Rab02Jan201909:39

Pencegahan Pada Bahaya Kutil Kelamin

Bahaya kutil kelamin dapat muncul jika penanganan tidak dilakukan dengan tepat. Kutil kelamin umumnya adalah pertanda penyakit menular seksual dalam tubuh. Munculnya kutil kelamin ditandai dengan benjolan kecil bertekstur lembut dan berada di daerah organ kelamin. Penyebab utama dari penyakit ini, yaitu human papilloma virus atau HPV. Kutil kelamin yang tumbuh pada bagian tubuh sulit dideteksi, namun bisa menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, dan gatal.

bahaya kutil kelamin
bahaya kutil kelamin

Komplikasi Akibat Penyakit Kutil Kelamin

Seseorang yang memiliki kondisi fisik tertentu sangat rentan terkena kutil kelamin. Beberapa kondisi yang menyebabkan munculnya kutil pada kelamin, seperti penderita diabetes mellitus, mengalami stress, dan memiliki sistem imun yang menurun. Penyebaran kutil kelamin paling mudah terjadi karena melakukan kontak seksual, baik secara anal, vaginal, serta oral. Namun, umumnya kutil tidak dapar menular melalui ciuman, berbagi peralatan makan, dan berpelukan.
 
Untuk itu, jika gejala penyakit sudah mulai terasa segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Hal ini berguna dalam mencegah bahaya atau komplikasi serius akibat kutil kelamin. Beberapa komplikasi atau bahaya kutil kelamin, antara lain:


• Kanker serviks

Bahaya kutil kelamin berkaitan erat dengan kanker serviks. Infeksi pada genital yang menyebabkan penyakit kutil kelamin juga sering dihubungkan dengan beberapa jenis kanker. Bahaya kutil kelamin akan mengakibatkan tumbuhnya berbagai kanker, yaitu kanker vulva, kanker anus, kanker tenggorokan, serta kanker mulut.


• Infeksi saat kehamilan

Infeksi pada masa kehamilan juga menjadi bahaya kutil kelamin yang tidak segera ditangani. Kutil kelamin pada ibu hamil yang semakin membesar dapat mengakibatkan kesulitan saat buang air kecil. Selain itu, kutil yang tumbuh pada dinding organ kelamin akan mengurangi kemampuan jaringan di sekitarnya untuk meregang saat proses persalinan.

Apa Pencegahan Terhadap Bahaya Kutil Kelamin?

Sebagian orang memutuskan untuk menghilangkan kutil dengan tindak operasi. Padahal, bahaya kutil kelamin bisa diatasi dengan melakukan penanganan secara tepat dan diikuti beberapa bentuk pencegahan. Cara terbaik untuk menangani munculnya kutil kelamin adalah sebagai berikut:


• Gunakan pelindung

Pencegahan pada penyakit kutil kelamin dapat Anda mulai dengan selalu menggunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual. Kondom bisa membantu mengurangi risiko penularan virus penyebab kutil kelamin.


• Memiliki satu pasangan seksual

Cara mudah untuk mencegah terjangkit virus yang menyebabkan kutil kelamin, yakni dengan memiliki satu pasangan seksual. Anda dan pasangan juga perlu membicarakan mengenai riwayat seksual yang dimiliki. Hal ini berguna untuk menghindari penularan kutil kelamin melalui hubungan seksual.
 

• Lakukan vaksinasi HPV

Metode yang dapat melindungi Anda dari kutil kelamin adalah melakukan imunisasi HPV. Vaksin HPV dapat diberikan sebanyak 2 hingga 3 kali kepada seseorang yang aktif secara seksual. Pemberian vaksin dianjurkan pada seseorang yang berusia 10 hingga 18 tahun. Vaksinasi ini sudah terbukti dapat mengurangi risiko kutil kelamin hingga lebih dari 50 persen.
 

Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penularan kutil kelamin kepada organ lain dapat dihindari dengan melakukan perawatan bersama Klinik Utama Sentosa. Melakukan penanganan penyakit kulit dan kelamin, terutama kutil kelamin di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik. Hal ini dikarenakan Klinik Utama Sentosa dilengkapi dengan peralatan medis canggih serta modern dan mengikuti kemajuan teknologi.
 
Klinik ini juga didukung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya sehingga proses penyembuhan berlangsung cepat. Dengan biaya perawatan dan lokasi yang strategis menjadikan Klinik Utama Sentosa sebagai pilihan banyak orang dalam menangani masalah Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Kelamin. Segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.