan mudah, gejala penyakit terkadang sulit dideteksi karena penderitanya tidak merasakan apapun.
 


Penyebab utama penyakit kutil kelamin adalah HPV tipe 6 dan tipe 11. Selain itu, terdapat sejumlah risiko yang dapat meningkatkan seseoarang terkena infeksi kutil kelamin, seperti sering bergonta ganti pasangan, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, tidak menjaga kebersihan dengan baik, berbagi penggunaan peralatan pribadi, dan terdapatnya kulit rusak atau luka terbuka. Seseorang yang berusia 17 hingga 33 tahun dengan status seksual yang aktif juga berpotensi besar untuk terinfeksi kutil kelamin.


Penanganan Terbaik Pada Penyakit Kutil Kelamin

Metode penanganan terhadap penularan HPV bisa Anda pilih, yakni dengan menggunakan obat atau prosedur operasi. Penanganan penyakit kutil kelamin harus segera dilakukan dengan menggunakan obat resep dari dokter. Obat yang biasa digunakan adalah obat oles dan biasanya membutuhkan waktu cukup lama untuk menghilangkan kutil. Karena itu, biasanya dokter akan menyarankan beberapa tindak operasi dalam menangani kutil kelamin, yakni sebagai berikut:
 

• Metode krioterapi

Prosedur krioterapi dilakukan dengan cara membekukan kutil menggunakan nitrogen cair. Untuk kutil yang berukuran kecil, krioterapi cukup dilakukan sekali. Namun, jika sudah bergerombol dan besar maka dilakukan secara berulang hingga kutil hilang dan diganti dengan kulit baru.
 

• Elektrokauter

Prosedur penanganan kutil kelamin ini dilakukan dengan menggunakan arus listrik guna membakar kutil. Metode ini sangat efektif untuk menghilangkan kutil yang sulit dijangkau, seperti muncul pada bagian vulva dan anus.
 

• Eksisi bedah

Biasanya, dokter membutuhkan alat khusus untuk memotong atau menghilangkan kutil. Penderita memerlukan anestesi lokal atau umum karena dokter akan menjahit luka pada kulit yang terinfeksi virus HPV.


• Bedah laser

Prosedur penyembuhan kutil kelamin satu ini menggunakan energi laser untuk membakar. Laser digunakan untuk menghilangkan kutil yang berukuran besar serta sulit dijangkau, seperti di dalam anus dan saluran kencing atau uretra.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk mencegah penularan HPV, Anda bisa segera melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.