Rab13Mar201913:31

Kenali Gejala Penyakit Kutil Kelamin Secara Umum

Benjolan yang tumbuh secara berkelompok merupakan salah satu gejala penyakit kutil kelamin. Penyakit kutil kelamin yang menginfeksi seseorang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV tipe 6 dan tipe 11. Gejala penyakit kutil kelamin biasanya sulit terdeteksi secara kasat mata karena terkadang tumbuh sangat lembut. Untuk menghindari infeksi virus HPV, Anda bisa mengurangi faktor risiko yang ada.
gejala penyakit kutil kelamin
gejala penyakit kutil kelamin

Penyebab Kutil Kelamin dan Gejala yang Menyertai

Gejala penyakit kutil kelamin dapat menular pada seseorang yang telah melakukan kontak fisik maupun berhubungan intim dengan penderitanya. Berbagai aktivitas seksual yang berisiko menyebarkan virus penyebab kutil kelamin, dapat berupa oral seks, anal seks, vaginal, serta penggunaan mainan seks secara bergantian. Tak hanya orang dewasa, gejala penyakit kutil kelamin bisa pula terjadi pada bayi baru lahir akibat tertular sang ibu ketika proses persalinan dilakukan. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya kutil, yakni:


• Seseorang yang memiliki riwayat kencing manis atau diabetes melitus.
• Mengalami stres sehingga tubuh mengeluarkan banyak keringat.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti penderita HIV.
• Melakukan kegiatan seks dengan sembarang orang tanpa pelindung.
• Memiliki riwayat penyakit menular seksual lainnya.
• Berhubungan intim bersama orang yang tidak diketahui riwayat seksnya.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.

Jika Anda memiliki salah satu faktor penyebab tersebut, maka kemungkinan gejala penyakit kutil kelamin akan muncul. Gejala penyakit kutil kelamin, baik pada pria maupun wanita dapat berupa adanya pembengkakan kecil di daerah kemaluan, kutil tumbuh secara berdekatan sehingga menyerupai kembang kol, muncul rasa gatal hingga ketidaknyamanan di daerah yang ditumbuhi kutil, dan mengalami pendarahan ketika berhubungan seksual.


Komplikasi Penyakit Kutil Kelamin Serta Penanganannya

Kutil kelamin yang tidak segera ditangani bisa mengakibatkan munculnya komplikasi penyakit lebih serius. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi adalah kanker dan infeksi saat masa kehamilan. Virus penyebab kutil sering dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, seperti kanker serviks, kanker vulva, kanker anus, kanker mulut, serta kanker tenggorokan. Sementara infeksi pada kehamilan akan menyebabkan masalah, berupa ketidakmampuan jaringan kelamin wanita untuk meregang saat proses melahirkan.
 
Untuk mencegah terjadinya komplikasi seperti yang telah disebutkan, maka penderita harus segera memeriksakan diri sebelum terlambat. Penanganan yang akan dilakukan bersama dokter biasanya menggunakan obat oles hingga tindakan operasi. Beberapa metode bedah operasi yang dilakukan untuk menghilangkan kutil, antara lain elektrokauter, krioterapi, eksisi bedah, dan bedah laser. Untuk mendapat kesembuhan optimal, penderita kutil kelamin perlu melakukan pengobatan rumahan, seperti:

• Pakai pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Rutin berendam di dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit.
• Pastikan agar organ kelamin tetap bersih dan kering.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit kutil kelamin bisa ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.