Kam20Jun201914:43

Ini Dia Gejala Awal Kutil Kelamin

 

Gejala awal kutil kelamin biasanya muncul tidak lama setelah virusnya menginfeksi, hal ini karena masa inkubasi virus penyebab kutil kelamin tidak sepanjang penyakit sipilis yang bisa tahunan. Sekitar 3-8 minggu setelah virus menginfeksi, penyakit kutil kelamin mulai menunjukkan gejalanya. Gejala berupa kutil pada alat kelamin merupakan tanda awal dari adanya penyakit kutil kelamin.

gejala awal kutil kelamin
gejala awal kutil kelamin

Kutil kelamin biasanya tidak menyebabkan gatal, dan bentuknya yang kecil serta tak kasat mata membuat gejalanya kurang disadari. Bahkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di vagina bagian dalam. Hal ini tentu akan sulit untuk disadari karena kutilnya tidak berasa gatal ataupun sakit. Gejala awal kutil kelamin pada wanita dan pria biasanya tidak sama. Selain itu, bekas kutilnya juga tidak akan hilang meski telah disembuhkan. Dibutuhkan metode lain untuk menghilangkan kutilnya.

Seberapa Bahaya Penyakit Kutil Kelamin?


Penyakit kutil kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi Human Papilloma Virus (HPV) dan dapat menyebar kepada orang lain melalui hubungan seksual. Saat virus menginfeksi, biasanya muncul gejala awal kutil kelamin yaitu berupa kutil yang semakin lama akan semakin bertambah ukuran hingga jumlahnya. Tak hanya mengganggu keindahan alat kelamin, kutil kelamin ini bahkan dapat menyebabkan bahaya lainnya.

Jika gejala kutil kelamin yang muncul tidak segera diberikan pengobatan, maka dapat terjadi beberapa bahaya seperti di bawah ini:

• Kanker serviks pada wanita.
• Kanker penis pada pria.
• Jika sudah parah kutilnya dapat menyebabkan gatal dan luka.
• Lubang kencing tertutupi jika kutilnya tumbuh di lubang kencing.

Kutil yang tumbuh akan semakin banyak dan besar jika tidak segera diberikan pengobatan. Pada gejala awal kutil kelamin mungkin hanya berupa satu kutil yang ukurannya kecil dan permukaannya rata, namun lama kelamaan kutil kecil tersebut dapat bertambah besar dan bahkan dapat sebesar telur, namun kasus ini jarang terjadi.


Gejala Penyakit Kutil Kelamin


Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa gejala yang mungkin muncul pada penderita penyakit kutil kelamin adalah kutil, hanya saja bentuk kutilnya tidak selalu sama. Ada tiga jenis bentuk kutil yang mungkin muncul, mulai dari kutil yang kecil dan data, hingga yang bentuknya menonjol dan memanjang. Jika jumlahnya sudah bertambah banyak, maka kutilnya lama-kelamaan dapat menyerupai kembang kol maupun jengger ayam.

Jika kutil kelamin tumbuh di lubang kencing, maka lama kelamaan dapat menutupi lubang kencing dan penderita kesulitan untuk buang air kecil. Kutil kelamin lama kelamaan akan berubah menjadi hitam dan dapat terluka. Jika sudah luka dan gatal lalu terkena urine, maka akan memicu adanya infeksi bakteri lain. Pada wanita, gejala kutil kelamin ini kurang terlalu kentara dan dirasakan.

gejala awal kutil kelamin
gejala awal kutil kelamin

Penyebab Serta Risiko Penyakit Kutil Kelamin


Yang menyebabkan penyakit kutil kelamin adalah infeksi bakteri, namun ada beberapa hal yang menambah risiko terjadinya penyakit kutil kelamin diantaranya yaitu:

• Memiliki riwayat penyakit kutil kelamin sebelumnya.
• Berhubungan seksual dengan penderita penyakit kelamin.
• Sering berganti pasangan seksual.
• Melakukan seks bebas tanpa menggunakan alat pengaman.

Sering bergonta-ganti pasangan seksual berisiko besar menimbulkan penyakit kutil kelamin. Apalagi jika kita tidak mengetahui riwayat seksual pasangan kita. Bisa jadi orang tersebut menderita kutil kelamin dan akhirnya menular. Selain melalui hubungan seksual, kutil kelamin juga dapat menular virusnya jika penderita menyentuh kutil pada kelamin dengan tangan, lalu menyentuh organ pasangannya setelah menyentuh kutil kelaminnya. Jika menemukan gejala awal kutil kelamin segeralah periksakan ke dokter.


Kapan Pengobatan Kutil Kelamin Perlu Dilakukan?


Pengobatan untuk penyakit kutil kelamin sebaiknya dilakukan semenjak gejala awal kutil kelamin mulai muncul. Saat kutil masih berjumlah sedikit, penularan sudah bisa terjadi, hanya saja pengobatannya akan jauh lebih mudah. Pasalnya virusnya juga belum menyebar sehingga gejala yang muncul juga dapat dicegah.

Kutil kelamin ini dapat kambuh sewaktu-waktu bahkan setelah penderitanya dinyatakan sembuh. Untuk itu melakukan pengobatan yang tepat serta menjaga kondisi tubuh merupakan hal penting untuk mencegah kutil kelamin menyebar dan bertambah parah. Informasi lebih lanjut tentang kutil kelamin silahkan tanyakan pada dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Anda juga dapat berkonsultasi melalui layanan kami di nomor 081366657878.