Jum12Jul201916:48

Kutil Kelamin Menular Atau Tidak Jika Disentuh?

 

Apakah kutil kelamin menular atau tidak ketika Anda sentuh? Temukan jawabannya dengan mengenali lebih jauh apa itu penyakit kutil kelamin. Kutil kelamin adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai oleh mereka yang aktif berhubungan seksual. Penyakit kelamin juga merupakan penyakit yang dapat menginfeksi wanita maupun pria, jadi sebaiknya Anda mengenali penyakit ini jika tidak ingin mengalami bahayanya.

kutil kelamin menular atau tidak
kutil kelamin menular atau tidak


Disebabkan oleh human papilloma virus, kutil kelamin menyebar melalui cara berhubungan seksual. Baik berhubungan seks secara oral, anal, maupun vaginal berpotensi menularkan penyakit menular seksual yang satu ini. Agar tidak menginfeksi orang lain, maka sebaiknya hindari menyentuh kelamin pasangan setelah menyentuh kutil kelamin. Pasalnya cara ini juga dapat memicu penyebaran virus penyebab penyakit kutil kelamin.

Faktor Penyebab Kutil Kelamin


Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengobati kutil kelamin, salah satunya adalah dengan mengenali gejalanya. Sedangkan untuk mencegah gejala dan bahayanya, maka dapat dilakukan dengan menghindari penyebab kutil kelamin. Beberapa faktor penyebab dari kutil kelamin ini diantaranya adalah:



• Berhubungan seksual dengan penderita penyakit menular seksual terutama kutil kelamin.
• Memiliki riwayat penyakit menular seksual sebelumnya.
• Aktif berhubungan seksual dengan banyak pasangan.
• Tidak menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Memiliki pasangan seksual lebih dari satu berisiko menyebabkan terjadinya penularan penyakit menular seksual. Apalagi gejala kutil kelamin tidak selalu terlihat pada awalnya. Hal ini membuat para penderitanya cenderung mengetahui kutil kelamin yang dideritanya dengan tidak sengaja. Banyak yang melakukan pemeriksaan dan secara terkejut mengetahui bahwa ia mengidap penyakit kutil kelamin padahal penyebabnya adalah seks bebas dan tidak aman. Dengan bergonta ganti seksual sulit mengetahui dari mana penularan penyakitnya bersumber. Kita juga sulit mengetahui kutil kelamin menular atau tidak pada pasangan.

kutil kelamin menular atau tidak
kutil kelamin menular atau tidak

Cara Penularan Kutil Kelamin


Kutil kelamin merupakan penyakit yang menular. Jadi kutil kelamin menular atau tidak tergantung dari bagaimana pengobatan ataupun perawatan terhadap kutil kelaminnya dilakukan. Untuk mencegah penularannya, sebaiknya hindari beberapa hal berikut ini:

• Memiliki banyak pasangan seksual.
• Berhubungan seksual dengan penderita PMS.
• Menyentuh kutil kelamin pasangan sebelum menyentuh kelamin Anda atau sebaliknya.
• Tidak membersihkan kemaluan setelah berhubungan seksual.

Berbeda dengan penyakit seksual lain yang bisa menular melalui kontak tidak langsung, penyakit kelamin tidak akan menular hanya karena menggunakan handuk, alat makan, alat mandi, maupun pakaian yang sama dengan penderita. Hanya kutil kelamin menular atau tidak, tergantung dari bagaimana Anda mengatasi gejala sekaligus penyebab penyakit kutil kelamin. Untuk Anda yang telah melakukan diagnosis dan positif terinfeksi kutil kelamin, maka usahakan menghindari berhubungan seks saat masih dalam masa pengobatan. Sebelum dinyatakan sembuh sepenuhnya oleh dokter, virus penyebab kutil kelamin ini dapat menginfeksi kembali.


Mencegah Bahaya Kutil Kelamin

Untuk menghindari penularan sekaligus bahaya dari kutil kelamin, maka Anda harus mewaspadai setiap gejala yang mungkin muncul. Kutil kelamin yang tumbuh di bagian dalam kemaluan memang terkadang sulit untuk dideteksi. Namun, dengan tidak adanya rasa gatal maupun sakit yang terasa Anda dapat mencegahnya dengan melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui juga apakah kutil kelamin menular atau tidak.
Jika sudah terlanjur terjangkit, setidaknya Anda dapat menghindari penularannya.
 
Jadi, kesimpulannya adalah kutil kelamin menular atau tidak tergantung bagaimana Anda mengambil tindakan. Jangan lengah terhadap penyakit menular seksual yang mungkin menyerang jika Anda memang memiliki faktor-faktor pendukung terkena penyakit menular seksual. Apalagi jika sebelumnya Anda pernah menderita penyakit kutil kelamin. Yang terpenting adalah konsultasikan segera dengan dokter kami di Klinik Utama Sentosa jika Anda memiliki kekhawatiran terhadap penyakit menular seksual di nomor 081366657878.