Sen15Apr201911:25

Jenis Kutil Kelamin yang Biasa Muncul Pada Tubuh

Jenis kutil kelamin pada pria dan wanita dibedakan berdasarkan bentuk dan warnanya. Kutil kelamin atau kondiloma akuminata merupakan benjolan kecil yang tumbuh di sekitar organ kelamin dan dubur. Penyakit ini terjadi akibat adanya infeksi human papillomavirus atau HPV. Kutil kelamin biasanya muncul dengan ukuran yang kecil dan sulit terlihat dengan kasat mata. Meski sulit terdeteksi, kutil kelamin akan menimbulkan rasa gatal, sensasi terbakar, dan pendarahan ketika berhubungan seksual.
jenis kutil kelamin
jenis kutil kelamin

Kenali Gejala Kutil Kelamin Serta Jenisnya

Kutil kelamin yang tumbuh umumnya berukuran kecil dan berwarna serupa dengan kulit atau sedikit lebih gelap. Meski sulit dilihat, namun kutil dapat dirasakan melalui sentuhan karena tumbuh secara berkelompok hingga membentuk mirip kembang kol. Gejala umum yang dirasakan penderitanya adalah gatal hingga tidak nyaman di area kemaluan, nyeri serta adanya sensasi terbakar, dan pendarahan saat berhubungan intim. Tumbuhnya kutil kelamin pada pria dan wanita memiliki perbedaan lokasi, seperti:


•Kutil kelamin pada pria

Terdapat berbagai jenis kutil kelamin yang menyerang pria. Biasanya, area tubuh pria yang ditumbuhi kutil adalah batang atau ujung kelamin, kantung buah zakar, daerah selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau dalam anus.
 

• Kutil kelamin pada wanita

Jenis kutil kelamin yang muncul pada area tubuh wanita sama dengan yang menyerang pria. Beberapa bagian pada tumbuh yang kerap ditumbuhi kutil kelamin, yakni dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar kemaluan, di dalam kemaluan, dan leher rahim atau serviks.
 
Jenis kutil kelamin umumnya dibedakan berdasarkan bentuk dan warnanya. Beberapa jenis kutil kelamin tersebut adalah kutil rata, kutil bulat, dan kutil pantar. Kutil rata biasanya tidak berbentuk bulat dan menyebabkan munculnya benjolan. Untuk kutil bulat merupakan kutil yang umum muncul pada organ kelamin. Sementara, jenis kutil kelamin pantar biasanya berbentuk gumpalan dan kerap memakan sel kulit di kaki.

Pengobatan Tepat Terhadap Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin pada dasarnya tidak perlu diobati jika gejala yang muncul tergolong ringan. Namun, jika penderita sudah merasakan gatal, nyeri, hingga sensasi terbakar pada kelamin, maka pengobatan kutil kelamin bersama dokter harus segera dilakukan. Dokter akan meresepkan obat dalam bentuk krim atau salep untuk membakar kutil kelamin. Meski efektif, penggunaan obat ini dapat mengakibatkan efek samping, seperti iritasi dan nyeri pada kulit. Kutil kelamin yang tidak mereda dengan obat biasanya disarankan untuk menjalani sejumlah prosedur bedah, seperti:
 
• Bedah eksisi, dilakukan dengan memotong dan membuang kutil kelamin menggunakan pisau bedah.
 
• Elektrokauter, merupakan metode bedah yang dilakukan menggunakan listrik untuk membuang jaringan abnormal.
 
• Krioterapi, adalah prosedur bedah untuk menghilangkan kutil menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat Celsius.
 
• Bedah laser, merupakan metode bedah guna mengangkat kutil kelamin menggunakan laser yang bekerja dengan cara menghancurkan pembuluh darah.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Jenis kutil kelamin dapat diketahui setelah melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memiliki fasiltas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Tak perlu ragu, karena Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya perawatan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.