Kam28Feb201914:45

Kutil Pada Kelamin Indikasikan Penyakit Berbahaya

Kutil pada kelamin termasuk salah satu gejala adanya indikasi penyakit menular seksual dalam tubuh. Penyakit kutil kelamin disebabkan karena infeksi human papillomavirus atau HPV tipe 6 dan tipe 11. Meskipun begitu, kebanyakan kutil pada kelamin dapat sembuh dengan sendirinya tanpa butuh penanganan khusus bersama dokter. Namun, jika kutil telah tumbuh semakin besar dan menyebar maka perawatan lebih lanjut harus segera dilakukan sebelum menyebabkan komplikasi.
kutil pada kelamin
kutil pada kelamin

Gejala Penyakit Kutil Kelamin yang Perlu Diketahui

Biasanya, kutil pada kelamin berukuran kecil dan berwarna serupa dengan kulit asli atau sedikit lebih gelap. Karena itu, terkadang gejala sulit diketahui karena kutil tumbuh dengan sangat lembut dan tak kasat mata. Kutil pada kelamin dapat muncul secara tunggal maupun berkelompok sehingga membentuk struktur seperti kembang kol. Meski terkadang sulit terlihat, kutil pada kelamin akan disertai dengan gejala berupa rasa tidak nyaman di sekitar organ kelamin, nyeri hingga sensasi terbakar, dan pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.
 


Gejala kutil kelamin pada pria dan wanita memiliki perbedaan, yakni tempat pertumbuhannya. Pada pria, kutil akan tumbuh pada sejumlah area tubuh, seperti batang atau ujung kelamin, kantung buang zakar, area selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau dalam anus. Sementara, penyakit kutil kelamin yang diderita wanita akan muncul pada dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar kemaluan, daerah antara organ kelamin dan anus, serta leher rahim.


Penanganan Terbaik Terhadap Kutil Kelamin

Kutil pada kelamin dapat ditangani dengan menggunakan obat antibiotik dalam bentuk krim atau salep. Obat ini digunakan untuk membantu meringankan gejala penyakit kutil, berupa rasa gatal, nyeri, serta sensasi terbakar pada organ kelamin. Selain dengan obat, cara menghilangkan kutil kelamin bisa dilakukan dengan prosedur bedah, seperti:

• Eksisi, digunakan untuk memotong dan membuang kutil yang tumbuh pada kelamin memakai pisau bedah.

• Elektrokauter, berguna untuk membuang jaringan abnormal termasuk kutil dengan menggunakan aliran listrik.

• Krioterapi, merupakan cara menghilangkan kutil kelamin menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat Celsius.

• Bedah laser, digunakan untuk mengangkat kutil yang sulit dihilangkan dengan prosedur bedah lainnya.

Untuk mendapat kesembuhan yang optimal, penanganan kutil kelamin harus disertai dengan tindak pencegahan. Cara terbaik untuk mencegah penularan penyalkit adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya. Selain itu, selalu gunakan pelindung atau kondom saat berhubungan seksual dengan pasangan yang berbeda. Pencegahan lain yang bisa dilakukan, yakni imunisasi HPV. Vaksin HPV dapat mengurangi risiko kutil kelamin hingga lebih dari 50 persen.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Munculnya kutil pada kelamin dapat diatasi dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan keuntungan karena ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa juga menawarkan berbagai fasilitas unggulan guna menunjang proses penyembuhan penyakit. Salah satunya adalah layanan konsultasi yang diberikan secara gratis dan online. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.