Rab13Feb201916:44

Kutil Kelamin Pada Pria Apakah Berbahaya?

 

Batang penis yang ditumbuhi kutil disebabkan Human Papilloma Virus (HPV) yang mempunyai efek atau berdampak buruk bagi penderita kutil kelamin apabila tidak diobati dengan tepat. Bahaya kutil kelamin pada pria akan menimbulkan risiko tersendiri pada penderitanya.

Kutil Kelamin Pada Pria Apakah Berbahaya?
Kutil Kelamin Pada Pria Apakah Berbahaya?

Kutil kelamin atau Condiloma akuminata dapat terjadi pada pria atau wanita yang aktif secara seksual. Kutil dapat tumbuh di dalam atau sekeliling vagina, penis, dan dubur yang ditularkan melalui aktivitas hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi. Kutil kelamin adalah vegetasi Human papilloma virus (HPV) tertentu, bertangkai, serta permukaannya berjonjot. Tipe HPV tertentu akan mempunyai potensi onkogenik tinggi, yaitu tipe 16 dan 18, tipe ini adalah virus yang dijumpai sebagai penyebab kanker serviks. Sedangkan tipe 6 dan 11 merupakan penyebab kutil kelamin dan neoplasia intraepiteliar serviks tingkat ringan.

<<<konsultasi online 24 jam hanya di Klinik Utama Sentosa>>> 

Gejala kutil kelamin

Kutil kelamin sering tumbuh pada permukaan tubuh yang hangat serta lembab. Pada pria, area yang sering terkena kutil kelamin adalah ujung atau batang penis, dan dibawah kulup di depannya (jika pria tidak disunat). Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di dinding vagina, vulva, leher rahim (serviks), serta kulit sekeliling vagina. Kutil kelamin juga dapat tumbuh disekitar atau sekeliling anus dan rektum, terutama pria homoseksual, dan wanita yang melakukan hubungan seks anal.

Pada umumnya kutil kelamin muncul dalam 1 hingga 6 bulan setelah terinfeksi, dimulai dengan munculnya bengkak kecil yang lembab, lembut, yang berwarna merah atau pink. Kutil kelamin tumbuh dengan cepat dan dapat memiliki tangkai. Pada suatu daerah tertentu seringkali tumbuh beberapa kutil, permukaannya kasar dan berbentuk seperti kembang kol.

Gejala atau tanda-tanda kutil kelamin, antara lain:
  • Daging kecil-kecil tumbuh di area kelamin.
  • Perkembangan berwarna abu-abu di area kelamin.
  • Kelompok kutil yang tumbuh menyerupai bentuk kembang kol.
  • Rasa tidak nyaman, gatal pada kelamin.
  • Terjadi pendarahan ketika atau setelah melakukan hubungan seksual.

Bukan hanya bagian penis saja yang dapat ditumbuhi kutil, namun juga anus, bibir, serta mulut dan tenggorokan.

 



Beban penyakit kutil kelamin dan kanker pada pria

Kanker yang terjadi pada pria dengan infeksi HPV adalah kanker penis, kanker anus, kanker tenggorokan, terutama yang disebabkan HPV tipe 16. Bahaya kutil kelamin pada pria jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat akan terus berkembang dan akan menyebabkan kerusakan permanen pada organ kelamin. Maka, sebaiknya jika Anda telah merasakan gejala kutil kelamin, atau mungkin Anda adalah seorang yang berisiko tinggi mengalami penyakit kelamin segera untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan sejak dini. Kutil kelamin yang terdeteksi sejak dini memiliki peluang yang lebih besar untuk sembuh total dan menghindari terjadinya komplikasi yang lebih buruk. Pengobatan sejak dini akan membantu proses penyembuhan penyakit.

 <<<simak, dampak kutil kelamin jika tidak diobati* klik disini>>>

Terapi kutil kelamin

Tindakan pengobatan kutil kelamin secara alami atau menggunakan bahan herbal kurang efektif untuk membasmi virus penyebab kutil kelamin, kondisi ini hanya akan mengurangi gejala. Walau mungkin sembuh, hanya sesaat dan kemudian akan muncul kembali karena virus tidak mati sepenuhnya. Beberapa metode yang digunakan tau cara menghilangkan kutil kelamin yang dapat dilakukan oleh dokter ahli kelamin, antara lain:

  • Membakar kutil kelamin dengan menggunakan kauter.
  • Dengan menggunakan sinar laser menghancurkan kutil.
  • Menggunakan gas beku yang bertujuan untuk mematikan sel kutil.
  • Memotong kutil yang menonjol.

 



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami kutil kelamin dan sudah melakukan pengobatan namun kondisi tidak kunjung membaik? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa sekarang juga. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin yang akan membantu mengatasi penyakit kelamin Anda hingga tuntas baik pria maupun wanita. Anda tidak perlu khawatir dan malu dengan kondisi penyakit kelamin Anda, sebab disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin profesional yang berpengalaman dan sudah banyak menangani kasus seperti Anda dan puas dengan pelayanan yang kami berikan. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru, di dukung peralatan medis modern yang canggih, laboratorium steril, menunjang berjalannya proses pengobatan hingga tuntas yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Kami memberikan perawatan medis prima yang tepat, cepat, dan akurat hingga tuntas dengan biaya pengobatan terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kutil kelamin pada pria apakah berbahaya, Anda dapat menghubungi kami di 081366657878 .