Kam21Feb201909:16

Kutil Kelamin Pria Bahaya Atau Tidak?

Kutil kelamin pria bahaya atau tidak? Pertanyaan ini tentu muncul dalam hati Anda pengidap penyakit ini. Sebelum membahas apakah kutil kelamin pria bahaya atau tidak, sebaiknya untuk mengenal terlebih dahulu apa itu kutil kelamin, penyebab dan gejala munculnya kutil kelamin tersebut.
Kutil Kelamin Pria Bahaya Atau Tidak?
Kutil Kelamin Pria Bahaya Atau Tidak?
Kutil kelamin atau dengan nama lain kondiloma akuminata adalah kutil yang terdapat di sekeliling penis atau dubur, pada wanita terdapat pada sekeliling vagina, yang ditularkan melalui aktivitas hubungan seksual. Kutil kelamin adalah vegetasi Human papilloma virus (HPV) tertentu yang mempunyai potensi orgenik tinggi, yaitu tipe 16 dan 18. Tipe ini adalah jenis virus yang paling sering dijumpai sebagai penyebab kanker serviks. Sedangkan tipe 6 dan 11 lebih sering dijumpai pada kutil kelamin serta neoplasia intraepitelial serviks ringan.

Sekilas memang terlihat tampak tidak berbahaya, sehingga kutil kelamin pria bahaya atau tidak tidak diketahui, bentuk kutil yang kecil dan mirip benjolan yang hanya mengganggu penampilan dan tidak memiliki efek negatif yang lain.

Batang penis yang ditumbuhi kutil yang disebabkan HPV memiliki efek atau dampak buruk jika tidak diobati dengan tepat. Walaupun telah ditangani namun tidak sampai tuntas, maka kutil kelamin dapat berulang dan tumbuh kembali karena virus tidak mati sepenuhnya. Penyakit kutil kelamin penyakit yang sangat berisiko, sebab penyakit ini tidak hanya menular, namun dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker dan HIV.


Penyebab dan gejala kutil kelamin

Kutil kelamin tidak terjadi langsung, membutuhkan waktu untuk tumbuh sekitar 2-3 bulan setelah melakukan hubungan seseorang yang telah terinfeksi virus kutil kelamin. diakibatkan virus HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual baik vaginal, anal, dan oral.
Orang-orang yang rentan dan berisiko mengalami kutil kelamin termasuk dalam golongan:

• Melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman.
• Memiliki partner seksual lebih dari satu.
• Melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidak diketahui riwayat hubungan seksualnya.
• Memiliki penyakit menular seksual lainnya.
• Aktif melakukan hubungan seksual sejak usia yang masih muda.

Kutil kelamin seringkali muncul di area kelamin yang berukuran sangat kecil sehingga terkadang tidak terlihat secara kasat mata dengan warna serupa dengan kulit atau sedikit lebih gelap. Kutil kelamin dapat tumbuh secara tunggal, dan dapat tumbuh berkelompok yang membentuk struktur menyerupai kembang kol atau jengger ayam.

Walau kutil kelamin tidak terlihat, namun dapat menimbulkan beberapa gejala yang umum, seperti rasa tidak nyaman pada area kelamin, sensasi terbakar, dan nyeri atau pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.

Pada pria kutil kelamin dapat tumbuh pada area batang atau ujung penis, selangkangan, kantung buah zakar, dan sekitar atau dalam anus. Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada area vulva (bagian luar vagina), dinding vagina, perineum (area antara vagina dan anus), leher rahim, dan dalam vagina atau di dalam anus.


Baca juga: Apakah Klinik Utama Sentosa Penipu? Ini Kebenaran Sebenarnya

Pengobatan kutil kelamin

Setelah mengenal apa yang menjadi penyebab dan gejalanya, tentu kita telah mengetahui kutil kelamin pria bahaya atau tidak. Untuk itu penting untuk segera melakukan tindakan pengobatan untuk membasmi virus penyebab kutil kelamin agar sembuh dengan maksimal.

Pengobatan sembarangan sebagai cara merontokkan kutil kelamin sebaiknya untuk dilakukan tanpa anjuran dokter. Dan jangan menunda melakukan pemeriksaan, sebab kutil kelamin yang telah tumbuh dengan ukuran besar atau mungkin bertambah banyak bukan suatu hal yang dapat dianggap sepele. Pengobatan sejak dini akan membantu Anda secepatnya terbebas penyakit ini. Sebaliknya, kutil kelamin yang sudah parah akan sulit untuk disembuhkan yang akan mempengaruhi biaya pengobatan kutil kelamin yang semakin mahal.

Bedah akan disarankan pada pasien yang tidak respns dengan pemberian obat atau kutil kelamin yang berukuran besar. Sejumlah prosedur kutil kelamin yaitu Eksisi, Electrocautery, Krioterapi dan Bedah laser.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami kutil kelamin dan sedang mencari cara untuk membasmi kutil kelamin? kami merekomendasikan untuk mengunjungi Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang akan membantu mengatasi kutil kelamin hingga tuntas. Anda tidak perlu malu dengan kondisi Anda, sebab disini Anda ditangani langsung dokter ahli kelamin profesional. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru yang efektif untuk membasmi virus penyebab kutil kelamin hingga tuntas baik pada pria atau wanita. Kami memberikan perawatan medis prima yang aman, cepat dan tepat serta akurat yang di dukung peralatan medis modern yang canggih dan laboratorium yang steril, sudah terbukti dengan banyaknya pasien yang datang dan puas dengan pelayanan kami. Sekarang saatnya giliran Anda!

Untuk informasi lebih lanjut terkait kutil kelamin pria bahaya atau tidak, silahkan hubungi kami di 081366657878.