Kam07Feb201909:23

Jika Kutil Kelamin Dibiarkan

 

Penyakit kutil kelamin atau kondiloma akuminata merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan Human papilloma virus (HPV). Jika kutil kelamin dibiarkan dan tidak diatasi, maka kutil kelamin dapat berisiko meningkatkan terjdinya kanker.

Jika Kutil Kelamin Dibiarkan
Jika Kutil Kelamin Dibiarkan

Ada sekitar 130 tipe HPV yang sebagian virus menyebabkan kanker, sementara 40 tipe virus menyerang alat kelamin dan anus. Virus tersebut dapat menyebabkan penyakit kanker serviks, kanker vulva, kanker penis, kenker anus, dan kutil kelamin. pada pria atau wanita yang mengalami penyakit kutil kelamin ini yang harus diketahui dan harus dilakukan adalah dengan melakukan tindakan pengobatan sejak dini agar kutil kelamin tidak bertambah parah.

Kutil kelamin muncul sekitar 2 hingga 4 minggu setelah terinfeksi, namun seringkali perlu beberapa bulan untuk terlihat nyata. Pada umumnya kutil tidak sakit, namun menyebabkan gatal. Penampilan kutil bervariasi, dari yang benar-benar datar sampai kasar menyerupai kembang kol. Kutil dapat begitu datar sehingga tidak terlihat dengan kasat mata. Kutil kelamin dapat muncul sendiri atau berkelompok. Pada pria, umumnya kutil kelamin  muncul pada penis atau bawah kulup, dalam uretra, pembukaan uretra di penis. Sedangkan pada wanita, kutil kelamin tumbuh pada vagina, uretra, dan serviks. Baik pada pria dan wanita, kutil kelamin dapat muncul pada area rektum dan sekitarnya. Kutil kelamin ditularkan melalui hubungan seksual. Bayi juga dapat terinfeksi kutil kelamin dari ibu penderita kutil kelamin dalam proses persalinan.

 



Faktor risiko kutil kelamin

Beberapa faktor yang meningkatkan seseorang mengalami penyakit kutil kelamin, adalah:

  • Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan pasangan yang berbeda.
  • Memiliki penyakit infeksi menular seksual (IMS) sebelumnya.
  • Melakukan hubungan seksual dengan seorang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.
  • Aktif secara seksual sejak usia muda.

Komplikasi kutil kelamin

Beberapa komplikasi yang akan terjadi jika kutil kelamin dibiarkan, antara lain:

  1. Kanker serviiks dikaitkan dengan infeksi HPV genital. Beberapa dari jenis HPV juga berhubungan dengan kanker vulva, kanker penis, kanker anus, dan kanker mulut atau tenggorokan. Namun penting untuk diketahui bahwa infeksi HPV tidak selalu akan menyebabkan kanker.

Bagi para wanita, sebaiknya untuk melakukan papsmear teratur, terutama jika telah terinfeksi virus penyebab kutil kelamin, dan Anda seseorang yang berisiko tinggi.

  1. Infeksi pada kehamilan. Kutil kelamin bisa menyebabkan masalah pada kehamilan. Saat kutil membesar, ibu hami akan sulit buang air kecil. Sementara kutil yang telah membesar di vulva atau vagina menyebabkan pendarahan ketika mengejan.

<<<simak, kutil kelamin apakah bisa sembuh total?* klik disini>>>

Diagnosis dan Pengobatan kutil kelamin

Diagnosis kutil kelamin ditegakkan berdasarkan gejala yang dialami dan hasil dari pemeriksaan fisik. Kutil kelamin yang menetap dapat diangkat melalui proses pembedahan dan diperiksa dibawah mikroskop untuk memastikan kutil kelamin. sebaiknya konsultasikan kondisi Anda.

Kutil kelamin pada area kelamin luar dapat diangkat melalui metode laser, krioterapi atau pembekuan, dan pembedahan. Hal ini efektif untuk mengatasi kutil kelamin dan harus dilakukan oleh dokter ahli kelamin.

Pilihan pembedahan kutil kelamin yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Pembedahan dilakukan untuk membekukan kutil kelamin menggunakan cairan nitrogen.
  • Prosedur menggunakan arus listrik untuk membakar kutil.
  • Eksisi bedah. Jenis pembedahan dilakukan memotong kutil yang ada di area organ intim, yang memerlukan anestesi lokal.
  • Terapi laser. Dengan menggunakan intens cahaya, biasanya jenis pengobatan ini dilakukan saat ukuran kutil sudah besar dan sulit untuk diobati.

 



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang dapat membantu mengatasi kutil kelamin pada pria maupun wanita hingga tuntas. Disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin sehingga Anda tidak perlu khawatir. Sudah banyak yang datang melakukan pengobatan dan puas dengan parawatan dan pelayanan yang kami berikan. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru yang sesuai dengan kebutuhan Anda hingga kutil kelamin sembuh. Di dukung peralatan medis modern yang canggih, laboratorium steril, dengan biaya pengobatan terjangkau. Memberikan perawatan medis prima, sehingga Klinik Utama Sentosa merupakan pilihan masyarakat untuk mengatasi penyakit kelamin.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kutil kelamin jika dibiarkan, dan untuk mendapatkan pengobatan yang intensif, cepat, tepat, dan akurat hingga tuntas, silahkan klik website kami untuk konsultasi dahulu dengan dokter, atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878 .