Min20Jan201909:23

Pencegahan Kondiloma Akuminata

 

Kondiloma akuminta atau kutil kelamin memiliki gejala yang cukup terlihat dan penyakit ini dapat menular dengan sekali melakukan hubungan seksual dengan penderita kondiloma. Pencegahan kondiloma akuminata sebaiknya dilakukan agar komplikasi dapat dihindari pada penderita.

pencegahan kondiloma akuminata
pencegahan kondiloma akuminata

Kutil kelamin atau nama lain kondiloma akuminata adalah kutil yang tumbuh di dalam atau sekeliling vagina, penis, dan dubur, yang ditularkan melalui aktivitas hubungan seksual. Kondiloma akuminata adalah vegetasi oleh Human Papilloma Virus (HPV) tipe tertentu, bertangkai, dan permukaan berjonjot. Tipe HPV tertentu memiliki potensi orgenik yang cukup tinggi, yaitu tipe 16 dan 18 merupakan tipe yang paling sering menyebabkan kanker serviks. Sedangkan tipe 6 dan 11 yang sering dijumpai pada penyakit kondiloma akuminata dan neoplasia intraepiteal serviks ringan.

Penyebab kondiloma akuminata atau kutil kelamin ini adalah virus papilloma. Pada anita, virus tipe 16 dan 18 yang menyerang leher rahim tetapi tidak menyebabkan kutil pada alat kelamin area luar dan dapat menyebabkan kanker leher rahim, atau kanker vagina, dubur, vulva, penis, mulut, dan tenggorokan. Karena adanya aktivitas hubungan seksual dengan seorang yang telah terjangkit virus. Seseorang rentan untuk tertular kutil kelamin yang biasanya dapat ditunjang beberapa faktor risiko. Tindakan pencegahan kondiloma akuminata atau kutil kelamin dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  • Jika Anda atau pasangan mencurigai mengalami kutil kelamin sebaiknya untuk menghindari hubungan seksual, dan menggunakan pengaman. Jika ragu, sebaiknya hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan, agar tindakan penanganan dilakukan jika terinfeksi.
  • Hindari mencukur area intim.
  • Dapatkan vaksinasi, vaksin dapat mencegah kondiloma akuminata.
  • Tidak melakukan hubungan seksual yang bebas.

 
<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Gejala kondiloma akuminata

  1. Rasa nyeri, timbulnya rasa nyeri di daerah sekitar alat kelamin dapat menjadi salah satu gejala munculnya kutil kelamin. Pada umunya rasa nyeri pada area kelamin di ikuti dengan rasa gatal pada kelamin. Pada walnya rasa nyeri begitu ringan namun lama kelamaan dapat berubah menjadi rasa sakit yang sangat hebat ketika aktivitas hubungan seksual.
  2. Keputihan abnormal atau berlebihan, secara garis besar keputihan merupakan hal yang normal dialami wanita, keputihan biasanya akan muncul ketika menjelang menstruasi dan setelahnya. Namun jika keputihan banyak dan berbau dapat dipastikan bahwa hal ini merupakan keputihan abnormal. Hal ini merupakan salah satu gejala munculnya kutil kelamin.
  3. Rasa terbakar pada alat kelamin, salah satu gejala kutil kelamin.

Pengobatan kondiloma akuminta

Jika sudah melakukan pencegahan kondiloma akuminata namun masih mengalami kondisi ini. Sebaiknya untuk melakukan tindakan pengobatan yang tepat. Untuk membasmi kutil kelamin yang disebakan oleh virus ini tidak sama dengan melakukan pengobatan biasa, orang dengan infeksi kutil kelamin tidak boleh membiarkan virus ini berkembang semakin lama di dalam tubuh. Maka jika Anda telah merasakan gejala pengobatan sejak dini penting untuk proses penyembuhan yang lebih cepat, selain itu akan menghemat biaya pengobatan. Pengobatan medis intensif akan lebih efektif untuk menghilangkan kutil.

Tidak disarankan melakukan pengobatan sembarangan tanpa pengawasan dari dokter ahli kelamin. Dan sebaiknya tidak konsumsi obat tanpa resep dokter, mengingat saat ini banyak obat yang beredar untuk mengatasi kutil dan mudah didapat dengan harga yang murah, padahal khasiatnya belum tentu ampuh atau mungkin dapat memperparah penyakit jika dosisnya tidak tepat. Untuk itu sebaiknya ikuti saran dan anjuran dokter, dokter kelamin tentu lebih memahami tindakan pengobatan untuk merontokkan kutil kelamin Anda.

 
SIMAK PENGERTIAN KONDILOMA AKUMINATA* KLIK DISINI

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kelamin, hadir dengan metode pengobatan terbaru yang efektif untuk membasmi kutil kelamin Anda sehingga Anda terbebas dari kutil yang mengganggu ini. Disini Anda akan langsung ditangani oleh dokter ahli profesional yang sudah berpengalaman bidang penyakit kelamin. Dokter yang sudah banyak membantu menyembuhkan kutil hingga sembuh. Selain dokter ahli, di dukung peralatan medis modern yang canggih dan laboratorium yang steril, dengan biaya pengobatan yang terjangkau Anda temukan hanya di Klinik Utama Sentosa. Memberikan kenyamanan selama tindakan pengobatan, kesehatan dan kesembuhan setiap pasien yang mempercayakan pengobatan pada kami agar mendapatkan hasil maksimal dan tidak mengecewakan adalah prioritas kami.

Untuk informasi labih lanjut terkait cara pencegahan kondiloma akuminata, silahkan klik website kami untuk konsultasi langsung dengan dokter, atau hubungi hotline kami di 0813 6665 7878. Privasy dan rahasia medis Anda aman bersama kami.