Sab27Apr201912:01

Ketahui, Ini Dia Cara Menyembuhkan Gejala HPV


Gejala HPV biasanya diawali dengan benjolan kecil pada kulit yang sering kali sulit terlihat. Virus yang menjadi penyebab penyakit kutil kelamin ini dapat menginfeksi pria maupun wanita. Remaja yang aktif secara seksual berisiko tinggi menderita kutil kelamin melalui hubungan intim. Meski, gejala HPV dapat sembuh tanpa penanganan khusus namun virus tetap berpotensi mengakibatkan kutil atau kanker di organ kelamin.
gejala HPV
gejala HPV

Faktor Risiko Penyakit HPV Serta Diagnosisnya

Kutil kelamin umumnya berbentuk berupa lesi datar yang tumbuh secara tunggal maupun berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Munculnya kutil ini juga akan menyebabkan rasa gatal dan tumbuh di beberapa bagian tubuh. Pada wanita, kutil kelamin biasanya muncul di vulva, organ kelamin, area kulit anus, dan leher rahim. Sementara, kutil kelamin yang diderita pria akan tumbuh di kulit kelamin, buah zakat atau testis, dan sekitar anus.



Untuk mengetahui cara pengobatannya, gejala HPV harus diketahui melalui beberapa diagnosis. Dokter akan mendiagnosis kutil kelamin dengan melihat kulit yang teinfeksi virus. Jika HPV tidak dapat dideteksi, dokter akan mengambil sampel kutil atau biopsi yang kemudian diperiksa di bawah mikroskop. Beberapa jenis pemeriksaan yang mungkin dijalani oleh penderita kutil kelamin, dapat berupa:
 
• Tes larutan asam asetat, biasanya dilakukan untuk memudahkan penyakit terdeteksi akibat perubahan kulit menjadi putih.
 
• Pap smear, dilakukan dengan mengambil sampel sel dari serviks dan orgnan kelamin untuk mendeteksi tingkat kenormalannya

Cara Menyembuhhkan Infeski Akibat HPV

Penanganan terhadap gejala HPV dapat dilakukan bergantung pada tingkat keparahannya. Karena itu, pemeriksaan bersama dokter harus segera dilakukan agar segera mengetahui jenis penanganan yang cocok. Beberapa cara menangani penyakit kutil kelamin yang biasa diberikan oleh dokter, adalah sebagai berikut:


• Obat topikal

Obat topikal yang diresepkan dokter untuk menghilangkan gejala HPV dapat berupa salep, krim, atau cairan yang mengandung zat kimia khusus. Beberapa jenis obat yang digunakan dapat Anda oleskan dengan bantuan staff medis atau secara mandiri di rumah.


• Prosedur operasi

Gejala HPV berupa kutil yang berukuran cukup besar biasamya dihilangkan dengan operasi. Beberapa pilihan prosedur operasi, antara lain krioterapi, elektrokauter, dan bedah laser. Tindakan operasi tersebut biasa disebut prosedur ablasi, yakni penghancuran jaringan kutil dengan cara dibakar, dibekukan, atau dibedah.
 
Untuk mendapatkan kesembuhan penyakit secara cepat, tindak pencegahan perlu disertai. Salah satu pencegahan kutil kelamin adalah melakukan vaksinasi sejak usia 10 hingga 26 tahun. Beberapa tindak pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah hindari menyentuh kutil secara langsung, tidak bergonta ganti pasangan seksual, menjga kebersihan diri dengan baik, dan hindari berbagi pemakaian barang yang bersifat pribadi.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Cara menyembuhkan gejala HPV adalah dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Tak hanya itu, fasilitas pendukung lain seperti layanan konsultasi online ditawarkan guna mempermudah pasien untuk mengetahui penyebab penyakit secara pasti. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.