Sen05Agu201915:40

Mengapa Terdapat Kutil di Telapak Tangan?

Kutil di telapak tangan bisa menjadi pertanda adanya penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual jenis ini terjadi akibat adanya infeksi dari human papilloma virus atau HPV. Virus ini biasanya menyerang lapisan kulit sehingga menyebabkan munculya kelainan. Virus penyebab kutil kelamin bisa menular dengan mudah akibat bersentuhan langsung dengan kulit penderitanya.
kutil di telapak tangan
kutil di telapak tangan


Gejala Kutil Kelamin Berdasarkan Jenisnya

Jika Anda memiliki kutil di telapak tangan, segera periksakan diri ke dokter ahli sebelum terlambat. Namun tak hanya kutil di telapak tangan, gejala juga bisa muncul di tempat yang berbeda dan dengan jenis yang beragam pula. Beberapa jenis kutil berdasarkan lokasi pertumbuhannya, antara lain:


  • Kutil biasa, akan lebih mudah dikenali dari bentuknya yang menonjol bulat dan kasar. Jenis kutil ini biasanya akan timbul di jari tangan ataupun kaki.
  • Kutil datar, memiliki bentuk seperti bekas cakaran pada kulit dengan warna cokelat, kuning, atau merah muda. Kutil berukuran kecil ini biasanya akan tumbuh wajah, lengan, dan paha.
  • Kutil plantar, biasanya berbentuk rata dengan lubang di tengahnya. Kutil plantar tumbuh di telapak kaki dan akan tampak seperti lubang di telapak kaki dengan kulit sekelilingnya yang mengeras.
  • Kutil filiform, berbentuk seperti bintil daging yang tumbuh dengan warna serupa kulit. Kutil jenis ini biasanya tumbuh di sekitar di hidung, mulut, dagu, dan juga leher.

Kemunculan kutil di telapak tangan dan bagian tubuh lainnya ini disebabkan karena beberapa faktor penyebab. Faktor penyebab kutil kelamin yang perlu Anda ketahui adalah sistem kekebalan tubuh yang rendah dan gangguan pada sistem imun tubuh. Pada dasarnya, virus tidak mudah menular namun jika seseorang bersentuhan langsung dengan kulit penderita yang memiliki kondisi basah atau luka maka akan berisiko tinggi tertular.
 

Ketahui Cara Penyembuhan Kutil Kelamin Berikut

Pengobatan gejala kutil kelamin ini bisa dilakukan bersama dokter ahli setelah berkonsultasi. Meski pada dasarnya kutil di telapak tangan bisa hilang dengan sendiri, namun jika gejala sudah mengganggu maka perlu diobati secepatnya. Untuk mempercepat proses penyembuhan, penderita kutil kelamin bisa menggunakan obat dalam bentuk salep atau krim. Cara penggunakan obat untuk kutil di telapak tangan ini adalah cukup mengoleskannya pada bagian luar tubuh yang terinfeksi saja.
 
Jika obat-obatan tersebut tidak dapat menyembuhkan kutil, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur bedah. Beberapa tindak pembedahan untuk menyembuhkan gejala penyakit kutil kelamin, antara lain:

  • Krioterapi, dilakukan dengan memberikan cairan nitrogen agar kutil beku dan mematikan jaringannya.
  • Kuret, metode ini dilakukan dengan memotong kutil menggunakan alat bedah dan kemudian mengangkatnya.
  • Bedah laser, dilakukan dengan membakar pembuluh darah dalam kutil menggunakan sinar laser.
  • Elektrosurgery, merupakan metode yang dilakukan dengan cara membakar jaringan kutil dan dikeringkan dengan muatan listrik.

Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara menyembuhkan kutil di telapak tangan adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Tak hanya itu, fasilitas pendukung lain seperti layanan konsultasi online ditawarkan guna mempermudah pasien untuk mengetahui penyebab penyakit secara pasti. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.