Min30Des201816:25

Kutil Kelamin adalah Pertanda PMS, Benarkah?

Kutil kelamin adalah salah satu gejala paling umum yang muncul sebagai pertanda adanya penyakit menular seksual atau PMS. Penyakit kutil kelamin atau sering disebut sebagai kondiloma akuminata disebabkan oleh infeksi suatu virus. Infeksi terjadi akibat penularan virus bernama human papillomavirus tipe 6 dan 11. Penyakit kutil kelamin ini muncul dengan benjolan merah yang tumbuh tunggal atau bergerombol sehingga menyerupai kembang kol.

kutil kelamin adalah
kutil kelamin adalah


Gejala kutil kelamin baik pada pria maupun wanita biasanya akan tumbuh di sekitar organ kelamin. Tak jarang, penyakit ini menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, gatal-gatal, dan juga perih. Benjolan dapat dideteksi melalui sentuhan karena kutil sering muncul secara tak kasat mata. Untuk itu, cara untuk mengetahui pertanda adanya penyakit kutil kelamin adalah dengan pemeriksaan secara mandiri.

Apa yang Menyebabkan Kutil Kelamin?

Area tubuh yang lembap dan mudah basah menjadi tempat paling nyaman untuk perkembangbiakan virus. Bagian tubuh yang sering ditumbuhi kutil kelamin adalah yang memiliki kelenjar keringat paling banyak, seperti daerah sekitar organ kelamin. Penyebab utama penyebaran kutil kelamin, yaitu melalui kontak kulit dengan kulit serta kontak seksual.
 
Berbagai kontak seksual yang berpotensi mengakibatkan masalah ini, termasuk penetrasi seksual, anal, oral, serta penggunaan mainan seks. Selain mudah menyebar melalui kontak fisik saat berhubungan seksual, dalam beberapa kasus kutil kelamin disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Kondisi kesehatan yang berpotensi mengakibatkan munculnya kutil kelamin adalah sebagai berikut:

• Sistem imunitas tubuh yang menurun sehingga memudahkan infeksi masuk.
• Stres yang menyebabkan keluarnya keringat secara terus menerus.
• Penderita diabetes mellitus karena memudahkan pengembangan mikroorganisme.
• Sudah melakukan hubungan seksual sejak usia yang relatif muda.
• Memiliki riwayat kekerasan seksual ketika masih kecil
• Pernah menderita penyakit menular seksual sebelumnya
• Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Berhubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.

Diagnosis Tepat Terhadap Penyakit Kutil Kelamin

Diagnosis dokter mengenai penyakit kutil kelamin adalah dengan melakukan beberapa pemeriksaan. Pemeriksaan biasanya dilakukan guna melihat keberadaan kutil kelamin yang tak kasat mata. Beberapa tes yang dilakukan dokter kepada penderita kutil kelamin, seperti:


• Pap smear

Pada prosedur ini, pemeriksaan dilakukan dengan membuka organ kelamin penderita kutil kelamin menggunakan alat khusus yang bernama spekulum. Spekulum ini akan membantu dokter melihat bagian dalam organ kelamin hingga ke leher serviks atau rahim. Sampel dari dalam tubuh akan diambil untuk kemudian diperiksakan ke laboratorium guna mendeteksi keberadaan sel abnormal di dalam serviks.


• Kolposkopi

Tak jauh berbeda dengan pap smear, pemeriksaan kolposkopi juga dilakukan dengan membuka organ kelamin pasien menggunakan spekulum atau cocor bebek. Kolposkopi dilengkapi dengan mikroskop berlampu yang dapat memudahkan ketika melihat sel-sel di dalam serviks. Untuk memudahkan melihat bagian dalam, biasanya dokter akan menambahkan cairan khusus. Selain itu, dokter juga bisa melakukan pengambilan sampel jaringan jika diperlukan.

Lakukan Perawatan di Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik pada masalah kutil kelamin adalah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kutil dan kelamin. Anda akan mendapatkan perawatan secara optimal karena klinik ini dilengkapi dengan peralatan medis canggih serta modern.
Semakin cepat penanganan dilakukan, maka semakin kecil risiko penularan serta komplikasi dari penyakit kutil kelamin ini. Tak perlu khawatir mengenai biaya perawatan karena dijamin terjangkau untuk segala kalangan. Pendaftaran dan konsultasi dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan pasien baru yang ingin melakukan perawatan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.