Min03Mar201916:19

Kutil Kelamin Pria Indikasi Penyakit Menular, Benarkah?

Kutil kelamin pria umumnya ditandai dengan adanya benjolan kecil yang tumbuh di sekitar area kelamin dan dubur. Penyakit ini dapat diderita oleh siapa saja yang telah aktif secara seksual. Kutil kelamin merupakan salah satu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Virus HPV terdiri dari 120 jenis, namun hanya 90 persen yang menyebabkan penyakit kutil kelamin, yakni HPV tipe 6 dan tipe 11.
kutil kelamin pria
kutil kelamin pria

Gejala Serta Faktor Risiko yang Memicu Kutil Kelamin

Penyakit kutil kelamin ditandai dengan sejumlah gejala, antara lain gatal hingga rasa tidak nyaman di area kelamin, munculnya sensasi seperti terbakar, dan nyeri hingga pendarahan ketika berhubungan intim. Kutil kelamin pria atau wanita muncul dengan ukuran kecil yang berwarna serupa kulit atau sedikit lebih gelap. Kutil ini dapat tumbuh secara tunggal maupun berkelompok sehingga membentuk struktur seperti kembang kol.
 


Kutil kelamin pria dapat tumbuh di sejumlah daerah tubuh, seperti batang atau ujung kelamin, kantung buah zakar, area selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau dalam anus. Sementara pada wanita, kutil kelamin akan muncul pada dinding organ kelamin, vulva, daerah antara organ kelamin dan anus, di dalam kemaluan atau dalam anus, serta leher rahim. Beberapa faktor risiko adanya kutil kelamin pria, antara lain:

• Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.
• Pernah menderita infeksi menular seksual lainnya.
• Adanya riwayat kekerasan seksual saat masih kecil.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Berhubungan seksual dengan sembarang orang.


Cara Mengobati Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin pria tidak perlu diobati jika gejala yang muncul tidak mengganggu. Namun, jika gejala yang dirasakan muncul dengan nyeri, sensasi terbakar pada kelamin, dan gatal maka dokter akan meresepkan obat dalam bentuk krim atau salep. Obat ini berfungsi untuk membakar kutil sehingga mudah dihilangkan. Meskipun begitu, obat ini memiliki efek samping, seperti nyeri dan iritasi sehingga penggunaannya perlu pengawasan dari dokter.
 
Untuk kutil kelamin pria yang berukuran besar, dokter biasanya menyarankan prosedur bedah. Bedah juga disarankan pada pasien yang tidak merespon pemberian obat ketika mengobati kulit kelamin. Beberapa tindakan atau prosedur bedah yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit kutil kelamin, adalah sebagai berikut:

• Metode eksisi, dilakukan dengan memotong dan membuang kutil menggunakan pisau bedah.

• Prosedur elektrokauter, merupakan metode bedah yang menggunakan listrik untuk membuang jaringan abnormal.

• Krioterapi, merupakan prosedur yang dilakukan menggunakan nitrogen cairan dengan suhu minus 195 derajat Celsius.

• Bedah laser, berguna untuk mengangkat kulit yang sulit dihilangkan dengan prosedur bedah lainnya.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Lakukan konsultasi untuk menangani penyakit kutil kelamin pria bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penanganan penyakit kulit dan kelamin terpercaya di wilayah Jakarta. Perawatan di klinik ini ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis canggih berteknologi modern. Melakukan penanganan penyakit di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan dengan biaya perawatan yang terjangkau. Layanan konsultasi dan reservasi dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan pasien. Membiarkan penyakit di dalam tubuh dalam waktu yang lama dapat menyebabkan munculnya komplikasi serius. Karena itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.