Sab23Feb201910:49

Penanganan Terhadap Kutil Kelamin Gatal

Pada dasarnya, kutil kelamin gatal terjadi akibat adanya infeksi virus human papillomavirus atau HPV. Selain kutil kelamin gatal, gejala lain dari penyakit ini, dapat berupa nyeri dan sensasi terbakar di sekitar organ kelamin. Tak jarang, penderitanya tidak merasakan gejala sama sekali sehingga penyakit menginfeksi tanpa disadari. Namun, gejala umum yang perlu Anda ketahui, yakni munculnya benjolan berukuran kecil dan berwarna sedikit lebih gelap dari kulit tubuh asli.

kutil kelamin gatal
kutil kelamin gatal

Gejala Pada Penyakit Kutil Kelamin

Kutil pada kelamin akan mengakibatkan rasa gatal, ketidaknyamanan, pendarahan saat berhubungan seksual, dan munculnya sensasi terbakar di sekitar organ kelamin. Tak hanya area organ kelamin, kutil juga dapat tumbuh di sejumlah area lain, seperti lidah, bibir, mulut, dan tenggorokan. Gejala pada pria dan wanita umumnya tumbuh di area yang berbeda-beda, yakni sebagai berikut:


• Pada pria

Kutil kelamin yang diderita oleh pria biasanya muncul di daerah batang atau ujung organ kelamin. Selain itu, area lain yang akan ditumbuhi kutil adalah kantung buah zakar, area selangkangan, sekitar atau dalam anus, dan paha bagian atas.
 

• Pada wanita

Pada wanita, kutil akan tumbuh di daerah lain berupa dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar organ kelamin, di dalam kelamin atau sekitar dubur, leher rahim, dan daerah antara organ kelamin dan perineum atau anus.
 
Penyebab kutil kelamin yang dialami baik pria maupun wanita, yaitu infeksi virus HPV tipe 6 dan tipe 11. Virus ini menginfeksi lapisan atas kulit penderitanya melalui kontak seksual atau kontak kulit dengan kulit. HPV tipe ini tidak akan menimbulkan kutil di bagian tubuh lainnya karena secara khusus hanya mempengaruhi area organ kelamin saja. Untuk menghindari infeksi virus, ada baiknya agar memperhatikan sejumlah faktor lain yang dapat memperbesar risiko, seperti:
 
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia dini.
• Pernah menderita infeksi menular seksual lain.
• Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Wanita yang sedang dalam keadaan hamil.


Kutil Kelamin dan Penanganan yang Dapat Dilakukan

Kutil kelamin gatal dapat ditangani dengan mudah jika gejala yang timbul tidak terlalu mengganggu. Tak jarang, gejala kutil kelamin akan menghilang dengan sendirinya tanpa penanganan sama sekali. Namun jika penderita sudah mengalami gejala yang parah, maka penanganan sesuai petunjuk dokter harus dilakukan. Dokter akan memberikan resep obat, berupa krim atau salep yang berguna untuk mengurangi rasa perih, tidak nyaman dan sensasi terbakar.
 
Selain memberikan beberapa obat-obatan tersebut, dokter juga menyarankan untuk melakukan prosedur bedah saat menangani kutil kelamin gatal. Prosedur bedah tersebut akan disarankan oleh dokter jika pemberian obat tidak berpengaruh pada gejala yang dirasakan pasien. Beberapa tindakan bedah untuk menangani penyakit kutil kelamin, antara lain:


• Perawatan Laser

Prosedur bedah dengan menggunakan laser berguna untuk mengangkat kutil yang sulit dihilangkan dengan mudah. Laser bekerja dengan menghancurkan pembuluh darah di dalam kutil sampai mati sehingga dapat diangkat dengan mudah. Bedah dengan menggunakan laser biasanya dilakukan untuk menghancurkan kutil yang sulit dijangkau, seperti pada saluran uretra.


• Prosedur Krioterapi

Krioterapi merupakan prosedur penanganan kutil kelamin gatal menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat Celsius. Prosedur ini sangat efektif dalam menghilangkan kutil yang berukuran relatif kecil. Namun, apabila kutil memiliki ukuran yang lebih besar akan dilakukan penanganan krioterapi berulang sebanyak 3 sampai 4 kali. Hal ini dikarenakan prosedur krioterapi tak menjamin kutil dapat menghilang sepenuhnya.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Kutil kelamin gatal dapat ditangani dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Sebelum melakukan penanganan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini sangat berguna bagi pasien karena dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.