Min24Mar201916:50

Kenali, Ciri Ciri Penyakit HPV Berikut

Ciri ciri penyakit HPV cenderung tidak terlihat sehingga penyakit menginfeksi tanpa disadari penderitanya. Biasanya, sistem kekebalan tubuh dapat memberantas infeksi HPV sebelum virus menyebabkan gejala sehingga pengobatan tidak diperlukan. HPV atau Human papillomavirus nerupakan virus penyebab tumbuhnya kutil di berbagai tubuh. Namun, virus ini lebih sering menginfeksi organ genital.
ciri ciri penyakit HPV
ciri ciri penyakit HPV

Gejala Penyakit HPV dan Faktor Risikonya

Jika ciri ciri penyakit HPV yang sudah terlihat tidak segera ditangani, maka bisa berisiko mengakibatkan munculnya penyakit kanker. Karena itu, pemeriksaan kesehatan sangat dianjurkan baik pria maupun wanita dan lakukan tindak pencegahan sebelum terinfeksi virus HPV. Ciri ciri penyakit HPV akan diawali dengan luka kecil yang kian membesar hingga membentuk benjolan kecil di kulit yang disebut dengan kutil.
 


Pada wanita, ciri ciri penyakit HPV akan muncul di beberapa bagian tubuh seperti vulva, organ kelamin, kulit sekitar anus, hingga leher rahim. Sementara pria, kutil kelamin dapat tumbuh di kulit kelamin, buah zakar atau testis dan sekitar anus. Adanya ciri ciri penyakit HPV pada tubuh ini disertai dengan rasa gatal, namun jarang terasa sakit. Beberapa faktor risiko pemicu munculnya kutil pada kelamin, antara lain:
 
• Melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan.
• Menggunakan barang pribadi, seperti handuk secara bergantian.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat menderita HIV.
• Adanya luka terbuka sehingga menyebabkan kulit menjadi rusak.
• Tidak menjaga kebersihan, terutama saat ke kamar mandi umum.


Beberapa Cara Menangani Gejala Penyakit HPV

Munculnya ciri ciri penyakit HPV bisa diatasi dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter. Dokter biasanya akan melakukan diagnosis penyakit terlebih dahulu melalui pemeriksaan kutil. Beberapa jenis pemeriksaan yang mungkin dijalani penderita HPV adalah tes larutan asam asetat dan pap semar. Tes larutan ini bertujuan untuk mempermudah virus HPV untuk terdeteksi. Sementara pap smear bertujuan untuk mendeteksi keabnormalan sel serviks.
 
Jika diagnosis penyakit dinyatakan positif, maka penanganan dengan obat atau tindak operasi bisa Anda pilih. Penanganan dengan obat umumnya menggunakan krim oles dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Karena itu, biasanya dokter menyarankan pilihan pengobatan lainnya, yakni dengan metode operasi. Beberapa tindak operasi guna menghilangkan kutil adalah krioterapi, bedah listrtik, operasi pengangkatan, dan bedah laser. Untuk mendapatkan kesembuhan, tindak pencegahan juga harus disertai, seperti:

• Setia pada pasangan atau tidak bergonta ganti pasangan seks.
• Gunakan pelindung atau kondom saat berhubungan seksual.
• Hindari menyentuh area yang terinfeksi secara langsung.
• Biasakan menggunakan alas kaki di tempat umum yang lembap.
• Hindari penggunaan barang pribadi secara bergantian.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penanganan penyakit kulit dan kelamin di wilayah Jakarta. Klinik ini didukung dengan dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis canggih berteknologi modern. Melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan dengan biaya perawatan yang terjangkau. Layanan konsultasi dan reservasi dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan pasien. Untuk infromasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Membiarkan penyakit di dalam tubuh dalam waktu yang lama akan membahayakan kesehatan tubuh. Karena itu, segera lakukan perawatan medis bersama Klinik Utama Sentosa.