Jum28Jun201913:42

Kenali Tanda Tanda Kutil Kelamin Sebelum Terlambat

Tanda tanda kutil kelamin atau kondiloma akuminata paling umum yang perlu dikenali adalah benjolan kecil di sekitar organ kelamin dan anus. Munculnya benjolan ini dapat menyebabkan aktivitas seksual menjadi terganggu. Penyebab utama penyakit kutil kelamin adalah human papillomavirus atau HPV yang mudah menyebar melalui hubungan seksual. Selain seks, kutil di leher juga mengindikasikan adanya virus HPV. Penyebab kutil di leher terjadi ketika tangan penderita menyentuh kelaminnya sendiri lalu melakukan kontak fisik dengan pasangan.
tanda tanda kutil kelamin
tanda tanda kutil kelamin

Gejala Kutil Kelamin Serta Faktor Risiko Pemicunya

Kutil kelamin yang tumbuh biasanya berukuran kecil dan berwarna serupa dengan kulit atau lebih gelap. Karena itulah terkadang gejala kutil kelamin tidak disadari oleh penderitanya karena sulit terlihat dengan kasat mata. Pertumbuhan kutil bisa secara tunggal maupun berkelompok sehingga membentuk struktur seperti kembang kol. Meski sulit terlihat, tanda tanda kutil kelamin bisa pula dikenali, yakni kemaluan luka dan gatal, rasa tidak nyaman di sekitar kemaluan, nyeri atau adanya sensasi seperti terbakar, hingga pendarahan ketika berhubungan seksual.


Tanda kutil kelamin pada pria akan terlihat di sejumlah area, yakni batang atau ujung organ kelamin, kantung buah zakar, selangkangan, paha bagian atas, sekitar atau dalam anus. Sementara, tanda tanda kutil kelamin pada penderita wanita biasanya akan tumbuh di dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar kemaluan, daerah antara organ kelamin dan anus atau perineum, di dalam kemaluan atau dalam anus, serta leher rahim atau serviks. Tak hanya pada organ kelamin, pertumbuhan kutil pada anus juga bisa terjadi. Penyebab kutil kelamin tak hanya berasal dari virus, namun juga terdapat beberapa faktor risiko, berupa:

• Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.
• Pernah menderita penyakit menular seksual lain.
• Memiliki riwayat kekesaran seksual saat masih kecil.
• Berhubungan intim dengan sembarang orang.


Apa Saja Tips Penanganan Penyakit Kutil Kelamin?

Dokter akan memberikan diagnosis kepada pasien melalui tanda-tanda kutil kelamin yang mungkin dirasakan. Namun, jika tanda tanda kutil kelamin sulit dikenali, maka memerlukan pemeriksaan lebih mendetail. Beberapa pemeriksaan yang harus dijalani penderita kutil kelamin, antara lain:
 
• Pap smear, dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang memungkinkan dokter melihat bagian dalam kemaluan hingga leher rahim atau serviks.
 
• Kolposkopi, merupakan metode pemeriksaan kutil kelamin dengan menggunakan mikroskop yang dilengkapi lampu untuk melihat sel-sel di dalam serviks.
 
• Tes HPV_DNA, dilakukan agar dokter dapat mengetahui apakah pasien juga terinfeksi virus HPV penyebab kanker leher rahim.
 
Tanda tanda kutil kelamin yang tidak menganggu biasanya tidak perlu diobati. Namun, jika sudah terasa gatal, nyeri, hingga ada sensasi terbakar maka dokter akan meresepkan obat dalam bentuk krim atau salep. Obat kutil kelamin ini bekerja dengan cara membakar kutil kelamin yang bisa juga digunakan jika kutil tumbuh di bagian dalam tubuh. Selain obat, tips pengobatan kutil kelamin yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan metode eksisi, elektrokauter, krioterapi, dan bedah laser.
 

Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap tanda tanda kutil kelamin pria bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penanganan penyakit Andrologi dan Penyakit Menular Seksual di wilayah Jakarta. Klinik ini didukung dengan dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis canggih berteknologi modern. Melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan dengan biaya perawatan yang terjangkau. Layanan konsultasi dan reservasi dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan pasien yang ingin melakukan pemeriksaan maupun perawatan rutin. Konsultasi juga berguna untuk mengetahui penyebab tumbuhnya kutil serta cara menangani penyakit dengan tepat. Untuk mengetahui informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.