Sel26Feb201911:56

Kutil Dikelamin Wanita, Apakah Berbahaya?

Bahaya kutil kelamin wanita atau pria memiliki risiko tinggi jika tidak diatasi dengan tepat. Penyakit yang menyerang organ kelamin yang ditandai dengan munculnya benjolan daging ini akan meyebabkan komplikasi pada penderitanya yang tidak mendapatkan pengobatan.
Kutil Dikelamin Wanita, Apakah Berbahaya?
Kutil Dikelamin Wanita, Apakah Berbahaya?
Kutil kelamin adalah benjolan kecil tumbuh di area kelamin serta dubur. Penyakit ini dapat dialami siapa saja yang telah aktif secara seksual. Kutil di kelamin berbeda dengan kutil yang tumbuh pada area tubuh lainnya, sebab kutil kelamin adalah infeksi menular seksual.

Penyebaaran kutil kelamin terjadi melalui aktivitas hubungan seksual, baik melalui vagina, maupun secara anal dan oral. Pada kasus yang jarang terjadi, kutil kelamin juga dapat menular ke bayi dari ibu penderita kutil kelamin. kutil kelamin tidak menular melalui media tertentus seperti handuk, alat makan, dan dudukan toilet.




Penyebab dan gejala kutil kelamin

Kutil kelamin disebabkan Human papilloma virus (HPV). Terdapat 120 henis virus HPV, namun hanya 30 hingga 40 jenis virus HPV yang menular melalui aktivitas hubungan seksual. Dari 30 jenis HPV ini, 90 persen kutil kelamin disebabkan infeksi virus HPV tipe 6 dan tipe 11. Faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang menderita kutil kelamin, yaitu:

• Aktif secara seksual sejak usia muda.
• Melakukan hubungan seksual yang tidak aman.
• Memiliki partner seksual lebih dari satu.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Pernah menderita penyakit menular seksual lainnya.

Kutil kelamin berukuran kecil yang memiliki warna mirip dengan kulit atau mungkin sedikit lebih gelap. Oleh sebab itu, terkadang kutil sulit terlihat dengan kasat mata. Kutil kelamin dapat tumbuh secara tunggal, dan dapat tumbuh berkelompok yang membentuk struktur mirip kembang kol.

Meskipun terkadang kutil tidak terlihat, namun kutil kelamin tetap dapat menimbulkan gejala, berupa gatal dan rasa tidak nyaman pada area kelamin, sensasi rasa seperti terbakar, dan nyeri atau pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.

Pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian batang penis atau ujung penis, kantung buah zakar, paha bagian atas, dan sekitar atau dalam anus. Sedangkan pada wanita kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian dinding vagina, vulva, daerah antara vagina dan anus, di dalam vagina atau dalam anus, dan di leher rahim.

Jika gejala ini muncul sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan dan mendapatka pengobatan sejak dini untuk menhindari terjadinya komplikasi atau bahaya kutil kelamin wanita atau pria. Kutil kelamin yang terdeteksi sejak awal gejala muncul akan meningkatkan peluang untuk sembuh total.

Simak: Dampak Kutil Kelamin Jika Tidak Diobati* Klik Disini

Bagaimana cara pengobatan kutil kelamin?

Kutil kelamin yang muncul sebaiknya segera diatasi untuk menghindari terjadinya bahaya kutil kelamin wanita atau pada pria. Kutil kelamin tidak akan sembuh dengan sendirinya tanpa tindakan pengobatan yang tepat.

Dokter akan menyarankan prosedur bedah untuk mengatasi kutil kelamin. bedah disarankan kepada pasein yang tidak ada respons dengan pemberian obat-obatan. Jangan tunda untuk melakukan penanganan kutil kelamin ini untuk menghindari terjadinya bahaya kutil kelamin atau komplikasi lainnya.

Jika kutil kelamin tidak ditangani, kutil akan tumbuh membesar dan lebih sulit untuk diatasi. Risiko menginfeksi pasangan seksual akan semakin besar. Beberapa jenis HPV berisiko memicu pertumbuhan sel kanker dalam serviks. Bahaya kutil kelamin wanita akan meningkatkan terjadinya kanker serviks, kanker vulva, dan kanker anus. Bahaya kutil kelamin wanita jika sedang hamil adalah gangguan masa kehamilan.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengingat bahaya kutil kelamin wanita atau pria sangat serius jika tidak ditangani, sebaiknya untuk mengatasi penyakit kelamin Anda hingga tuntas.

Kunjungi Klinik Utama Sentosa untuk mengatasi penyakit kelamin hingga tuntas, baik pria atau wanita. Anda tidak perlu khawatir karena Anda ditangani langsung oleh dokter ahli profesional. Memberikan perawatan medis prima yang intensif dengan didukung peralatan medis modern canggih, sudah banyak yang datang melakukan pengobatan penyakit kelamin dan puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait bahaya kutil kelamin wanita atau pria, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878.