Rab06Feb201910:22

Kutil Kelamin Bahaya Atau Tidak?

 

Kutil kelamin sekilar terlihat tidak berbahaya dengan bentuknya yang kecil mirip benjolan hanya akan mengganggu penampilan dan tidak akan berefek negatif. Namun hal berbeda terjadi jika kutil yang semakin lama semakin besar dan bertambah banyak. Lalu kutil kelamin bahaya atau tidak?

Kutil Kelamin Bahaya Atau Tidak?
Kutil Kelamin Bahaya Atau Tidak?

Salah satu bahaya kutil kelamin yang harus diwaspadai salah satu risikonya adalah kanker. Kutil kelamin memiliki risiko menular kepada orang lain dengan kontak langsung melalui aktivitas hubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi virus kutil kelamin. Kutil kelamin yang hanya dibiarkan saja tanpa tindakan pengobatan dan tidak diobati kutil dapat bertambah banyak.

Penyebaran kutil kelamin terjadi melalui aktivitas hubungan seksual, baik vagina, maupun anal atau oral. Di samping itu virus dapat juga menular ketika tangan penderita kutil menyentuh kelamin sendiri, lalu menyentuh kelamin pasangan. Kutil kelamin tidak akan menular melalui media tertentu seperti pakaian, handuk, alat makan, serta toilet duduk. Pada kasus yang mungkin jarang terjadi, kutil kelamin dapat menular ke bayi dari ibu hamil yang sedang terinfeksi virus penyebab kutil kelamin.

 



Penyebab kutil kelamin

Kutil kelamin disebabkan Human Papilloma Virus (HPV). Walaupun terdapat 120 jenis virus HPV, hanya ada 30 hingga 40 jenis virus HPV yang menular melalui aktivitas seksual. Dari 30 jenis virus tersebut, 90% kasus penyakit kutil kelamin disebabkan virus tipe 6 dan HPV-11.

Seseorang yang aktif secara seksual lebih berisiko terserang penyakit kutil kelamin, terutama hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi HPV. Risiko terinfeksi akan besar jika melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu partner seksual, tanpa menggunakan pengaman. Sejumlah faktor yang akan memperbesar risiko mengalami kutil kelamin adalah:

  • Aktif secara seksual di usia yang relatif masih muda.
  • Sistem kekebalan tubuh lemah.
  • Pernah menderita infeksi menular seksual (IMS).
  • Melakukan hubungan intim dengan seseorang yang tidak diketahui riwayata seksualnya.

 simak, apakah kutil kelamin bisa sembuh?* klik disini

Diagnosis dan pengobatan kutil kelamin

Dokter akan menduga pasien mengalami kutil kelamin jika telah terdapat gejalanya. Pada kasus kutil kelamin yang tidak kasat mata, mungkin dokter akan melakukan pemeriksaan atau tes uji laboratorium, diantaranya:

  • Pap smear. Dokter akan membuka vagina menggunakan alat khusus seperti spekulum. Alat ini memungkinkan untuk melihat bagian dalam vagina hingga servisk (leher rahim). Kemudian sampel sel pada serviks diambil guna untuk diteliti di laboratorium.
  • Menggunakan kolposkop untuk melihat sel di dalam serviks agar area serviks terlihat dengan jelas.
  • Tes HPV-DNA. Meskipun tipe virus HPV penyebab penyakit kutil kelamin berada dengan jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker leher rahim, virus HPV penyebab kanker bisa ikut menginfeksi pasien. Dengan melalui tes HPV DNA, dokter akan dapat mengetahui jika pasien terinfeksi virus HVP penyebab kanker leher rahim.

Tindakan pengobatan kutil kelamin yang tepat, dokter akan menyarankan prosedur bedah untuk mengobati kutil kelamin. bedah disarankan kepada pasien yang tidak respons dengan pemberian obat-obatan. Hal ini efektif untuk menyembuhkan kutil kelamin Anda. Sejumlah prosdur bedah, seperti:

  • Eksisi.
  • Electrocautery.
  • Krioterapi.
  • Bedah laser.

 



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami kutil kelamin dan tidak tahu melakukan tindakan pengobatan yang tepat? Sudah melakukan pengobatan namun kutl tidak kunjug sembuh? Memiliki pertanyaan seputar kutil kelamin berbahaya atau tidak? Kunjungi Klinik Utama Sentosa. Kami memberikan metode pengobatan terbaru yang efektif untuk merontokkan kutul kelamin hingga tuntas. Di dukung peralatan medis modern yang canggih, laboratorium yang steril, dengan biaya pengobatan relatif terjangkau. Disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin yang sudah berpengalaman dan sudah banyak membantu menyembuhkan kutil kelamin yang puas dengan pelayanan yang kami berikan, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Kami memberikan perawatan medis prima hingga penyakit kelamin Anda tuntas dengan hasil yang memuaskan.

Untuk informasi lebih lajut terkait kutil kelamin bahaya atau tidak, dan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan yang Anda butuhkan, cepat, tepat dan akurat, silahkan klik website kami untuk konsultasi dahulu, atau hubungi kami di 081366657878 .