Sab30Mar201916:37

Jengger Ayam Pada Wanita dan Pencegahannya

Jengger ayam pada wanita umumnya disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Penyakit ini sangat mudah menular pada orang lain melalui kontak seksual, baik secara oral, anal, maupun vaginal. Gejala akibat penyakit jengger ayam pada wanita, dapat berupa rasa gatal serta perih pada sekitar area yang terinfeksi. Jengger ayam pada wanita mudah dikenali dari pendarahan yang terjadi ketika melakukan hubungan seksual.
jengger ayam pada wanita
jengger ayam pada wanita

Penyebab Penyakit Jengger Ayam dan Cara Penularannya

Faktor penyebab penyakit jengger ayam pada wanita biasanya dipengaruhi oleh faktor bawaan. Faktor bawaan atau biasa disebut endogen ini maksudnya adalah memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak pada area organ genital. Organ genital yang sering mengeluarkan keringat akan menjadi lembap dan mudah basah sehingga bakteri tumbuh dan berkembang dengan baik. Kondisi kelamin tersebut akan semakin disukai bakteri jika kurang terjaga pula kebersihannya.
 


Jengger ayam pada wanita bisa menular ketika tangan secara langsung menyentuh organ kelamin yang telah terkontaminasi. Tak hanya orang dewasa, bayi yang baru lahir bisa menderita jengger ayam akibat terinfeksi dari sang ibu keti-ka proses persalinan secara normal dilakukan. Karena itu, jika seorang wanita sudah didiagnosis mengalami jengger ayam maka segera lakukan penanganan segera sebelum berkembang menjadi kanker serviks.

Bagaimana Pengobatan Terhadap Penyakit Jengger Ayam

Cara menangani penyakit jengger ayam pada wanita biasanya bergantung pada tingkat keparahannya. Langkah terbaik untuk mengobati penyakit jengger ayam adalah berkonsultasi terlebih dahulu bersama dokter. Setelah itu, barulah dokter memberikan penanganan penyakit, berupa:
 

• Obat oles

Obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit jengger ayam memiliki berbagai macam bentuk. Biasanya, obat tersebut berbentuk krim, cairan, atau gel yang bisa dioleskan sendiri tanpa bantuan medis. Beberapa obat memiliki beragam manfaat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi serta menghentikan pertumbukan sel jengger ayam.

• Tindak operasi

Jengger ayam yang sudah berukuran besar serta sudah tidak merespon pemberian obat harus ditindaklanjuti dengan melakukan operasi. Tindak operasi juga sangat berguna bagi wanita yang sedang dalam keadaan hamil. Beberapa pilihan pengobatan unutk jengger ayam adalah krioteraspi, laser, elektrokauter, dan eksisi bedah.
 
Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, penderita jengger ayam perlu menyertai perawatan dengan tindak pencegahan. Beberapa tindak pencegahan yang bisa Anda terapkan adalah menjaga kesehatan tubuh, menerapkan pola hidup sehat serta seimbang, menghindari faktor pemicu stres, rutin melakukan olahraga, konsumsi makanan bergizi, dapatkan istirahat yang cukup, dan lakukan hubungan seksual yang aman serta hanya dengan satu pasangan saja.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyakit jengger ayam pada wanita bisa diatasi dengan melakulan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.