Sab19Jan201913:32

Jengger Ayam Adalah Tanda Penyakit Berbahaya

Jengger ayam adalah jenis penyakit kelamin yang dapat diderita oleh wanita dan pria. Penyakit ini lebih umum disebut dengan nama kondiloma akuminata atau kutil kelamin. Penyebab utama munculnya penyakit jengger ayam adalah infeksi virus human papillomavirus atau HPV. Gejala penyakit jengger ayam akan ditandai dengan pertumbuhan kutil secara tunggal atau berkelompok sehingga menyerupai kembang kol.

jengger ayam adalah
jengger ayam adalah

>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Bagaimana Penularan Virus Penyebab Jengger Ayam?

Penularan penyakit jengger ayam adalah melalui kontak langsung dan juga ketika melakukan hubungan seksual. Dalam beberapa kasus, jengger ayam dapat tertular karena menyentuh langsung organ kelamin yang telah terinfeksi. Gejala penyakit berupa bintil akan muncul di bagian labia organ kelamin wanita serta batang kemaluan pria. Bintil ini dapat menimbulkan rasa gatal, perih, dan nyeri ketika disentuh.
 
Tak hanya orang dewasa, penyakit jengger ayam juga dapat menginfeksi bayi baru lahir karena tertular dari sang ibu melalui proses persalinan normal. Wanita yang menderia penyakit ini namun tidak segera melakukan penanganan akan berdampak serius, yaitu mengakibatkan munculnya kanker serviks. Karena itu, untuk mencegah infeksi lebih lanjut maka cara terbaik menangani penyakit jengger ayam adalah dengan membersihkan organ kelamin dengan benar. Beberapa pencegahan lain terhadap penyakit jengger ayam adalah sebagai berikut:


• Tidak berhubungan seksual

Hubungan seksual yang dilakukan ketika gejala penyakit jengger ayam muncul dapat mengakibatkan terjadinya penularan virus kepada pasangan. Karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari berhubungan seksual atau gunakan pelindung berupa kondom. Anda dan pasangan juga perlu mengetahui riwayat seksual masing-masing guna mencegah penularan virus penyebab penyakit jengger ayam.


• Lakukan vaksinasi HPV

Salah satu metode yang berguna sebagai tindak pencegahan terhadap penyakit jengger ayam adalah melakukan vaksinasi secara rutin. Imunisasi atau vaksin HPV diberikan sebanyak 2 atau 3 kali pada usia 10 hingga 18 tahun sebelum seseorang aktif secara seksual. Pemberian vaksin ini berguna untuk mengurangi risiko penularan penyakit jengger ayam hingga 50 persen.


Cara Menangani Penyakit Jengger Ayam

Penyakit jengger ayam membutuhkan penanganan yang tepat agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit lebih serius. Perawatan penyakit ini biasanya dilakukan bergantung pada tingkat keparahannya. Karena itu, beberapa jenis penanganan yang akan diberikan dokter, antara lain:


• Obat dalam bentuk krim

Obat penyakit jengger ayam dapat beragam, namun salah satu yang dianjurkan adalah dalam bentuk salep atau krim. Penggunaan obat ini dapat Anda lakukan secara mandiri tanpa bantuan tenaga medis. Beberapa obat yang biasa digunakan memiliki tujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghentikan pertumbuhan sel jengger ayam, dan mengurangi gejala penyakit jengger ayam yang muncul.


• Tindak operasi

Jika penyakit jengger ayam tidak menghilang meski telah diberikan beberapa obat, maka cara paling tepat adalah melakukan tindak operasi. Operasi merupakan cara yang efektif dalam menghilangkan gejala dalam waktu singkat. Namun, memiliki efek samping berupa nyeri atau sakit pada daerah yang ditumbuhi bintil atau kutil. Terdapat beberapa pilihan operasi terhadap jengger ayam, yaitu laser, krioterapi, eksisi bedah, dan elektrokauter.

Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik menangani penyakit jengger ayam adalah dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena klinik ini didukung oleh dokter berpengalaman dan peralatan medis yang canggih serta modern.Untuk itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.